Monday, June 18, 2018

10 Things You Need to Know Before Travel to China

Better to know this before you travel to China, prepare well! Based on my experience on visiting China :)

1. Only has 1 time zone 
Jadi untuk mempermudah perhitungan waktu, di China hanya ada 1 time zone walaupun daerahnya luas banget. Kenapa? Karena dia itu bentuknya daratan luas jadi kalau mau dibagi - bagi time zone nya 1 kota seperti Beijing bisa 3 time zone, nah ribet dong naik bus beberapa menit eh atur jam tangan lagi, makanya di China hanya ada 1 time zone. That's why ketika musim panas dan berkunjung ke arah utara siangnya tuh lamaaaaa banget bahkan jam 7 malam pun masih terang. 

Ini jam 7 malam di Inner Mongolia

2. Mandarin speaking 
Bahasa yang digunakan sebagai bahasa nasional adalah Simplified Mandarin, mereka juga ada bahasa daerah alias dialect tapi mostly Mandarin is okay. But they have different accent in different area. Ada yang accent-nya kayak orang lagi berantem, but keep calm guys mereka gak berantem kok hanya karena gak ngerti aja dan berasumsi lagi ribut. 

Kalau untuk Inggris gak semua tempat bisa diterapkan apalagi kalau mainnya ke-pelosok hehehehe

3. Toiletnya berbagai macam
There are 2 kind of toilet in China : toilet normal yang ada pintu, kloset, dan air ; juga toilet yang masih mengambil sistema jaman dulu yaitu hanya lobang aja dan pup-nya katanya kalo orang jaman dulu dijadikan pupuk makanya sayurannya segar - segar, OMGGG, tapi ini jaman dulu ya kalo di Indo mungkin ibarat ikan lele di piara di empang jaman dulu, tapi sekarang udah nggak kok :) 

Nah untuk toilet emang ya harus tahan napas sebelum masuk, dan jangan kaget - kaget kalau ada yang di WC dan gak tutup pintu, pertama gue juga shock ampe teriak2 tapi kayaknya orang sana biasa aja. Jadi tutup sebelah mata aja guys, kalo urusan ke toilet untuk waktu yang lama, udahlah di hotel aja hahahaha 

Dan juga bisa ditemukan orang buang ludah everywhere OMGGGGG 

Iya itu WC yang tanpa air dan kloset, bolongan aja gitu

4. Tea more than coffee 
Pernah kan denger Chinese Tea, dan bukan Chinese Coffee. Karena emang orang Chinese kebanyakan minumnya teh, dan banyak macam teh. Jadi kalau ke restaurant di seduhinnya teh, kalau di hotel complimentary-nya teh dan ga ada kopi.

Ba Bao Cha yang jadi khas di Ningxia

5. Beer everywhere 
Surga banget buat pecinta beer karena disana beernya relatif murah. Bahkan kalimat yang sering orang ucap : tuker beer ke air mineral susah, tuker air mineral ke beer gampang. 

6. Internet access
Jadi kalau di China itu segala jenis akses untuk media international di block mostly, yang dibuka ya macam WeChat, BaiDu (google-nya China), dan app yang punya mereka sendiri. Jadi kalau sampai hotel dan connect ke Wifi jangan kaget - kaget kalau gak bisa buka Whatsapp, Line, Instagram, etc, karena emang bisanya cuman yang tertentu aja. Nah  buat akalin-nya, download VPN. 

Apa itu VPN? Jadi dia bentuknya app yang  bisa di download di playstore or apple store. Semacam jalur khusus buat user biar bisa full access ke media international. Biasanya ada yang trial beberapa kali terus berbayar, jadi download pake sampai masa trial-nya, delete, dan download lagi. 

Tapi kalau kalian aktifin roaming internasional dari Indo, langsung full akses gak perlu VPN. Tips : Roaming international kalo kemarin aku pake Telkomsel yang paket 7 hari IDR 250k, nah 7 hari itu 7*24 jam, jadi sebisa mungkin pas mau flight baru beli aja. Dan juga biar irit kuotanya aku suka mati nyala data selular. 

Contoh VPN nanti kalo active akan ada VPN logo di kiri atas

7. Payment method
Kalau belanja dimanapun termasuk di kaki lima mereka bakal tanya mau bayar pake 微信 atau cash, nah Weixin itu WeChat dalam mandarin jadi sejenis online payment, tinggal scan barcode buat payment-nya. Jadi kalau ditanya gak usah kaget2 langsung aja jawab cash. 

Nah itu QR code-nya

8. No plastic bag
Gak cuman di China tapi banyak negara yang udah gak kasih kantong plastik kalau belanja, jadi prepare your bag ya.

9. Dry weather
Udara disini cenderung kering, terutama bagian utara jadi harus siap lip balm, hand cream, dan teman - temannya ya. Paling penting sih pelembab wajah karena keki banget harus make up tapi kulit kering. Kemarin bawa baby cream yang biasa pakai di Jakarta too oily, ternyata disana mempan!

10. Carbo anywhere
Sarapan ada mantou 饅頭 ada bapao 包子 dan segala jenis bentuk tepung - tepungan lainnya itu biasa, di makan siang atau makan malam ada lagi itu juga biasa. Jangan kaget juga kalau gak ada isinya. Tapi lama - lama dimakan tanpa isi ngangenin juga sih, biasa suka di celup ke susu kacang panas.

So, are you ready to visit China? Or just share your experience when visiting China!