Sunday, June 17, 2018

Kok Liburan Mulu Sih? Kerjanya Apa?

Aku itu emang hobby banget explore tempat - tempat baru dan belajar banyak perbedaan budaya juga sejarah dari local. Entah kenapa kalau lagi traveling rasanya sulit buat berhenti. Pengen explore terus, pengen cari kota baru, pengen cari apalagi yang tersembunyi di tempat ini yang belum terjamah.

Kalau liburan versi aku tuh yang nomor 1 adalah menjelajah tempat yang masih sedikit peminatnya dan explore hidden version of that place.

Terkadang pertanyaan macam berikut juga suka hinggap di telinga aku dan gak jarang juga mereka berdatangan. Kok jalan - jalan mulu sih? Kerjanya apa sih sekarang? Oh, tempatnya kok jarang kedengaran, asik emang?

Nah coba aku jawab satu - satu disini ya, mumpung aku dapet kesempatan dari VizTrip untuk sharing tentang Liburan Jadi Mudah.

Ngomong - ngomong #LiburanJadiMudah, itu aku setuju banget sih karena jaman now mau liburan udah gak seribet dulu, udah banyak akses yang bisa digunakan. Low cost airlines misalnya, jadi bikin siapa aja yang mau traveling asal pinter - pinter cari cara berhemat pasti bisa mencapai tujuan. Bayangin kalau dulu tuh inget banget, tiket mahal dan kayaknya wah banget bisa jalan - jalan keluar negeri.

Kenapa aku jalan - jalan mulu, sebenernya jawabannya simple aja, ya karena aku suka jalan - jalan. Gimana dong. Kayak orang yang hobby nyanyi, pengen nyanyi terus dan ada rasa puas dan bahagia ketika dia nyanyi. Sama, cuman jalan - jalan yang bisa bikin aku puas jasmani dan rohani apalagi kalau travel mate aku asik - asik banget, sesama yang hobby jalan - jalan jadi mereka gak focus-nya hanya belanja, tapi juga explore tempat.

Aku bekerja Senin - Jumat, sama seperti kebanyakan worker lainnya, yang pasti bukan pekerjaan tentang jalan - jalan. Tapi cara aku biar bisa jalan - jalan adalah pinter - pinter ambil cuti setiap ada tanggal merah dan pilih yang pas lagi low season jadi gak ninggalin tanggung jawab dan liburannya tenang. Juga aku sisihin pendapatan aku dan cari - cari promo atau kebetulan dapat voucher, who knows, makanya aku jadi bisa explore tempat baru.

Kalau ditanya asik atau gak liburan dengan explore tempat - tempat gitu. Sebenernya kembali ke sang traveler-nya, apa kamu tipe tourist atau traveler. Bedanya kalau tourist biasa sukanya main di tempat yang pasti - pasti aja, di kota besar dan itinerary perjalanan sudah aman, makan yang pasti - pasti dan pergi ke tempat yang pasti - pasti seperti mall, shopping centre, etc. Nah kalau traveler sendiri buat aku lebih explore ke tempat baru dan belajar mengenai budaya dan local history. Aku sendiri kalau jalan - jalan jarangggg banget nyentuh makanan fast food yang international gitu kayak McD, KFC, jadi aku cobain makanan local dan mencoba kehidupan local juga.

Cobain teh local Ningxia, yang namanya Ba Bao Cha
Kalau ditanya aku enjoy apa ga, karena aku suka-nya yang hidden version, aku sangat enjoy, berasa dapet hadiah setiap saat karena ada aja yang gak kepikiran ternyata ehhh ada dan liat dengan mata sendiri. 

Aku setuju banget sama pepatah yang bilang : sebanyak - banyaknya buku yang dipelajari gak akan bisa ngalahin pengalaman dari banyaknya jalan yang di tempuh.

Karena setiap datang ke tempat baru pasti banyak hal yang bisa jadi pelajaran.

Cobain rasanya tinggal di Mongolian Yurt, dingin booooo
Aku juga suka bergaul sama local untuk mengenal budaya local, seru loh, bertukar cerita, dan bisa saling support. Jangan malu - malu untuk memulai pembicaraan sama mereka. Juga bisa belajar bahasa, yeay! Seru banget.

Kalau misalnya kalian pengen cobain explore tempat baru tapi gak tau harus mulai darimana, boleh banget cobain open trip, sekarang udah mulai ramai para pengguna jasa open trip seperti VizTrip misalnya, aku sendiri lagi menantikan kesempatan bisa gabung Trip Bareng VizTrip. Gak sabar banget pengen cobain trip bareng VizTrip! Semoga cepat kesampaian ya!

No comments:

Post a Comment

Leave comment down below :)