Thursday, May 31, 2018

Gunung Pancar & Leuwi Hejo | Sentul, Indonesia

Belakangan ini tanggal merah suka banget jatuhnya di tengah - tengah hari kerja alhasil cuman punya 1 hari libur kejepit, yang bikin galau mau jalan - jalan atau hibernasi di rumah. Kali ini kebetulan kita lagi pengen jalan - jalan tapi yang santai gitu bisa pergi pagi dan pulang gak terlalu sore biar gak cape besoknya harus kerja lagi.

Cari - cari tujuan di sekeliling Jakarta yang model pemandangan alam gitu yang bisa menghirup udara segar, maklum weekday udah hirup debu terus hehe. Kali ini kita pengen ke daerah Sentul yang lagi hits dengan Gunung Pancar.

Gunung Pancar

Jam 6 pagi kita berangkat dari Jakarta menuju Sentul yang kebetulan pagi itu jalanan lancar sekali, kurang lebih 1 jam kita udah sampai di exit tol Sentul Selatan.

Untuk arah jalan silahkan di Google Map aja, nama lokasinya "Taman Wisata Alam Gunung Pancar". Pokoknya keluar dulu exit tol Sentul Selatan terus tinggal ikutin Google Map, nanti lewatin Jungle Land, masjid dan jalanan kecil gitu, pokoknya kalau ikutin Google Map jalanan-nya aman kok guys sampe tujuan :)

Disarankan bawa mobilnya jangan yang ceper, karena medan-nya agak gajluk - gajluk alias jalanan kurang bagus dan naik turun yang terjal. Juga skill nyetirnya harus memadai karena jalannya udah sempit tapi buat 2 arah jadi kalau kebetulan papasan dengan mobil lain, jaraknya itu hanya 2cm kali ya antar mobil. Serem boo. Kalau gak yakin sama skill nyetir sendiri, lebih aman bawa aja driver aja.

Mungkin kalo gue yang nyetir udah teriak - teriak di dalam mobil :)

Berhubung kemarin weekend, entrance fee-nya IDR 15k untuk mobil dan IDR7.5k per orangnya dibayarkan di pintu masuk dan ada karcisnya biar gak ketipu.

Jadi waktu sampai di pintu masuk akan ada petugas yang lihat ke dalam mobil untuk hitung jumlah orang dan langsung dibayarkan.

Yang untuk karcis mobil itu udah termasuk tiket si driver jadi kalau isi mobilnya ada 5 orang, bayarnya 1 karcis mobil dan 4 karcis perorangan.

Setelah itu mulai deh keliatan pohon pinus-nya dan jalanan gunung nanjak gitu, kemarin kita sempet kelewatan sampai jauh sekali ke perkampungan di dalamnya. Jadi tempat wisatanya itu gak jauh dari pintu masuk yang banyak payung dan ada tempat parkirnya. Iya, bener, itu ajah, kalau pemandian air panas-nya naik lagi, beda tempat masuk.

Hutan pinus dan cahaya matahari di pagi hari

Ternyata tempatnya gak terlalu besar juga. Kemarin kita sampai kelewat jauh karena kita pikir masih di atas lagi ternyata dari pintu masuk gak terlalu jauh inilah tempat wisatanya.

Tempat parkirnya seperti di kiri foto, di tengah - tengah pohon pinus gitu, seru kan
Tapi pastinya bagus buat foto dan seger banget udaranya, relax banget deh.






Yang harus diperhatikan itu spot foto disana berbayar kecuali foto di alam bebasnya, nah harga-nya itu mulai dari IDR 15k per-orang per-spot nanti si abang-nya akan fotoin pakai kamera kita, silahkan keluarkan jurus tawar menawar kalian.

Abangnya duduk aja nungguin kita diskusi mau nawar menawar hahah




Perahu yang buat spot foto kayak gini wujud aslinya
Foto aja yang banyaakkk iyaaa yang banyaaakkkk


Masih banyak spot foto lain yang berbayar, tinggal pilih aja sesuai selera tapi menurut gue gak usah banyak - banyak juga keluar uang hanya untuk spot foto karena foto di tengah pohon pinus aja udah bagus. 

Kalau kebelet disini juga ada WC dekat parkiran, IDR 3k per-orang. Jadi siapkan banyak receh ya kalau kesini.

Karena kemarin datangnya pas bulan puasa jadi yang jualan makanan tutup semua tapi sepanjang jalan ada warung - warung gitu yang mestinya ramai kalau hari biasa.

Selesai asik foto, dikasih tau sama tukang foto-nya tentang Leuwi Hejo. Dia recommend banget kesana karena katanya bagus, pas di Google ternyata emang bagus dan gak terlalu jauh sekitar 50 menit dari Gunung Pancar.

Leuwi Hejo

Spontan kita langsung beralih kesana. Yeay!

Tinggal ikutin Google Maps "Curug Leuwi Hejo" aja biar ga nyasar - nyasar, jalanan nya itu - itu aja kok karena uda susah medannya kalo jalannya belok belok cabang cabang lagi nanti ga ada yang mo kesana kali ya hahahaha

Medan jalanan untuk ke Leuwi Hejo lebih menakjubkan ketimbang Gunung Pancar, lebih terjal dan berlika - liku juga lebih sempit. Kemarin ketemu banyak mobil jeep kayak-nya seru. Jadi sekali lagi disarankan untuk bawa mobil yang agak tinggi dan cc cukup ketimbang repot di tengah jalan :)


Benar ini jalanan menuju Leuwi Hejo, dan ini untuk 2 arah ya, boleh dipertimbangkan skill  nyetirnya hehe
Mampir ngopi dulu di warung lokal segerrrr
Ada spot foto juga di deket warung


Entrance fee untuk mobil IDR 15k nanti begitu sampai gerbang akan ada pos dan petugas yang keluar  dan bisa masuk untuk parkir lalu jalan kaki ke dalam. Nah nanti di dalam akan ada pintu masuk yang harus bayar entrance fee IDR 15k per orang-nya.

Banyak banget biji kopi yang dijemur, baik di lapangan parkir, di pinggir jalan dimana - mana sepanjang jalan menuju Leuwi Hejo
Mulai dari gerbang butuh jalan kaki sekitar 40 menit sampai tujuan. Ada juga motor yang masuk tapi karena kita gak bawa motor jadi gak tau apakah itu penduduk sana atau memang pengunjung yang bawa motor. 

Lumayan buat olah raga, segarrrrr dan ngos - ngosan.





Pakailah sepatu yang enak atau sendal jepit karena jalanan-nya batuan dan akan melewati jalan di hilir si air kalau takut basah lebih baik langsung sendal jepit biar langsung nyebur
Sayangnya karena kemarin gak rencana kesini jadi kita gak ada yang pakai sendal jepit jadi gak nyebur deh huhuhu.


Kalau gak bisa mandi kayak mereka, airnya dingin seger

Asri banget ya pemandangannyaaaaaa
Kalau nyali kalian cukup berani lompat - lompat di batu ini akan jadinya kayak foto ini hahaha
Ada beberapa toilet disini, pastinya bayar ya guys, jadi siapin recehan yang banyak kalo beser
Kalau ditanya siapa yang puas sama pemandangan alam disini?

Saya puas :) 
 Tips :
• Pakai sepatu yang nyaman buat jalan karena akan jalan banyak dan jalanan bebatuan 
• Pakai baju yang nyaman, cuaca-nya agak sejuk tapi kalo udah hiking panas booo sampe lepek keringetan dan tas-nya yang aman dan gak berat biar nyaman jalan jauh, barang yang gak perlu tinggal aja di mobil
Bawa recehan yang banyak karena diperlukan untuk bayar parkir, bayar toilet, bayar tiket masuk 
• Penting banget buat bawa mobil yang cc cukup dan gak ceper juga skill si driver yang memadai untuk jalan sempit dan berlika - liku 

Selamat liburan !