Friday, June 29, 2018

Perpanjang Paspor Online via Whatsapp

Selamat ulang tahun, Jakarta!!! Okei, agak - agak telat kali ya tapi gak apa - apa dong dari pada gak sama sekali hehehe. Jadi dalam rangka ulang tahun Jakarta kali ini aku mau share tentang hal yang aku bangga sama Jakarta dengan perubahannya apalagi setelah aku kembali ke tanah air ini.

Lebih tepatnya mungkin sama Indonesia, tapi it's okay! 

Salah satu yang bikin aku seneng itu adalah tentang sistem perpanjang paspor yang udah bisa daftar online dan gak perlu pakai calo lagi. Inget gak kalau dulu mau perpanjang sendiri ke Imigrasi bisa antrinya gila - gilaan, ngadu pagi sama matahari atau harus pakai calo kalo mau pasti beres, tapiiii sekarang kamu bisa nikmatin rasanya keluar uang yang emang semestinya aja. 

Jadi kemarin aku coba cari tau tentang daftar online perpanjang paspor tapi infonya masih minim dan ada yang di website Imigrasi tapi gak bisa juga, akhirnya aku ketemu yang buat daftar online via Whatsapp. Jempol! 

Jadi sekarang kita bisa daftar dulu istilahnya semacam ambil slot antrian untuk hari dan jam dan kantor pelayanan yang kita mau. Saran aku pilih kantor pelayanan yang agak pinggir jangan yang hits macam Soetta karena capee booo ga dapet - dapet slotnya sampai bulan berikutnya. 

Kemarin aku pilih di Imigrasi Tangerang, kenapa? Karena aku coba masukin di hari yang aku mau ke beberapa Imigrasi dan dapetnya ini. Buat reference ini nomor Whatsapp yang aku coba, karena kemarin nyari nya susah ternyata jadi kayaknya ini info useful banget buat di catat : 
  1. Imigrasi Jakpus 0812 9900 4406
  2. Imigrasi Tangerang 0811 811 9000
  3. Imigrasi Tangerang Boulevard 0812 217 000 44 

Jadi kamu tinggal message Whatsapp dengan format  #Nama#TanggalLahir#TanggalKedatangan , contoh #Aaaa#01011990#31122018 

Nanti akan ada balasannya kalau kamu dapet slot tinggal ikutin aja balasan Whatsapp itu, kalau ga dapet slot kamu ganti tanggalnya dan dicoba di berbagai nomor Whatsapp Imigrasinya. 

Oh ya, 1 nomor cuman bisa daftar untuk 1 orang dan bukti daftar Whatsapp itu harus dibawa waktu datang di Imigrasi jadi jangan sampai hilang chat nya dan lupa bawa HP ya. 

Datanglah lebih awal dari waktu yang dikasih tau di WA, karena kita harus antre ulang dan isi formulir baru process foto. 

Untuk surat - surat yang harus dibawa seinget aku bisa ditanya lewat WA ada pilihannya juga. Oh ya ini WA sistem jadi 24 jam dia bisa balas chat gausah takut kemaleman gak dibalas chat-nya :) 

Nah untuk biaya perpanjang paspor 48 halaman IDR 355k bayarnya bisa di bank yang sudah ditentukan, tapi kalau kemarin aku langsung di counter bank depan kantor pelayanan biar mudah. 

Nah tunggu 2 minggu nanti balik lagi deh ambil paspor baru, kalau berhalangan bisa diwakilkan keluarga untuk ambil dengan surat bukti pengambilan dan KK. 

Yaaa kira - kira gitu deh ya pengalaman perpanjang paspor sendiri tanpa calo yang super cepet dan mudah ini. Semoga nanti-nya di Indonesia banyak sistem publik yang bisa dibenahi biar bisa mempermudah akses kita :) 


No comments:

Post a Comment

Leave comment down below :)