Tuesday, June 2, 2020

Sekolah Apa di Taiwan | Eps. High School

Kalau buat kamu sekolah di luar negeri itu kedengerannya keren dan itu adalah hal yang ingin kamu capai, well, ini postingan khusus tailor made buat kamu為你量身訂做. Kali ini aku mau sharing tentang aku sekolah apa dan dimana, gimana pengalaman aku selama sekolah, dan apa hal - hal menarik tentang peraturan sekolah di Taiwan.

Anw, aku bukan specialist counselor study aboard ya, tapi aku bisa ceritain hal yang aku sendiri rasakan, buat reference kamu, berawal dari banyak dihujani pertanyaan dulu sekolah apa di Taiwan, gimana sekolahnya, enak gak, mau sekolahin anak kesana nih, keponakanku pengen kesana, ada rekomen apa gak. Nah biar aku gak ulang - ulang jawab kan jadi aku bahas secara detail aja disini. Semoga bermanfaat.

Aku sekolah di Taiwan setelah lulus SMP dari Indo, jadi begitu ke Taiwan ada 1 tahun kelas bahasa dan 3 tahun SMA lalu 4 tahun kuliah. Jadi ini perjalanan aku 8 tahun menimba ilmu di Taiwan.

Kita mulai dari cerita study SMA ya.

Aku SMA di NOCSH or NOC or 僑中 or 華僑高中 whatever deh ya, karena namanya banyak euy, wakakka. So, yes, 是的我是華僑高中畢業的 有沒有學弟妹在看?hahahha

anak praktek pake gambar pasti lebih pada ngerti, ini peta gambaran, penjelasannya aku jelasin detail dibawah

Sesuai gambar di atas, itu perjalanan 4 tahun aku di 僑中, masing - masing 1 tahun, dan aku juga jabarin di setiap level ada pilihan apa aja, yang ada gem di pilihan itu yang waktu itu aku pilih. Jadi kamu bisa liat perjalanan aku tuh yang ada gem-nya ya :)

語文班 IWP

Aku ke Taiwan setelah lulus SMP di Indo. Lalu begitu sampai di Taiwan aku ikut 語文班 IWP kayak kelas persiapan buat masuk SMA. Sebenernya IWP itu bahasa sebutan yang diciptakan kita overseas indo karena kan yu wen ban, jadi disingkat IWP (i wen pan), gitu deh asal usulnya ya hehehe

IWP dibagi jadi 2 kelas, kelas persiapan untuk masuk SMP dan SMA.

Karena aku udah lulus SMP di indo dan mau masuk SMA, jadi aku masuk kelas persiapan SMA, tapi ada juga yang dari negara asalnya baru lulus SD jadi masuknya kelas persiapan SMP karena dia akan lanjut SMP.

Aku gak recommend buat masuk IWP yang kelas SMP, ini gak cuman dari sudut alumni tapi laoshi disana juga. Karena anak baru lulus SD tuh masih terlalu labil belum bisa mengurus diri sendiri, harus cuci baju sendiri, bla bla bla, dan juga sebenarnya sekolah ini buka kelas SMP khusus overseas aja cuman ada 1 kelas jadi dari segi akademis pun aku gak recommend. Lebih pas nya setelah lulus SMP di Indo.

Di 語言班 ini aku belajar buku pelajaran sekolah anak local Taiwan dari TK - SMP3 selama 1 tahun, dengan tujuan begitu selesai 1 tahun ini dan bisa mengikuti pelajaran SMA 1. Jadi aku 語言班 1 tahun, SMA 3 tahun, that's why biar cepet bilang aja SMA-nya 4 tahun, tapi bukan karena gak naik kelas ya, hehehe. 

Selama 1 tahun ini kita akan sekelas sama overseas dari berbagai macam negara, yang pasti gak ada murid localnya dong ya, secara mereka gak perlu belajar preparation ini wong mereka udah dari kecil di Taiwan, hehehe. Justru kita yang belajar apa yang mereka pelajarin dari TK - SMP. Pelajarannya tuh mencakup mandarin, matematika, segala pelajaran yang kamu bayangkan ada dari TK - SMP deh semuanya akan diajarkan ke kamu. 

1 semester pertama belajar sampai pelajaran 6SD, lalu semester 2 belajar pelajaran SMP. 

Selama 1 tahun ini udah full mandarin ya kelasnya, tapi ga usah takut ga bisa mandarin, karena emang semua yang disini gak bisa makanya ikut kelas ini. 

Kalo case aku sendiri, dari SD aku emang ada pelajaran mandarin di sekolah, aku juga ada les, tapi ya gitu - gitu aja gak dalam kan, sebelum berangkat ke Taiwan, aku les intensive sama Laoshi orang Taiwan, disitu aku kebut dan konsen full. 

Tapi, percaya deh, sampai Taiwan pasti tetep anggepannya gak bisa, karena kamu kan sekolah jadi butuh mandarin yang dalam, kayak nyebut pecahan matematika itu pake mandarin, kayak tabel kimia H Li Na K, itu juga pake mandarin. 

Dalam 1 tahun kelas persiapan ini gak ada ruginya kalau kamu tuh bener - bener konsen dan fokus. Karena ini adalah pondasi kamu untuk memulai hidup di Taiwan, cieeee, kalau bahasa aja gak lancar gimana coba belajar hal lain.

Bangunlah rumah dengan pondasi yang kokoh, kalo akarnya aja gak kokoh, gak mungkin pohon itu akan tumbuh tinggi dan berbuah. 

Pasti bisa kah selama 1 tahun? Aku gak bisa jamin, ada kok yang gak bisa lolos selama 1 tahun dan gagal jadi pulang ke negara dia lagi, atau ada yang 2 tahun. Banyak macam - macam case. Ada yang emang dia anaknya nakal, jadi abis selesai 1 tahun pun mandarin gak lancar, lalu dia ulang tahun ke-2 gak serius juga, jadi yaudah di deportasi.

Biasa dalam kejadian kayak gini karena muridnya emang lagi masa "ABG" namanya juga baru lulus SMP kan pasti masa - masa bandelnya buat main game, ngelawan laoshi, dan lainnya. Jadi kalo kamu murid yang emang sungguh - sungguh belajar, mestinya gak masalah, karena laoshinya juga terpilih khusus, yang harus pelafalannya jelas banget, dan kamu tuh sekolah dari jam 7 pagi sampe 8 malam, jadi waktu kamu buat nanya dan belajar banyak banget gak mungkin kan gak bisa.

高一 SMA 1

Tahun kedua aku udah masuk ke 高中班 SMA. Jadi di 僑中 ada 2 jenis kelas SMA, kalo kita sebagai 華僑 adanya di 僑生班 overseas class nah ada juga kelas local yang namanya 本地班 local class. Jadi kelas kita itu isinya semua anak overseas dipisah sama kelas local, soalnya pasti kelas local belajarnya lebih cepat secara mereka ga ada kendala kan tinggal belajar aja pake bahasa yang mereka ngerti.

Kalo emang kamu dianggap mampu, kamu bisa apply buat 轉本地班 jadi kamu tar akan masuk ke kelas local bersama para murid local, baiknya ya kamu akan bisa menyerap banyak pelajaran soalnya bener - bener full belajar banget kalo buat murid local secara mereka akan persiapan buat ujian masuk kuliah, nanti aku ceritakan kenapa harus getol banget murid local belajarnya.

Kalo recomend aku coba liat dulu minat & kondisi angkatan kamu, kalo emang kamu suka belajar science yang bener - bener teori banget, kamu cocok masuk ke 本地班 local class tapi kalo nggak ya kamu mending di 僑生班 overseas class tapi jadi murid yang aktif jadinya bisa dapet ilmu lebih juga.

Nah di akhir semester 高一 udah waktunya buat pilih jurusan, karena mulai dari SMA 2 udah penjurusan.

高二 SMA 2 
Jurusan-nya ada 4 jenis, yang umum IPS, IPA ada 2 macam, IPA yang science focus atau yang biologi, bedanya ya kalo science lebih ke fisika, kalo biologi bisa jadi dokter hehehe. Nah ketiga kelas ini ada kelas overseas & local, gak usah khawatir, masing - masing 1 kelas.

Selain 3 jurusan di atas, ada juga 資訊班 computer application. Jadi ini lebih kayak SMK 高職 yang focusnya belajar tentang per-komputeran dan accounting, belajar komputernya banyak deh ada edit video juga, dan pelajaran umum kayak matematika gitu masih ada, cuman lebih banyak focus ke per-komputeran & accounting.

Kalo 資訊班 ini gabungan kelasnya antara local & overseas jadi kalo kamu masuk kelas ini ya temen kelas kamu ada local juga gitu.

Kenapa kok bisa ada penjuruan kelas ini? Karena NOC itu 綜合高中 sekolah campuran antara 一般高中 SMA biasa & 高職 SMK, kita juga ada 體育班 kelas athlete kalo ini khusus local ya hehe, karena mereka emang udah dilatih buat jadi athlete gitu.

高三 SMA 3
Apa yang bikin beda antara 4 jurusan tadi? Ya tentunya minat kamu salah satunya. Selain itu ada juga, kalo IPA & IPS alias 一二三類組 nantinya kamu akan masuk 一般大學 universitas biasa pada umumnya, tapi kalau 資訊班 kamu jalurnya masuk technology university 科技大學.

Bedanya apa? Technology university lebih banyak praktek, karena SMK 高職 emang dibuat biar abis lulus bisa kerja udah langsung punya skill gitu.

Gimana jalur masuk kuliah kalau emang mau lanjut kuliah di Taiwan?
Jadi karena kita udah SMA-nya di Taiwan kita harus ikut ujian nasional-nya Taiwan juga. Ini banyak macem deh ya namanya pokoknya kalau yang buat 資訊班 ada yang namanya 統測 nah nanti abis ujian dapat kan score-nya berapa, nanti kamu pake score itu buat apply universitas.

Kalau misalnya nilainya jelek gak dapetin univ bagus gimana?
Nah kalo overseas tuh bisa ada score bonus tapi aku lupa berapa, karena aku gak pake ini. Tapi kalo emang gak sesuai harapan, masih ada jalur namanya 僑大 yaitu sejenis college buat overseas preparation sebelum masuk kuliah. Untungnya adalah kamu cuman beradu sama sesama overseas aja karena dia jalurnya ke setiap univ khusus.

Nah kalo aku sendiri jalurnya 繁星計劃 jadi ada program scholarship dari government Taiwan, diurutin nilai dari SMA 1 - SMA 3 semester 1, lalu diambil yang urutan rank di berapa % (aku gak tau berapa % dari jumlah seluruh murid, pokoknya waktu itu aku 3 orang dari sekolah gabung local & overseas ya) nah dari nilai kita itu akan diadu sama murid lain 1 Taiwan abis itu baru diurutin, keluar deh kita apply univ dan tunggu hasil.

Jadi aku gak ikutan ujian nasional maupun 僑大, cerita lengkap aku bisa lewat 繁星計劃 bisa baca di link ini ya :)

Selama kamu sekolah di NOC bakal tinggal di asrama dan jam sekolahnya 12 jam hehehe, karena ini udah terlalu panjang, jadi aku lanjut nulis tentang kehidupan di NOC di post berikutnya aja ya, dan tentang kuliah juga ditungguuuu....

Kalo masih mau nanya atau punya pertanyaan yang nanti siapa tau jadi ide buat aku bahas, boleh leave comment down below.



18 comments:

  1. Di Taiwan bahasa Mandarin nya sama dengan di China ya? Adik saya pernah tinggal di Taiwan tapi dia masih gak ngerti juga nonton film China, katanya beda?! 😮

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi! Iya beda mandarin Taiwan pakai traditional mandarin, sedangkan di China pakai simplified. Mungkin bisa lebih banyak referensi aja karena kalau ngerti traditional mandarin lebih gampang untuk ngerti yang simplified, kecuali kalau dia di Taiwan mendalami Tai Yu which is dialect bukan mandarin traditional, pasti beda dan bisa bingung kalau nonton film China. Hehehe.

      Untuk perbedaannya bisa liat di postingan aku yang ini, aku ada bahas apa aja perbedaannya :
      https://oragionality.blogspot.com/2018/05/how-to-learn-mandarin-eps-know-mandarin.html

      Semoga menjawab :)

      Delete
  2. Hi kak ^^, aku mau tanya kebetulan aku sama teman aku berdua rencana SMA nanti di NOCSH juga mau tanya untuk pendaftarannya bagaimana ya kak? Untuk pengurusan ke sana apa aja ya kak? Kalau kakak pakai agen tolong rekomennya karena takut penipuan >< thanks kak!

    ReplyDelete
  3. Hi kak ^^, aku mau tanya kebetulan aku sama teman aku berdua rencana SMA nanti di NOCSH juga mau tanya untuk pendaftarannya bagaimana ya kak? Untuk pengurusan ke sana apa aja ya kak? Kalau kakak pakai agen tolong rekomennya karena takut penipuan >< thanks kak!

    ReplyDelete
  4. Hi kak ^^, aku mau tanya kebetulan aku sama teman aku berdua rencana SMA nanti di NOCSH juga mau tanya untuk pendaftarannya bagaimana ya kak? Untuk pengurusan ke sana apa aja ya kak? Kalau kakak pakai agen tolong rekomennya karena takut penipuan >< thanks kak!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi there! Aku dulu pake agent Duta Bina Siswa (http://dbsjkt.blogspot.com) ini recommend sesuai pengalaman aku no tipu2. Emang kalo pilih agent harus hati - hati karena banyak agent yg di google itu waw bgt tapi tipu2 karena udah pernah kena pengalaman aku jadi bisa share begini :) Semangat!

      Delete
  5. Hi kak, aku ada berencana untuk pergi ke 華僑高中. Aku ada belajar mandarin cuman belajarnya yang simplified terus jg ga gimana bagus. Kira-kira kalo begini belajar traditionalnya susah g? Terus kan semua pelajarannya diganti ke bahasa mandarin, entr ini di 語言班nya cuman belajar bahasanya doang atau ada belajar mata pelajaran kayak matematika, science, dll? Takutnya pas diganti ke bahasa mandarin, aku jadi ga ngerti pelajarannya. Terus sekolah di situ mahal g? Sorry ada banyak pertanyaan, dan kemungkinan bakal tanya lagi dikedepannya. Terima kasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi! Untuk di 語文班 kalo untuk masuk SMA disana, nanti semester 1 belajar pelajaran kelas 1-6SD, semester 2 belajar pelajaran SMP. Jadi matematika dkk bakal ada dan itu semua bakal full mandarin karena pakai buku pelajaran anak local. Susah atau gak nya menurutku asal ada niat pasti bisa, karena pas kesana ketika kepepet pasti bisa, enjoy! Untuk mahal atau gak nya, per semester itu kayaknya 20-30rb NTD, sekitar segitu sih udah include asrama & kantin. Semoga membantu ya :)

      Delete
  6. hai mau tanya kalo school rules di nocsh sama di indo beda atau ga ya (warna rambut,makeup,dll)?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai, tentu beda ya. Secara beda negara beda cara didik dan kebiasaan.

      Delete
  7. hi, mau tanya donk, biasanya untuk study ke taiwan itu pilihannya apa cuma bisa ke nocsh ? atau ada sekolah lain yang bisa juga ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau untuk overseas student di NOCSH aja ya so far

      Delete
  8. Mau tanya sebaiknya skul di Taiwan mulai dr SMA ato universitas. Karena ada yg bilang mamasuk SMA nya susah, lebih mudah masuk universitas. Trus pelajaran sma nya susah sehingga kl dr SMA dan nilai jelek g bisa dapat univ bagus. Tp kl SMA dr indo langsung kuliah di sana lebih mudah? Apa benar? Mohon sarannya makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Suggest dari SMA karena belajar mandarin itu gak bisa instant, kenapa di blg kuliah lebih mudah karena bisa ada pilihan pakai bahasa inggris untu bahasa pengantar. Tapi kalau mau yg mudah pakai inggris apa pointnya ke Taiwan karena gak belajar mandarin juga dan pulang2 tidak dibekali bahasa mandarin.

      Delete
  9. halo..mau tanya nih,,anak saya umur 13 th dan 9 th,,ada rencana mau sekolah di Taiwan,sarannya gmn ya?soalnya mereka sm skali ga bisa mandarin..makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, menurut saya lebih pas ke Taiwan untuk masuk SMA ketimbang SMP. Karena lebih mature enough untuk dilepas di sana, dan bisa mulai belajar dari dasar tentang mandarin dulu sblm ke Taiwan, bisa les mandarin.

      Delete
  10. hai kak aku mau nanya kalo masih iwp itu bisa kerja gasih, kayak ambil partime aj gtuu?? thankyouu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak bisa ya, lagian tujuannya adalah belajar bukan kerja. Jadi kalo di iwp gak belajar yg bener susah untuk jalan kedepannya.

      Delete

Leave comment down below :)