Saturday, February 9, 2019

Penang to Kuala Lumpur by Train | Malaysia

Udah cape - cape naik pesawat ke Malaysia sayang dong ya kalau ga explore ke kota lainnya. Nah kali ini aku mau pindah kota dari Penang - Kuala Lumpur. Setelah searching sebenarnya banyak cara menuju Roma, eh menuju KL maksudnya.

Bisa by bus, train, pesawat juga. Pesawat ku coret karena pengennya cobain yang belum pernah gitu kalo pesawat kan ya sama aja kan ya, jadi pilihan aku sisa bus dan train. Nah pertimbangan aku waktu itu takut macet kalo bus, jadi pilihan jatuh ke kereta api.


Peta di atas untuk mempermudah bayangan buat arrange route ya, karena waktu itu aku searching berbagai source karena gak ada gambarnya jadi agak bingung, jadinya kali ini aku mau sharing pake gambar diatas yeay! Semoga kalian lebih paham yang dimaksud ya.

Jadi dari George Town di Penang Island kita perlu nyebrang dulu ke Butterworth, bisa lewat Penang Bridge atau ferry. Kalo aku suggest pake ferry, mudah dan FREE. Jadi ferry itu berbayar untuk route Butterworth - Penang, RM 1.20, tapi untuk route sebaliknya Penang - Butterworth tuh FREE asik kan. 

Nah naiknya dari Ferry Terminal Georgetown, Pangkalan Raja Tun Uda, cukup Grab aja dari hotel karena gak jauh juga kok. 

Ini suasana dalam ferry
Untuk schedule ferry aku kurang jelas ya mungkin bisa di search, tapi dia ada terus dari jam 5 pagi bolak balik jadi kalo aku kemarin ambil aja 1 jam sebelum schedule kereta biar santai dan bisa jalan - jalan juga dulu di Penang Sentral. 

Dari Penang - Butterworth kurang lebih 15 menit perjalanan, di ferry kiri kanan akan ada mobil jadi penumpang duduk di bagian tengah gitu kira - kira. Tapi kalo mau ambil foto bisa ke pinggiran juga kok, nyaman dan aman. 

Begitu sampai di Butterworth langsung masuk ke Penang Sentral (Stasiun Bus) disini banyak restaurant juga lumayan asik tapi waktu kemarin aku gak keburu muterin, nah buat naik train tinggal ikutin petunjuk aja karena stasiun-nya adanya di gedung sebelah aja, gampang kok. 

Kereta Butterworth - Kuala Lumpur ada schedule-nya ya, karena ini kan kereta lintas kota, bukan sejenis MRT gitu. Beli tiketnya bisa lewat online. Aku beli waktu masih di Jakarta lewat EasyBook, payment bisa lewat CC, nanti tiketnya yang dalam bentuk PDF yang ada QR code di print out itu sebagai tiket kereta kita. Mudah banget kan. 

Tiket aku kemarin sekitar IDR 2xx per trip. Seat dipilih ketika booking tiket. 


Di dalam train ada penjualan makanan gitu, model yang instant food semua, ada juga nasi yang tinggal di microwave, kopi, snack gitu sih. PENTING! Di kereta dingin boooo secara kita akan menempuh waktu 4 jam lebih jadi siap - siap jaket. 

Ini pas di depan mini corner penjualan makan dalam train
Kalo kalian bingung sampai di KL mau turun di Kuala Lumpur / KL Sentral, aku kemarin di KL Sentral karena itu kayak pusatnya terminal gitu jadi lebih gampang mau naik Grab atau MRT, tapi kalian boleh search dulu kemana tujuan di KL biar tau mau turun dimana.