Friday, May 7, 2021

What you need to know about school in Taiwan | Eps. High School - NOCSH

I received a lot of question about my past experience in 僑中 NOC, some were planning to go there, some were already there, some were curious about this place :) And everytime I read the message, I feel so excited to share, lot of memories and the place who change me a lot. 

Doesn't matter sekarang kamu lagi planning untuk kesana, lagi bantu sodara keluarga even anak (eh ceu pembacaku ada yang emak2 loh ku bangga dia nanyain tentang sekolah buat anaknya), atau udah disana dan sedang survive mempertanyakan banyak hal - semoga sharing kali ini memberikan secercah harapan ya :) 

Beberapa repeated question that I received : 

Aku di Indo belajarnya simplified mandarin, nanti kalo kesana susah banget gak ya?

Aku juga kok. Di Indo mostly sekolah yang ada mandarin pakai kurikulum Singapore jadinya pasti simplified mandarin. Sebelum ke Taiwan aku sempet les dulu 3 bulan sama Laoshi yang emang orang Taiwan dan stay di Indo. Tiap pagi aku bangun jam 6 dan hafalin deh tuh 注音符號 terus ngomong sendiri coret - coret sendiri. 

Sampai di Taiwan, aku bacain semua huruf yang ada kalo gak ngerti aku inget - inget atau aku tanya orang itu bacanya apa. Tau gak yang paling aku suka bacain itu nama toko karena kalo naik bus keliatan kan tuh yaudah deh gede pula kan tulisannya hehehehe

Kalo ditanya susah banget atau gak, aku pas pertama ke NOC 語文班 ranking 1 loh satu 語文班. Menurutku bukan karena aku pinter ya karena yang lebih pinter keknya banyak, tapi karena aku beneran niat untuk bisa mandarin dengan lancar dan aku belajar mandarin berasa kayak belajar sejarah, penasaran kan dulu ancient kita tuh pake bahasa apa? 

Dan aku berasa keren kalo bisa traditional mandarin secara udah jarang negara yang pakai ini dan jadi nyambung untuk baca tulisan - tulisan sejarah yang masih pake traditional mandarin. 

Spend 1 tahun untuk belajar bahasa aja di 語文班 worth it gak sih?

Aku pernah share tentang apa itu 語文班 di post Sekolah Apa di Taiwan | Eps. High School dan menurutku wajib banget untuk spend 1 tahun sebelum masuk 高一. Kenapa? Karena itu pondasi kamu untuk melangkah yang lebih panjang lagi. Ada juga beberapa yang emang di negara asalnya udah lumayan bisa mandarin lalu pas masuk 僑中 langsung masuk 高一 gak ikut 語文班 menurutku ini sayang banget karena seriously worth it to have 1 year and learn mandarin deeply. 

Kasus yang banyak terjadi itu ketika bisa gak usah ikut IWP, pasti berasa bersyukur banget karena gak usah buang - buang 1 tahun. Tapi apa yang bisa kamu dapetin dari 1 tahun itu worth more than that. Dan jangan berasa karena udah telat 1 tahun dari teman - teman seangkatan terus jadi sedih, karena itu kamu harus berusaha lebih lagi biar 1 tahun ini beneran give you something

Gimana kalau udah belajar mandarin tapi gak 進步 mandarinnya ya?

Tau nggak sih the moment I learn 進步 - improvement is a good thing itu di IWP. Aku masih inget banget ada yang namanya 進步獎 jadi untuk yang nilai ujian semesternya improve banyak dari semester sebelumnya bakal di appresiasi. You see what? Process itu hal yang patut dihargai. 

Ada banyak hal sih yang bisa kamu coba biar mandarin kamu ada kemajuan. Kalo aku berusaha memikirkan segala hal pake mandarin, jadi kalau mau ngomong aku mikir sekalian mandarinnya apa, kalo gak tau aku tanya Laoshi atau cari kamus, sekarang kan udah jaman google translate ya mestinya lebih convenient karena aku dulu belum marak internet HP aja Nokia hehe. 

Ibarat diet, jangan terlalu forsir tapi hasilnya sesaat. Jangan sampai maksa banget sesama temen indo harus pakai mandarin apapun yang terjadi, kalo gak improve nanti kamu akan males buat lanjutin. Sewajarnya aja, di set setiap hari apa harus belajar mandarin dan saling ingetin cara baca, nulisnya gimana. 

Oh iya kalo nulis mandarin itu tangan kayak punya otak sendiri, semakin sering kamu tulis ketika mau tulis lagi, rasanya tangan itu kayak bisa gerak sendiri haha. Jadi sering - sering latihan nulis. Aku dulu suka latihan pakai lirik lagu - next apa kita share lagu - lagu yang worth to learn hahaha 

Adakah les tambahan?

Gak ada gengs karena kita udah sekolah dari 7.30 pagi sampai 7.50 malam, udah lebih dari 12 jam. Lalu harus balik asrama karena ada kegiatan lagi. Kalo ada les pun itu jarang banget kayak kalo kamu udah kelas 3 高三 terus prepare buat IELTS or TOEFL dan harus les inggris, jadi kamu bisa pulang jam 5 dan lanjut les keluar. Tapi ini jarang sih dan aku pun juga nggak waktu itu.

Lingkungannya positif kah? Ada bully?

Duh ceunah susah jawabnya eui. Hahahaha. Menurutku di sekolah manapun, negara manapun pasti ada bully mau verbal bullying atau kekerasan. Susahkan melarang maling masuk ke dalam rumah, lebih baik tingkatkan keamanan rumah jadi maling masuk pun gak bisa masuk ke dalam karena udah di kunci rapat - rapat. 

Nah menurutku lebih baik persiapkan mental anak karena dia kan bukan cuman 4 tahun disini aja takut di bully, nanti dia gede kuliah - kerja juga harus hadepin hal yang sama. 

Sekolahnya susah gak? Takut gak bisa ngikutin.

Yang perlu diketahui adalah sekolah di Taiwan ini bukan hal yang nyaman ya. Jadi harus tau dulu ketika kesana kalau yang mau dicari adalah kenyamanan kayak di film - film jika sekolah di luar negeri itu bisa sambil main segala, itu gak ada. Karena disini lebih ke pembentukan mental anak, jadi pasti gak nyaman dan harus mandiri. Yang diliat adalah hasil setelah dia dari sini. Kalo ortu aku dulu karena aku manja katanya jadi biarin biar berasa hidup susah dan here I am proud with this journey. 

Kalau untuk mata pelajarannya sendiri nanti akan full mandarin. Susah gak? Ya menurutku semuanya susah sih hahaha, tapi asal bisa pahamin pelan - pelan pasti ok kok. Karena Laoshi disana juga baik - baik akan selalu kasih jawaban kalau kamu bingung. Kalo aku sendiri pokoknya mandarin harus dalam jadi pondasi kuat, untuk mata pelajaran lain pelan - pelan di mengerti, jangan di hafal mati. Kalo udah ngerti lebih gampang belajarnya. 

Pasti berhasil kah sekolah di 僑中?

Depends. Gak mungkin kan 100 orang kesana, 100 orang sukses semua. Aku yakin di belahan dunia manapun gak ada yang kayak gini. Ini balik lagi ke anaknya masing - masing, ya kalo aku emang lancar mandarin setelah sekolah ke Taiwan karena aku emang suka mandarin dan udah ada sedikit dasar, juga keluarga aku masih chinese totok jadi papa masih bisa mandarin. 

Tapi gak menutup juga emang banyak yang ke Taiwan tapi mandarin gak lancar. Jadi balik lagi, bisa coba dipertimbangkan masing - masing ya. 

Bonus pas 校慶56週年 - sekarang udah berapa yaaa????

Kayaknya sekian dulu kalau ada sharing atau pertanyaan bisa leave comment down below atau ada request selanjutnya Mandarin O'clock keluar postingan topik apa :) 

No comments:

Post a Comment

Leave comment down below :)