Sunday, September 16, 2018

Anak Muda Butuh Bangun Karir Gak?

Apa yang ada di benak kalian kalo gue sebut Job vs Career? Kepikiran buku yang judulnya sama atau kepikiran kerjaan kalian sekarang? Dulu waktu masih SMA ada pelajaran yang namanya career plan, jadi kita disuruh bikin plan mau ngapain aja di masa depan, kuliah dimana, kerja apa berapa lama, terus pengen jadi apa cita - citanya.

Nah terus beberapa tahun kemudian yaitu sekarang, gue jadi lebih mendalami kalimat ini, mungkin juga karena udah melewati beberapa pengalaman - pengalaman ya jadi lebih ngerti apa yang dulu orang bilang.

Beberapa hari yang lalu tepat 2 tahun gue kerja di kantor gue sekarang. Kalo di flashback gue juga gak nyangka sih bisa ada dimana gue berada sekarang, kayaknya waktu itu gue belum kepikiran sejauh ini waktu masih awal - awal masuk kerja, then God speed, terus sampailah gue di hari ini. Walaupun melewati drama drama ala Korea dan ini itu tapi ternyata gue bisa mencapai hari ini juga. Wow, God is good.

Nah yang mau gue share kali ini bukan tentang drama apa yang terjadi dalam 2 tahun ini, bukan ya, tapi tentang gimana membangun career selagi muda. Tetep semangat menggapai cita - cita walaupun masih jauh dan konsisten sama mimpi.

Jadi apa bedanya Job dan Career? Okeh, namanya Job itu pekerjaan, apa pekerjaan kita sekarang, job itu gak bisa membawa kita gitu aja ke tingkat yang lebih lanjut, ke anak tangga selanjutnya, gak bisa, basically dia bisa untuk memenuhi kebutuhan aja.

Kalo career? Career itu butuh dibangun, namanya juga dibangun ya jadi kayak bangun anak tangga aja, dari anak tangga paling bawah yang dibangun, terus bikin anak tangga selanjutnya, selanjutnya, dan selanjutnya. Career itulah yang akan membawa kita ke tingkat yang lebih lanjut. 

Namanya juga naikin anak tangga ya, kalo orang tua disuruh naik tangga aja cape kan ya, makanya harus dicicil naik tangganya dari masih muda masih punya tenaga, jadi pas tua udah ada di tengah - tengah perjalanan tinggal lanjutin aja.

Perumpamaan ya, jangan baper kalo ternyata ngena, hehehhehe.

Job itu kan kerjanya akan gitu aja ya mau kerja 10 tahun juga, misalnya sebagai office boy, receptionist, secretary, yang kerjaannya rutinitas biasanya.

Tapi, kalo job itu dipakai secara benar bisa jadi salah satu anak tangga career, gimana ceritanya? Gue pernah ketemu office boy yang pagi kerja dan malam kuliah, jadi dia bisa kuliah itu karena penghasilan job dia. Hebat? Banget! Karena berarti dia gak mau ada di posisi itu terus dan dia lagi bangun tangga career dia, setelah kuliah dia punya pilihan lain buat career dia. Keren dan salut!

Nah yang namanya ber-karir itu buat mempersiapkan diri kita ke jenjang berikutnya. Jadi coba kamu pikir pekerjaan kamu sekarang lagi mempersiapkan kamu gak? Misalnya : kamu yang tadinya ga bisa berkomunikasi di kalangan umum belajar untuk komunikasi dengan fasih and you nailed it, next-nya kamu ternyata jadi representative sebuah perusahaan, coba pikirin waktu kamu di pekerjaan sebelumnya kalo kamu nolak buat belajar komunikasi gak akan ada kamu yang sekarang.

Ah itu kan kebetulan aja bisa begitu ceritanya.

Buat gue gak ada yang kebetulan, karena Tuhan udah bikin rencana hidup buat kita tergantung gimana kita sikapin dan denger suara-Nya.

Gue pribadi kurang setuju sama yang namanya job sementara asal gaji oke, misalnya kayak program WHV di Aussie, banyak banget anak muda mudi kesana ya kan, kerjanya 2 tahun sebagai apa? Bersih - bersih WC? Cabutin bulu domba?

Iyalah, kerja yang gampang aja yang penting gajinya banyak. Terus abis 2 tahun mau ngapain? Baru mau mulai karir? Emangnya perusahaan bakal anggap itu sebagai previous job yang meningkatkan skill dan nambah nilai? Nah jawab sendiri deh ya, hahahhaa. *gak maksud nyinggung loh ya

Duh, masih muda, gak usah yang rumit - rumit deh, sok dewasa banget, yang penting happy dulu aja. 

Ini kalimat yang sering gue denger, anak jaman now kayaknya susah ya kalo disuruh kerja, entah susah bangun, males diomelin, males ini males itu. Terus dong, pertanyaannya, kalo mau traveling duitnya minta ortu? kalo mau merit duitnya minta ortu, eh punya anak duitnya minta ortu juga, toh kan mobil udah ada di rumah, yaudah lah gak usah muluk - muluk.

WOW!

Kalo emang pemikirannya seperti itu, okay, kayaknya tulisan gue dibawah gak usah dilanjutin baca nanti malah nyesek, gak nanggung loh nyesek - nyesek cari makan enak ke mall trus minta reimburse. HAHAHA.

Karena gak ngerasain betapa susah dan cape-nya beli mobil, ngumpulin duit jalan - jalan, ngatur pengeluaran, semua itu gak akan dipikirkan ketika apa - apa minta duit ke orang. Dan percayalah pakai barang hasil keringat sendiri itu rasanya menyenangkan sekali. Bebas mau loe apain. Yang pasti kamu udah gak akan deh sekali hang-out dengan mudahnya ngeluarin duit 500rebu, sekali beli barang ngeluarin duit 2juta kalo udah bisa ngelola keuangan sendiri.

Abis susah nih cari kerjaan yang sesuai, gimana mau bangun career?

Sebenernya gak ada sih pekerjaan yang sesuai dengan apa yang kita mau, kalo mau sesuai ya ciptain aja sendiri. Makanya orang kalo nanya, belom dapet yang cocok ya? Bukannya belom dapet yang sesuai yang kamu mau ya?

Build your own career. 

Kalo ditanya sekarang aku kerjanya sesuai sama career yang aku mau? Nggak sih. Aku kerja full time tentang engineering, (terus dong kemarin ada yang bilang itu bukan kerjaan abang2 benerin mesin ya? HAHAHA), tapi aku suka banget sama design - design dan juga crew event, jadilah aku freelance jadi crew event, terus aku kan hobi design aku design buat blog, buat volunteer juga kalo mo pesen - pesen sekalian buat charity leave comment *lohkok, terus aku suka nulis dan ngomong sendiri sebenarnya jadi aku tetep luangin waktu buat blog ini. Eh gak ketinggalan, aku sukaaaa banget jalan - jalan, jadi aku pasti selalu selipin yang namanya travelling di setiap ada waktu senggang.

Dan sekarang masih pengen belajar banyak hal banget, jadi itu semua sebenarnya tentang time management aja ya guys, dan yang paling penting gak malas. Kalo udah malas, itu udah bunuh semuanya deh ya.

Saran penting lagi, kalau kamu emang berambisi untuk career kamu, work it smart & actively. Jangan pasif, maunya udah ah gue diem - diem aja biar aman, jangan sampai kena gue. Gue kerjanya gini aja udah jangan deh gue marah - marah. Inget ya, kayak murid aja di sekolah yang diinget cuman yang paling pinter berprestasi dan yang paling nakal, jadi jangan mau berada di tengah - tengah. Lagian marah asal pake etika itu wajar aja, istilahnya menegaskan, tapi bukan marah dengan keluar kebun binatang ya.

Inget loh, waktu terus berjalan, jadi jangan kalah cepat juga buat mulai bergerak membangun karir, sekejap mata udah 2 tahun, jangan sampai 2 tahun kedepan nyesel hari ini gak ambil tindakan apa - apa. :)

Hal lain yang gue sering denger juga : Jadi cewe mah jangan kerja terlalu keras, yang basic - basic aja. 

Nah loh, nanti yang saling menopang suami siapa tuh ya? Kalo udah umur 30 udah pada bisa beli rumah eh situ masih nge-kost jangan nyesel loh ya. Yang namanya kerja itu gak dibatasi mau seberapa dia berusaha, tapi terbatas buat dia yang nunda - nunda.

Kalo dikilas balik, gue jadi bersyukur dari kerjaan pertama gue sampe sekarang itu semua karena setiap pekerjaan kasih kesempatan buat belajar hal beda - beda yang baru yang kepake banget sampai saat ini.

Nulis ditemenin angin sepoi - sepoi sama matahari sore itu menyenangkan banget ya. Terus bahasnya tentang karir, agak berat sih ya, tapi kayaknya gue pengen nulis tentang karir & pekerjaan lebih banyak. Terutama, tips buat pendatang baru di dunia kerja, gimana cara cari kerja buat freshgraduate, tertarik gak?

No comments:

Post a Comment

Leave comment down below :)