Thursday, December 10, 2020

Mencoba Makanan Favorit Jokowi di Kota Kelahiran Presiden | Solo, Jawa Tengah - Indonesia

Sebenarnya udah dari lama aku pengen jalan - jalan ke Solo. Waktu itu pas jaman sebelum pandemic dan lagi cari - cari destinasi dekat yang lagi ada open trip, juga kata colleague-ku dulu yang pernah tinggal di Solo, disana banyak makanan enak dan juga murah - murah. Yang menarik lagi sih karena ini kan kota Sang Presiden Jokowi ya, jadi pengen aja gitu ngerasain kota yang masih jawa kuno hehehe

Okay, jadi kali ini aku ke Solo lagi - lagi karena urusan kerjaan, nah untuk Jakarta - Solo road trip di tengah pandemic, menurutku nyaman. Tapi aku agak bingung juga sih. Aku tulis terpisah ya, karena aku akan tulis post tentang road trip di tengah pandemic, kalau sebelumnya aku juga pernah tulis tentang naik pesawat di tengah pandemic.

Well, back to topic tentang Solo. Aku sampai di Solo itu sekitar jam 12 malam, karena berangkat dari Jakarta jam 3 sore ini udah termasuk mampir sana sini, kalau langsung direct sih mestinya 6-7 jam perjalanan bisa tiba ya. 

Di Solo aku stay di Alila Solo. Kesan aku buat Alila Solo : lega, bersih, nyaman, service memuaskan, breakfast beragam.

Okeh, aku suka banget sama Alila ini dan gengs aku pecahin gelas dong di WC hahaha. Aku gak ada foto kamarnya tapi yang jelas kamarnya itu nyaman banget, colokan listriknya ada dimana - mana, mejanya besar, dan yang terutama buat aku, jendela di kamar besar bangetttt matahari pagi bisa masuk begitu saja dengan indahnya. 

Oh iya, di kamar mandinya pun jendelanya besar banget dan ini satu - satunya foto yang aku punya di Alila. 

Pas mandi bingung kalo tutup horden gelap, kalo buka tar pada ngintip dong, eh gak dong ya kan ini lantai tinggi ceu hadehhhh

Kalau untuk breakfast, banyak macam-nya dan gak ngebosenin karena setiap hari menunya slightly different yang pasti yang enak itu nasigoreng ikan asin-nya. 

Lalu karena di Solo yang khas adalah jamu ya, di breakfast ini juga tersedia berbagai jenis jamu tradisional gitu, asikk banget kan. 

Pas beli mbak-nya bilang, ini jamu ya non bukan orange juice, hehehe, muka aku muka kota banget ya mbaknya takut kukira dia orange juice

Kalau untuk kuliner di Solo aku cuman rekomen Adem Ayem aja, karena mostly kita gak kulineran di Solo tapi ke kota lain, seperti di Sragen katanya yang terkenal itu Monica Bakery - dia bakery yang ada chinese food juga, terus katanya terkenalnya ice cream-nya, tapi kalau menurut aku ice cream-nya itu kasar dan B aja sih. Untuk chinese food-nya lumayan karena tempatnya juga lumayan bersih dan nyaman.

Ada cake ini di Monica Bakery hahaha

Kalau untuk Adem Ayem, gosh ini comfort food banget deh. Tempatnya gak ber-AC ya, tapi luas dan semi outdoor gitu. Disini kamu bisa makan dengan porsi kenyang dan harga terjangkau, yang aku rekomen adalah gudeg dengan ayam goreng kering, selat solo, es teh kerampul

Gudeg, ayam goreng kering, timlo - kalo menurutku yang gak suka timlo ini enak rasanya gak terlalu strong tapi bikin nagih 很順口

Es teh kerampul - ini jeruk peras pakai teh, enak banget sampai bikin aku minum 2 gelas dan mencoba sendiri di rumah hahahaha

Selat solo - nah ini yang aku pengen coba selama di Solo, sayangnya wortelnya agak keras kemarin tapi overall enakkk

Oh ya katanya Adem Ayem tuh makanan favoritenya Presiden Jokowi loh. 

Dan pas nulis ini aku googling baru tau kalo Adem Ayem itu ada di Jakarta juga hahaha, tapi aku belum pernah coba Adem Ayem di Jakarta gak tau rasanya sama atau gak. 

Oh ya kalau ke Solo oleh - oleh yang terkenal itu Toko Roti Orion - Mandarin cake. Nah aku gak tau nih kenapa dia terkenal banget dan rame banget. Mandarin cake itu kayak lapis surabaya cuman 2 lapis aja rasa spikoe. Nah kalo menurutku sih agak kering dan B aja ya, tapi mungkin yang suka akan suka banget secara rame banget. 

Pastinya aku akan balik lagi ke Solo untuk traveling I think karena belum cobain semua kulineran disana dan juga kayaknya seru untuk road trip Solo ke Banyuwangi ya. 

Kalo ada kuliner rekomendasi boleh leave comment down below :) 

See you on the next post ....

1 comment:

Leave comment down below :)