Saturday, August 1, 2020

Naik Pesawat di Tengah Pandemic

Ini flight pertama aku di 2020, as we know tahun ini tuh *special* banget, dari banjir sampai pandemic. Gimana situasi di tempat kalian, kalo aku sendiri di Jakarta masih banyak banget case dan aku dari awal pandemic tetep kerja ke office gak ngerasain WFH sama sekali.

Kali ini karena ada tuntutan kerjaan, aku harus flight ke Pulau Bangka. Pengalaman banget sih flight pertama ketika pandemic yang pasti prosedurnya jadi lebih ribet.

Ini aku coba share ya, dari pertama apa aja yang harus diperhatiin sebelum, selama, dan sesudah flight atau bepergian keluar kota selama pandemic gini.

Again, ini aku pergi karena ada tuntutan kerjaan yang gak bisa ditunda, kalau memang gak ada keperluan mendesak aku sendiri saranin gak usah dulu deh bepergian. Demi keamanan dan kesehatan kita juga :)

Sebelum flight 

1. Rapid Test
Jadi kamu perlu dapetin surat hasil rapid test untuk book tiket. Kemarin aku rapid test drive thru di Siloam Kebon Jeruk, harganya Rp. 149,000,- per orang. Gak lama sih, cuman beda sama bayangan aku, karena yang aku liat biasa di tusuk di ujung jari buat dapetin darahnya, eh ini diambil darah kayak kalo test lab gitu. Yang pake suntikan full.

Nah abis test nanti kurang lebih 2 jam, hasilnya dikirim lewat email, lalu hardcopy-nya harus ambil ke rumah sakit lagi karena ada cap rumah sakitnya, untuk nanti dibawa pas lewatin pos pos checking di bandara.

Sekedar informasi aja, aku pernah baca artikel kalo katanya rapid test itu lebih ke check apakah imun kita lagi bereaksi apa gak. Jadi kalo misalnya lagi sakit demam, imun kita bereaksi kan, rapid-nya bisa hasilnya reaktif. Nah kalo emang di rapid hasilnya reaktif, kudu di swab test untuk buktiin kalau corona atau hanya karena imun bereaksi jadi hasilnya reaktif.

Bersyukurnya aku tuh non-reaktif. Kenapa bersyukur banget, karena yang aku bilang sebelumnya, aku kerja full diluar rumah dari pertama pandemic. Kuncinya daya tahan tubuh harus kuat, rajin minum vitamin, dan jangan jorok.

2. Bawaan Pribadi Jadi Banyak
Biasa aku paling males kalo bepergian bawa banyak barang tapi kali ini gak boleh main - main hemmm. Aku bawa selimut tipis, kain bali (untuk tatakan bantal tidur di hotel), vitamin, tolak angin, sanitizer.

Ketika flight 

1. Sampai di bandara 2 jam lebih awal 
Di bandara akan ada test temperature terus di setiap pintu masuk, dan hal yang nyebelinnya ketika kamu kesusahan naikin koper gak ada yang bantuin, petugas cuman duduk aja. Contohnya ya kemarin pas aku mau lewat scanning barang, kan ada tray, cuman 1 tuh tray-nya dan kotor, lalu aku tanya ada tray lagi? Petugas yang cuman duduk dari tempatnya bilang emang kenapa, padahal samping dia ada tray juga. Males banget kan, aku banting langsung depan orangnya. *awasgalak*

Nah begitu sampai bandara, kamu harus verifikasi dulu surat keterangan hasil rapid yang ada cap rumah sakitnya di pos verifikasi. Kalo kemarin aku di Terminal 3, ada di antara Gate 6-7 kalo gak salah inget. Nanti petugas akan check dan cap baru bisa baggage drop.

Kalo gak di verifikasi, ketika baggage drop akan disuruh verifikasi dulu jadi antri ulang.


2. Selama di pesawat 
Nah selama di pesawat duduknya kosong tengah, jadi ada jarak antar orang


3. Tiba di bandara tujuan
Jadi kamu harus punya applikasi eHAC buat tracking kamu datang darimana dan tujuan kemana, jadi kalo nanti ada gejala setelah flight bisa di track reka perjalanan. Nah kemarin colleague aku ada yang iphone gak bisa ke download bisa pakai cara manual, minta form kosong pas di pesawat atau, pakai 1 handphone aja bisa untuk 5 orang sekaligus.

Waktu isi applikasi eHAC ini ada kolom seat number, kalo menurut petugas gak diisi juga gak apa, nah biar gak buru2 sebelum kamu flight begitu dapat boarding pass tau seat number langsung isi dulu. Nanti begitu sampai di bandara tujuan tinggal kasih liat QR code dan di scan petugas.

Setelah flight 

1. Selalu pakai masker & rajin minum air putih 
Selama dinas ini, aku tuh pergi pagi pulang malam, kebanyakan hidup di jalan dan luar outdoor gitu, dan aku biasain buat minum air putih terus. Sehari bisa habis 6L lebih Aqua *hahaha* Jadi kencing terus even sampai ke pelosok dan aku kebelet dong dan toilet-nya di sebelah kali pake asbes.

Dan yang pasti masker gak boleh lepas ketika diluar, kecuali makan.

2. Bersih - bersih begitu sampai hotel 
Biasa kalo bisa leha - leha dulu duduk - duduk di sofa, ini begitu sampai hotel harus langsung mandi dan keramas. Juga inget sepatu kita lepas, cuci kaki dulu baru pakai sendal hotel.

3. Vitamin & makan cukup
Gak boleh lapar dan vitamin jangan lupa. Kalo vitamin aku, Vitamin C & fish oil, terus tolak angin kalau lagi gak enak badan.

Nah kalo udah pulang ke tempat asal, aku tetap konsumsi vitamin terus, makan buah, dan minum madu.

Pasir Padi, Bangka
Walaupun kali ini aku ke Bangka buat kerja dan schedule tight banget, tapi aku sempet foto-in hal - hal menarik disana dan actually aku suka sih sama suasana di Bangka, terutama ke pelosoknya, roadtrip 250km dan sampai kebelet harus ke toilet di pinggir kali yang cuman pakai asbes aja. 

Sekian dan pengen cepetan selesai pandemic ini biar bisa jalan - jalan, ternyata di Bangka tuh bagus tempatnya, simple life :)

4 comments:

  1. Hai Chelsie, degdeguan yah kudu dinas pas masa-masa pandemi gitu. Untung perjalanannya lancar dan kamu sehat-sehat ya. Btw, aplikasi eHAC ini milik GA? Atau Angkasa Pura? Ini wajib di all flight ya?

    Salam kenal ya, saya Justin :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Justin, salam kenal juga :) Aku gak gitu jelas sih eHAC itu milik siapa yang pasti semua flight harus pakai ini buat tracking penumpang jadi kalau misalnya ternyata after berapa hari reaktif, bisa di reka ulang siapa aja yang ada di flight itu gitu sih penjelasannya yang aku tau.

      Delete
  2. kalau untuk urusan kerjaan yang nggak bisa ditunda, mau nggak mau ditengah kondisi saat ini harus dijalankan. ya tetep itu tadi, jaga kesehatan diri semampunya, pokoknya kudu rajin minum vitamin, air putih, apalagi kalo kerjaan sering berada diluar ruangan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betullll. Dan aku bersyukurnya kerjaannya lebih banyak di luar ruangan secara kalau di indoor dan ber-AC lebih tinggi lagi resikonya.

      Delete

Leave comment down below :)