Saturday, December 12, 2020

Sekolah Apa di Taiwan | Eps. College - University

Mari kita lanjutkan pembahasan dari sebelumnya post sebelumnya Sekolah Apa di Taiwan | Eps. High School, sekarang aku lanjut bahas aku kuliah apa di Taiwan. Anw aku pikir aku udah selesaiin tulisan ini dan ternyata belom, apologize kalo jedanya lama dari episode SMA ya. HAHAHA

Oke jadi di semester awal SMA 3 itu waktunya buat mikirin tentang perkuliahan. Kalau di Taiwan semester 1 dimulai September - Januari lalu semester 2 dari February sampai June. Nah mostly untuk pendaftaran sekolah ke luar negeri dari Indonesia itu batasnya sampai February, jadi di semester 1 biasanya udah prepare untuk pendaftaran ke univ tujuan. 

Nah kenapa aku paparin di atas schedule pendaftaran sekolah ke luar negeri dari Indonesia, jadi gini :

  1. Sistem pendaftaran kuliah di Taiwan itu calon murid yang akan isi wishlist 填志願 mau masuk univ mana jurusan apa, nanti univ tersebut yang akan pilih murid berdasarkan urutan ujian negara, jadi ujian ini serentak satu Taiwan (ada 2 jenis ujian negara 統測 untuk SMK dan 學測 untuk SMA - bedanya kalau SMK akan masuk ke technology university & SMA akan masuk univ biasa)
  2. Untuk overseas nilai ujian negara itu akan ditambahin bonus berapa % (angka pastinya aku lupa), tapi cuman 1x kesempatan jadi kalau kamu SMP di Taiwan dan udah pakai untuk ujian negara masuk SMA, dari SMA ke univ gak bisa pakai lagi
  3. Lalu kalau nilai ujian negara kamu gak memuaskan atau kamu mau jalur college lagi, bisa masuk lagi ke 僑大 itu kayak college persiapan sebelum kuliah. Jadi kalau overseas dari luar baru datang Taiwan akan masuk ke 僑大 dulu sistemnya sih kayak 語文班 (*baca tentang 語文班 di episode high school
  4. Oh iya ujian negara ini bahan ujiannya sama baik untuk overseas maupun local ya, namanya aja ujian negara gitu hehehe

Nah dengan 4 point di atas, kalau aku mau lanjut kuliah di Taiwan aku harus ikutin point 1 dan aku gak yakin karena saingannya adalah murid local dan aku gak mau point 3 karena aku itungannya udah telat 1 tahun pas awal datang Taiwan masuk 語文班 jadi aku mau pindah aja daftar sekolah ke negara lain, nah untuk daftar sekolah ke negara lain itu bisa dilakukan dari negara asal. 

Baik, sampai disini jadi singkat cerita ternyata ada banyak jalan menuju Roma juga ada jalan yang aku gak tau yaitu dengan cara 繁星計劃 oke, cerita lengkapnya drama aku yang detail bisa baca di : Sepenggal Kisah Tentang Hadiah Yang Besar

Lebih baik masuk 科技大學 technology univ atau 一般大學 univ biasa?

Technology univ itu akan lanjutin pelajaran dari SMK bukan di ulang jelasin dari awal jadi kenapa yang masuk lulusan SMK karena dia ngajarnya lanjut. Kalau univ biasa kan pasti akan dijelasin dari awal karena pas SMA belum penjuruan secara specific selain 一二三類組. Jadi kalau kamu bukan lulusan jurusannya dari SMK lebih baik yang univ biasa aja. 

Kalau kamu di bidang sejenis science yang butuh theory banyak ya harus masuk univ biasa lebih tepat.

Apa perbedaan significant technology univ & univ biasa?

Technology univ lebih ke praktek. Jadi lecturer kamu itu orang - orang yang memang di bidangnya, lalu akan banyak kunjungan praktek, studi praktek, internship. Kayak aku dulu di pelajaran forwarder speakernya adalah pengusaha forwarder sendiri, di pelajaran design & advertising speakernya juga produser advertising. Kalau univ biasa lebih banyak ke theory dan kuat di theory.

Dulu kuliah apa di Taiwan?

Aku kuliah jurusan International Business 國際商務 as major dan Digital Multimedia Design 數位多媒體設計 as minor, so yes I learn 2 degree at the same time di China University of Technology - Taipei School 中國科技大學 - 台北校區

Overseas student kelasnya barengan sama local student gak?

Kalau kasus di aku di jurusan aku angkatan aku, aku adalah the only overseas :) Whole univ aku overseasnya bisa diitung jari gak sampai 10 deh. Jadi aku dulu kelasnya barengan sama local dan mereka yang aneh kayaknya kok tiba - tiba ada anak overseas yang masuk, hehehe.

Ada juga yang kelas international di beberapa kampus yang emang pusatnya buat overseas, jadi buku materinya dalam bahasa inggris tapi tetep aja lecturer akan ngajar dalam mandarin nah untuk kasus seperti ini classmate-nya pasti dikit banyak overseas juga.

Berapa lama masa kuliah di Taiwan pada umumnya?

Lama kuliahnya sama aja mostly 4 tahun untuk S1. Kalau aku dulu sistemnya 3 tahun full sekolah 1 tahun internship - technology university 

Bagaimana dengan sistem kuliah di Taiwan?

Ini aku jawab dengan pengalaman aku di technology university ya. Semester pertama full materi padat, semester kedua mulai kejar liscense, semester ke-3 sampai ke-6 praktek, studi visit, liscense pol - polan, semester ke-7 & ke-8 sisa 5% materi dan 95% internship. 

Kenapa gitu di semester ke-7 & ke-8 alias tahun terakhir? Jadi kalau kamu udah selesai semua SKS dan persyaratan lulus di tahun ketiga, maka di tahun terakhir itu cuman ada 4 SKS wajib yang harus diambil jadi 1 minggu ada setengah hari yang kamu harus di kampus selain sisanya internship.

Ada skripsi gak kuliah di Taiwan?

Di Taiwan kuliahnya gak ada skripsi tapi ada yang namanya 畢業專題 Graduation Project yang akan dibuat per kelompok, sejenis skripsi tapi berkelompok gitu buatnya.

Syarat kelulusan kuliah di Taiwan apa aja?

Taiwan itu negara yang lumayan jelas dari segi aturan jadi kamu cukup memahami aja untuk lulus harus ambil berapa SKS harus ikut peraturan apa aja. Kalau case aku dulu, selain semua SKS yang udah dia list, harus get liscense yang dia list juga (yang berhubungan sama jurusan kita) lalu ada program dan event yang harus diikutin. 

Dari tadi ngomongin liscense itu apa sih?

Liscense itu kalau di Taiwan namanya 證照 jadi sejenis certificate gitu. Karena di Taiwan segala jenis skill harus certified, gak bisa cuman bilang bisa skill ABCD. Nah untuk dapetin liscense itu harus ikut ujiannya dan lulus, nah untuk ikut ujiannya ada beberapa yang mewajibkan keterangan kalau udah ikut kelas bersangkutan. Untuk kehidupan di Taiwan, 證照 itu penting apalagi murid dari univ technology. Nah gitu deh kira - kira gambaran tentang apa itu liscense. 

Salah satu liscenseku pada jamannya - saking banyaknya liscense pada saat itu sekarang pas beresin jadi inget lagi cerita behind the scenenya, apa aku tulis aja 1 postingan tentang cerita seru dibalik liscense ya hahahaha

Berapa tuition fee kuliah di Taiwan?

Kalau ini tergantung kamu masuk univ negeri 國立 atau swasta 私立, kalau negeri lebih murah sekitar NTD 25-30k per semester kalau swasta bisa NTD 50-60k per semester. Nah kalau case aku kemarin karena aku scholarship jadi setiap semester cukup bayar NTD 25k untuk 2 degree tersebut.

Kuliah di Taiwan ada dorm atau harus kost sendiri?

Case aku gak ada dorm karena ini univ untuk local, tapi kalau univ yang emang buka jalur untuk overseas pasti ada dorm.

Tips kalau kamu mau kuliah di Taiwan :

  1. Ambil kuliahan yang bukan buat overseas alias local campus karena disana mandarin kamu akan terlatih dan belajar banyak perbedaan budaya 
  2. Aku sendiri lebih prefer untuk technology univ karena bisa belajar banyak langsung dari sumbernya 
  3. Ikutin semua event & speech apa aja semua ikutin karena itu pengalaman yang berharga
  4. Gak perlu part time untuk kerjaan yang gak bisa kamu masukin ke experience di resume kamu, tapi ganti dengan ikutin lomba dari sekolah dan segala event yang ada 
  5. Learn what you love & fight for it, kalau aku dengan cara ambil 2 degree itu 
So good luck and see you! 

1 comment:

  1. Aku gak kuliah kak jadi paham dikit" aja tentang kuliah jadi nyimak aja deh hehe

    ReplyDelete

Leave comment down below :)