Thursday, January 21, 2021

Road Trip di Tengah Pandemic

Mungkin Tuhan mendengarkan doa aku dan sedang mewujudkannya salah satunya adalah doa aku pengen bisa road trip terus. Dan aku yang tadinya udah sedih 2020 gak akan bisa kemana - mana eh ternyata di 2020 ini aku malah ngerasain pengalaman road trip di Pulau Jawa & lintas Sumatera dan voila aku jadi ngerasain rasanya road trip di tengah pandemic. 

Aku tau karena pandemic dan gak bisa keluar negeri jadi wisata local itu naik daun banget, tapi kalau buat aku pribadi kalau gak penting - penting amat lebih baik masih tetap menghindari kerumunan, bener - bener cari tempat yang sepi dan outdoor. Anyway ini aku road trip karena ada urusan kerjaan, jadi mau gak mau. 

Aku sharing beberapa pengalaman & tips ya siapa tau kalian juga ada yang di kondisi aku yang harus bepergian.

Kali ini aku road trip terjauh ke Solo dan Palembang

Trip aku ini pas masa pandemic yang udah agak longgar tapi yang lucunya adalah kalau lintas kota gini gak perlu rapid or test, jadi ya lewat tol biasa aja gitu. 

Nah untuk ke Solo dari Jakarta itu tolnya udah nyaman banget. Tinggal lurus aja, lalu untuk rest area-nya pun juga nyaman dan lengkap, berbagai makanan, toilet, semua ada. 


Aku jadi pengen road trip sampai ke Banyuwangi nih abis ini, hehehehe. 

Oh yang bikin bingung adalah karena google map gak berfungsi di daerah Semar Joglo entah kenapa kita salah terus tiap ikutin direction google map terlebih keluar masuk tol yang daerah Semarang itu kan jadi salah - salah. 

Lalu untuk road trip lintas pulau pertama aku adalah road trip ke Sumbagsel. Nah kalau lintas pulau gini ada ferry yang bisa masuk mobil. Harga per mobil buat nyebrang flat IDR +-550k, jadi kalau menurutku worth-it karena di Sumatera itu gak convenience kalau gak nyetir sendiri, soalnya dari Lampung bisa lanjut ke Palembang, Jambi, dan seterusnya. 


Kalau menurut aku road trip itu yang penting adalah road-trip-mate kamu, karena perjalanan panjang gini harus kompak dan juga keeping on good mood. Nah kalau kendaraan menurutku gak perlu SUV pun gak masalah sih, kecuali ada mampir ke area Baturaja gitu yang gak bisa lewat jalan tol, nah itu jalanannya emang rusak - rusak jadi SUV akan lebih nyaman. 

Baca juga : Perjalanan Road Trip di Lampung - Palembang

Berbeda sama road trip di Jawa yang banyak rest area, kalau di Sumbagsel ini rest area-nya kurang memadai, kita pernah mampir ke rest area yang toiletnya gak bisa digunakan, lalu yang ditutup, yang masuknya dari pintu keluar, bahaya banget gak. 

Baca juga : Jawa Sumatera Lintas Darat

Jadi kalau road trip di Sumbagsel itu lebih baik bawa persediaan air minum yang banyak langsung 1 dus taro di mobil terus banyakin cemilan. 

Kalau kamu suka road trip kamu akan suka perjalanan Sumbagsel yang berlika liku dan jalanan khas daerah banget jadi berasa adventurenya. 

Well, overall aku jadi interest untuk plan road trip di Indo ya, kayaknya seru dan menyenangkan :) 


3 comments:

  1. Wah seru kali kak, jadi kangen lama gak read trip hehe

    ReplyDelete
  2. Mbak Chelsie 你好!
    Salam kenal mbak 😊

    Pertama kalinya ke blog mbak Chelsie
    What a coincidence, kita sama-sama lulusan dari negeri Formosa dan maniak traveling haha. Padahal dulu aku sering banget muterin Taiwan, tapi sayangnya kita belum kenal satu lain lewat blogging.

    Wah seru banget ya mbak bisa jalan-jalan naik mobil dari pulau Jawa ke pulau Sumatra traveling. Bisa ngebayangin serunya kayak gimana, apalagi sudah ada jalan tol yang mulus ya dari Solo ke Jakarta!
    Happy travels mbak Chelsie.
    Ps. Baca post-post tentang Taiwan, aku jadi kangen banget ingin kembali :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hiii Aqmarina,
      Wah salam kenal juga and thank you for visiting. Taiwan emang ngangenin banget - always in my heart <3

      Semoga sehat selalu ya :)

      Delete

Leave comment down below :)