Monday, March 4, 2019

First Impression Traveling to Kuala Lumpur | Malaysia

Walaupun Kuala Lumpur tuh udah lumrah banget didatengin, tapi percayalah ini pertama kalinya aku ke KL. Dari dulu ke Malaysia belum pernah ke KL seriously. Jadi kali ini aku mau sharing pengalaman aku sebagai traveller yang pertama kali ke KL.

Berlanjut dari post sebelumnya jadi aku ke KL dari Penang by train. Nah karena menurut searching juga dengerin cerita dari teman - teman yang udah sering kesana kayaknya gak sulit buat explore di KL. 

Gimana transport di KL?
Untuk public transport ada bus, MRT, kereta. Juga ada Grab, ya iya lah ya secara asalnya Grab dari Malaysia. 

Tapi don't expect too much about transportation in KL. Walaupun Grab asalnya dari Malaysia, tapi aku berasa nunggu Grab disana jauh lebih lama ketimbang di Jakarta, padahal aku di pusat kota. Ini juga berlaku pas aku di Penang. Padahal kalo di map 6 minutes tapi lama banget datangnya. Mungkin karena sistem jalanan sana banyak yang satu arah jadi dia muter - muter dulu kali ya. 

Nah selain Grab yang aku coba tuh MRT & kereta. Bagaimana dengan kedua ini? Beberapa pengalaman aku yang bikin aku speechless sih. 

Umumnya kalo kalian ke negara - negara yang ada MRT kayak Taiwan, Singapore, HK dan sejenisnya, gambar diatas tuh peta MRT-nya. Tapi kalo di Malaysia ini sebutannya train. Kenapa? Karena ini setiap route beda - beda sistem armadanya, liat deh ada yang KTM (Kereta Tanah Malaysia), rapid KL, MRT, KLIA. Yang bikin bingung walaupun dia berdekatan tapi beda route (beda warna route) beda juga nama station dan lokasinya.



Misalnya kemarin aku dari hotel yang terdekat MRT Pasar Seni (Line Hijau 9) tapi untuk ke KL Sentral bisanya line merah dan biru. Nah pas aku tanya ke information centre Pasar Seni, jadi aku mesti naiknya yang line merah or biru, which is Line 5 yang terdekat kan. Line 5 tuh LRT walaupun di peta-nya dia nyambung digabung gitu tapi kenyataannya stasiunnya 2 gedung berbeda dan masih kurang pengarahan juga convenience-nya untuk pindah - pindah line.

Jadi kemarin aku dari hotel tujuan ke Batu Caves (Line Biru 1), aku harus :

  • Beli token koin di LRT Pasar Seni tujuan KL Sentral, sampai di KL Sentral keluar dari LRT 
  • Beli tiket di loker KTM untuk ke Batu Caves 
Padahal kalo kayak di Taiwan, semua line yang beda warna bisa saling sambung menyambung, jadi beli tiketnya cukup 1x aja sampai ke stasiun tujuan baru keluar kalo ini harus keluar masuk stasiun yang beda - beda warna line. Mirip sama yang di Thailand juga beda sistem harus keluar masuk beli token. 

Nah kalo KTM gak kayak MRT/LRT, ada schedule-nya. Tapi kemarin 2x aku naik KTM pulang pergi Batu Caves keduanya delay, yang satu sekitar 15 menit, yang satu hampir 30 menit. Gak ngerti lagi. Padahal udah ada jadwalnya. Jadi rangkaian kereta-nya diam aja di stasiun dan gak jalan - jalan sampai dia pengen jalan kali ya. 

Suasana di stasiun LRT yang udah kayak ikan asin
Jadi buat aku kalau mau lebih nyaman lebih baik naik Grab untuk jarak yang lebih dekat. Lagian kalo ada 2 orang atau lebih di 1 Grab malah lebih murah dibanding naik public transport. Ini juga yang mungkin meskipun di Malaysia udah banyak armada public transport tapi masih tetap macet karena kurang convenience public transportnya jadi masih banyak yang nyetir sendiri.

Contoh lain kemarin pas balik ke KLIA aku mau naik KLIA Express fare-nya RM 55 untuk adult ticket terus aku coba Grab yang ternyata cuman RM 65 dari Petaling Street ke KLIA. Coba deh ada 2 orang aja udah lebih murah, even kalau untuk 1 orang pun lebih consider naik Grab karena masih butuh waktu dan tenaga ke KL Sentral buat naik KLIA Express. Jadi menurutku sistem transport di KL masih kurang bisa mengurangi kepadatan jalanan karena fare-nya juga gak lebih menguntungkan ketimbang mobil pribadi. 

Bagaimana tentang accomodation di KL?
Kalau untuk penginapan di KL menurutku lumayan variatif dan budget friendly. Mulai dari hotel yang murah, yang mahal, capsule hotel, boutique hotel semua ada.

Yang perlu diingat di setiap hotel di Malaysia diberlakukan tourism tax yaitu RM 10 per kamar per malam dibayarkan langsung ke pihak hotel.

Kalau dari yang aku tinggal selama di Malaysia, gak ada slippers di dalam kamar dan sikat gigi plus odol-nya gak complete. Gak tau hanya kebetulan aja atau memang seperti itu.

Kemarin aku tinggal di Lantern Hotel, baca review disini ya.

Jalan - jalan kemana kalau di KL?
Di KL sendiri kebanyakan shopping mall. Berbagai jenis shopping mall ada dimana - mana yang menurutku isinya sama aja gak beda jauh lagipula aku bukan anak mall. Kalau jenis night market ada Petaling Street yang isinya banyak barang murah dan jajanan makanan juga Bukit Bintang.

Kalo untuk Bukit Bintang aku gak terlalu recommend sih secara makan disana mahal banget dan gak sampai enak nya bikin nagih juga. Kemarin aku pesan babi panggang kecap, sambal petai, dan terong harganya sekitar IDR 300k. Padahal waktu ke Kuching sambal petai yang enak banget itu cuman RM 4 bayangin.

Makanan yang mahal dan gak enak ini
Lihat deh sambal petai yang aku kangenin banget disini :(

Yang terkenal di KL biasanya pasti Twin Tower, yang kalo kata aku biasa aja sih sekelilingnya juga mall aja gak ada yang terlalu wow. Untuk kesini turunnya di station KLCC.

Panas boooo
Yang agak jauhan lagi bisa ke Batu Caves. 


Menurutku kesini gak usah ikut tour karena gampang tinggal naik KTM sampai Batu Caves, begitu keluar station langsung keliatan. Nah kalo mau ke Batu Caves ada schedule KTM-nya jadi bisa nanya dulu or googling, terus jangan lupa siapin segala alat tempur karena panas banget dan rame gitu.



Batu Caves sendiri tuh tempat ibadah orang Hindu jadi ada beberapa bagian yang kalau mau masuk harus lepas sepatu.


Oh iya terus kalo Batu Caves itu gak ada tiket masuk kok, FREE.

Nah kalau kalian punya waktu lebih menurutku lebih baik ke Malacca aja. Bisa PP sehari dari KL dan cakep - cakep spot photo disana. Tungguin post selanjutnya ya tentang Malacca :)