Sunday, March 18, 2018

Tips Liburan Hemat | Eps. Merencanakan Liburan

Wihh jalan - jalan lagi, banyak duit ya! Wah kemana lagi, duitnya banyak sih ya? Iyalah lw mah jalan - jalan mulu kan gajinya gede. 
Aminnnn gaji gede, banyak duit gak abis - abis 7 turunan yaahhh! Horeeeee!!!!!

Kalimat - kalimat yang sering gue denger tiap kali orang tau kalo gue lagi traveling lagi lagi dan lagi. Buat gue yang suka banget sama traveling, hmmm lebih tempatnya suka explore tempat baru sih, pastinya gue akan merencanakan liburan gue yang sesuai dengan kemampuan & budget.

Kalau budget itu pastinya ada hubungannya sama cara mengelola keuangan ya guys, gak semua orang yg gajinya tinggi pasti punya tabungan, dan gak semua orang yang upahnya minim gak bisa jalan - jalan atau enjoy hidup.

Kali ini gue mau share tips merencanakan liburan yang hemat dan menyenangkan sesuai pengalaman gue selama ini :)

1. Cek flight fare 
Kalau trip-nya membutuhkan tiket pesawat biasanya gue akan check fare-nya di beda - beda tanggal, misalnya trip 3 hari weekend, berangkat Jumat pulang Minggu atau berangkat Sabtu pulang Senin. Nah itu harganya bisa beda, biasanya yang berangkat Sabtu dan pulang Senin lebih murah dari yang Jumat. Juga jangan lupa check beda - beda maskapai dan beda web pemesanan. Karena biasanya di setiap web itu ada promo-nya masing - masing jadi coba di cek mana yang lebih sesuai sama kebutuhan lumayan kan dapat potongan.

Biasanya web yang gue suka pakai itu : tiket.com, traveloka, atau langsung ke official website maskapainya langsung. Buat bandingin harga dulu pas di Taiwan gue pake skyscanner, tapi kayaknya gak berlaku di Indo deh hehehe. Ada yang recommend web lain?

Kalau beli di agent tiket gitu, lebih jarang sih biasa soalnya berasa ribet lebih mudah beli sendiri bisa check terus perubahan harganya kalau tanya - tanya si agent mulu tar orangnya ngambek lagi, hehehehe

Oh ya, yang terpenting itu kalau lagi browsing nyalain private window di browser kalian biar gak ke detect IP nya karena sistem marketingnya kalau IP yang sama liatin product yang sama terus - terusan berkali - kali nanti harganya dia mainin, juga waktu kalian searching.

Note : Cara nyalain private window, klik kanan aja di logo browsernya terus ada pilihannya deh

Pernah searching pas siang jam kerja sama malam Jumat, harganya beda jauh. Biasanya harganya berubah seiring banyaknya orang yang ngincer product yang sama di hari itu.

Kalau beli online hati - hati juga, sebaiknya beli di website yang udah ternama biar terjamin jangan ke penjual online pribadi takutnya malah kena tipu kan ga asik pergi aja belum tapi udah kena tipu hehehehe.

2. Cek tempat tinggal 
Nah untuk tempat tinggal di tempat tujuan nantinya biasa gue sukanya stalking dulu di google lewat blog orang yang banyak di recommend yang mana, habis itu baru cari tau harganya.

Website yang gue suka untuk cari akomodasi online : traveloka, agoda, hotel.com, airyrooms, airbnb, atau official website-nya hotel itu tersendiri.

Nah sama ceritanya kayak beli tiket pesawat, harganya itu beda - beda di setiap website. Waktu di The Pod gue dapet harga murahnya malah di official website. Juga tentang kupon - kupon promo biasa gue cek juga website nya lagi ada promo apa.

Bisa juga kalian cek yang macam flight + hotel bisa jadi paketnya lebih murah. Karena kemarin pas ninap di airy gue belinya lewat flight + hotel paketnya di traveloka dan lebih murah ketimbang beli di airy sendiri.

Terus biasanya paketnya itu ada yang sama breakfast, kamar superior apalah itu. Biasanya sih gue liat dulu sarapannya apa kalau buffet gue tambah breakfast, kalau nggak ya mending cari makan sendiri aja explore jadi lebih murah lagi hotelnya.

Ini breakfast di Aston Yogya, kalau breakfastnya begini wajib bangetttt
Yang perlu diperhatikan juga kalau pilih hotel bukan hanya murahnya aja, tapi fasilitas dan aksesnya. Karena itu juga peran penting demi kenyamanan liburan.

Kalau lagi solo trip boleh coba capsule hotel karena nyaman dan lebih murah dibanding tinggal di hotel untuk 1 orang, juga backpacker hotel biasanya ada private room di dalamnya dengan harga lebih murah dibanding hotel biasa. Jadi coba disesuaikan dengan kebutuhan.

3. Siapkan rencana transport 
Kalau untuk transport di kota tujuan, gue sukanya public transport seperti MRT, shuttle bus, atau kalau di dalam kota Indonesia paling bener pake taxi online atau gojek online aja. Lebih simple dan nyaman juga sering dapat kode promo-nya.

View nungguin grab di Puncak! Biasanya nunggu di rumah atau lobby mall, ini langsung di gunung :)

Sambil nunggu buka jalan dan grabnya tiba, minum susu jahe dulu 

Waktu jalan - jalan ke Bogor misalnya 1 hari itu gue mengandalkan si Grab dan dapet promo terus jadi 1 hari itu gue gak keluar biaya untuk transport disana. Asyik bukan?

Kalau di luar negeri seperti Taiwan, Singapore, Malaysia, Hongkong dan kawan - kawannya biasanya akses untuk tourist lebih mudah lagi, akan ada shuttle bus dari point A ke B, terus ada land tour juga untuk ke tujuan yang lebih jauh nanti tinggal ikut aja land tour yang kamu suka dan ketemu di meeting point.

4. Perlengkapan lengkap dari rumah
Ini kebiasan gue kalo packing buat jalan - jalan biasanya gue lebih prefer untuk bawa peralatan lengkap dari rumah ketimbang cari - cari disana, karena pertama mahal dan kedua belum tentu cocok.

Misalnya baju renang, topi, kacamata hitam, tissue, plastik untuk baju bekas nanti, sandal jepit, dan kebutuhan obat pribadi.

Sendal jepit untuk segala kondisi, hujan, panas, terik

Karena kayaknya kalo gak ada mereka gue bisa was was dan langsung pengen beli tapi mungkin di tempat wisata harganya mahal dan belum tentu langsung ketemu nanti malah merusak plan jalan - jalan yang udah ke tempat wisata eh masih ke supermarket cari - cari.

5. Voucher & promo code
Ini yang gak kalah penting dan yang selama ini bikin gue bisa jalan - jalan, hehehe, anak diskonan. Voucher itu bisa di dapat dari event bank atau credit card, event si penyelenggara sendiri misalnya kemarin gue dapet voucher airy karena ikutan nulis post.

Karena nominalnya biasa lumayan bahkan bisa bikin kamu terbang gratis, ini perlu banget diperhatikan. Ikut lomba - lomba gitu juga not bad karena siapa tau dapet.

Yeayyy liburan lagiiii


Jadi intinya hemat itu bukan berarti semuanya pilih yang paling murah, namun pilih yang worth-it, yaitu yang sesuai dengan kebutuhan dan sebanding antara harga dan value yang di dapat, dengan begitu liburan senang budget terkendali.

Okeh, ini semua tips untuk menekan persiapan biaya liburan kamu. Episode selanjutnya kita coba share gimana cara menekan budget ketika travelling.

Episode On Trip, bagaimana biar pulang traveling masih bisa ada sisa budget untuk trip selanjutnya klik disini ya :)