Saturday, January 27, 2018

Kuliah tuh ngapain ya?

Setelah meninggalkan dunia sekolah, banyak yang nanya "guna gak sih kita kuliah, emang yang dulu kita pelajarin berguna buat kita?"

Dan setiap kali pertanyaan itu datang di hadapan gue, gue akan jawab : Buat gue sih guna !

Mungkin pertanyaan kayak gini suka jadi topik pembicaraan para mahasiswa baik yang  baru mulai perjalanan atau yang di tengah perjalanan juga yang akan mengakhiri statusnya sebagai mahasiswa. Let me share my experience! 

Ini cerita gue semasa kuliah. 
Gue kuliah di Taiwan, dapet beasiswa di jurusan International Business di technology university yang adalah mayoritas local student, overseas-nya bisa diitung pake jari yang percentage overseas-nya 0,..... sekian persen aja. Jadi bisa dibayangkan kehidupan gue di tengah - tengah orang local, bahkan di awal gue masuk mereka pikir gue orang Taiwan yang migrasi ke Indo dan balik Taiwan lagi jadi mereka shock kok gue bisa bahasa Indo, emang guys cerita apapun ada ketika menginjakan kaki di luar sana :) 



Waktu itu lagi breaktime ganti kelas dan berasa langit saat itu cerah banget 



Baca juga : Kisah lengkapnya awal mula gue bisa masuk univ ini disini 

Gue apply degree tambahan yaitu Digital Multimedia Design yang sebenernya banyak diragukan orang yang katanya gak akan kuat kalo harus ikutin kelas 2 jurusan karena selama ini belum ada yang begitu. Tapi karena gue orangnya kepo pengen coba - coba gue pun maju tanda tangan aplikasi dan jadilah hari - hari dimana gue dalam 1 hari bisa masuk kuliah jam 8 pagi - 10 malem karena pagi - siang kelas Business dan malemnya ikut kelas Design, well struggle terbesar saat - saat winter apalagi abis pulang jam 10 malem besokannya kelas jam 8 pagi lagi. But I'm thankful enough sama ke-nekad-an gue saat itu. 


Tips 1 : Jangan takut jalan sendiri buat mengejar suatu mimpi

Ini sering banget kejadian, biasanya kalo kuliah itu kelasnya selalu ganti - ganti jadi si A akan janjian sama si B biar pilih kelas yang sama biar nanti di kelas ada temennya nah kalo si B gak pilih, si A juga gak akan pilih. Guys, masa depan kalian itu di tangan kalian bukan di tangan teman. Kalau emang kalian suka sama kelas itu tapi gak kenal siapapun di dalamnya, belajarlah untuk kenalan sama temen baru karena nanti kerja juga kenalan sama orang baru terus kan, so this is the best practice! 
Toh ngumpul sama teman bisa setelah kuliah, bukan?


Tips 2 : Pay attention

Banyak banget ya yang kuliah absen physic tapi mind nya di tinggal entah kemana, main HP, ngobrol, atau tidur bahkan bisa punya kesibukan sendiri. Lucky me, univ gue sering banget undang speaker luar untuk speech atau speaker yang berhubungan tentang pelajaran untuk share pengalaman & knowledge dia ke para mahasiswa, dan ini GAK PERNAH GUE LEWATIN

Gue paling excited dengerin speech orang, kenapa? Karena setiap orang punya experience beda - beda yang bisa kita petik hikmahnya. Pengalaman dia yang baik bisa kita jadikan contoh untuk menjadikan diri kita yang lebih baik lagi, pengalaman yang buruk bisa kita taruh di hati biar kita gak lakuin kesalahan yang udah orang lain lakukan. 

Dan yang paling penting menurut gue, membuka pikiran kita lebih open-minded dan biasanya gue dapet inspirasi menghayal mimpi gue dari cerita mereka. Even, cara mereka speech pun bisa jadi pelajaran kita gimana nanti kalo gantian kita yang speech, dos & donts. 


Tips 3 : All about habit 

Berapa banyak sih pelajaran bulan lalu, semester lalu, tahun lalu yang bisa kalian ingat saat ini juga? Gue yakin cuman 0,0000sekian yang bisa jawab. Pelajaran itu bisa dilupakan begitu saja, tapi namanya kebiasaan itu akan ikut kita terus mau bertahun - tahun pun kalo udah kebiasaan sulit dilupakan. 

Selama kuliah gue cuman pernah absen 1x waktu sakit maag muntah - muntah selebihnya gue akan selalu berusaha ontime muncul di kelas biarpun kalo kelas pagi yang dateng hitungan jari only. Why?

Itu kebiasaan guys, karena saat masih jadi murid sebenernya yang dilatih bukan hanya knowledge tapi habit kita. Kalo sekolah aja telat terus susah loh pas kerja jadi karyawan yang ontime terus :)

Yang kecil tapi suka di sepelekan, kebiasaan nyontek! Nyontek jawaban ujian, nyontek report, nyontek apapun lah itu. Guys sekali lagi, habit itu bakalan ikut kita terus jadi lebih baik dibiasakan sesuatu yang baik segimana kita mau ngeliat diri kita di masa depan ya. 


Tips 4 : Priority

Usia mahasiswa itu emang lagi masa - masa produktif, energy kayak batre radio yang gak abis - abis. Pengen ini pengen itu. Pengen jalan - jalan, part-time, nonton seri, main, dan banyak lagi. Saking banyaknya bisa jadi lupa kalo status kita itu mahasiswa which is prioritas kita itu ada di kata KULIAH. 

Gue freelance selama kuliah, tapi gue akan say No kalo bentrok sama kuliah atau ada report or ujian saat itu. 


Tips 5 : Don't wasting time

Dengan double degree, most of mata kuliah gue di kedua jurusan itu gue selesaikan dalam kurun waktu 3 tahun. Iya, emang gak mudah, kuliah dari jam 8 pagi - 10 malem, report banyak, ujian banyak, nangis di perpus pun ada.

Cuman gue gak mau sia - siain waktu kuliah gue. Plan gue tahun ke-4 harus bisa internship walaupun itu gak wajib tapi gue berasa itu penting buat belajar suatu hal baru. 

Kata paling bahaya itu NANTI AJA, kalo udah muncul gak akan tau lagi kapan hal itu terselesaikan. Don't waste your time, selesaikan kuliah tepat waktu malah bisa bikin kita melakukan banyak hal yang kita impikan lebih awal :)


Tips 6 : Perkaya diri 

Waktu status kita masih jadi murid, gak akan ada yang marahin setiap kita pertanyakan sesuatu bakal ada yang kasih jawaban dan jelasin tapi waktu masuk dunia kerja gak akan ada yang mau kasih jawaban or jelasin ke-kepo-an kita, kita yang harus ngasih sesuatu ke kerjaan itu bukan kita yang menyerap sesuatu itu. 

Gue gak pernah nolak kalau diajak untuk ikut event diluar / didalam sekolah, visit atau apapun lah itu buat liat sesuatu yang gue gak pernah tau. Mengunjungi behind the scene Customs, Forwarder, Exhibition Office, dan sebagainya. Karena gak tahu kapan ada kesempatan bisa ngeliat / ngerti sesuatu itu yang gak dibuka untuk umum. I'm fully blessed. 



Behind the scene sebelum container naik kapal at Keelung Port


International exhibit competition, anw 4 of different nationality people, yeah



Kalimat yang gue suka dari dosen waktu baru awal masuk kuliah, dia bilang kuliah itu beda sama sekolah, kuliah kita yang nentuin arah kita, sekolah udah ada yang tentuin. Jadi kuliah kita hasil-nya kayak apa ya itulah yang mencerminkan gimana harapan kita tentang kuliah kita ini. 

Hasil itu gak pernah jauh dari target awal yang kita setting, jadi jangan anggap remeh perjalanan 4 tahun kuliah, something beautiful is yet to come.