Saturday, September 21, 2024

Unintentional 2 Hours in Xiamen by Xiamen Airlines

Tulisan kali ini mau cerita dan rekomen pengalaman aku tentang Xiamen, kota & airlines-nya. Gak lain gak bukan pengalaman aku kali ini tentu saja berkat Tibet trip kemarin, aku ada singgung tentang flight-nya secara garis besar di post sebelumnya, baca disini.

Di post ini aku mau share secara detail tentang pengalaman-ku beserta ketika di kota Xiamen. 

Dimulai dari cari tiket untuk ke Tibet dan ketemulah tiket Kuala Lumpur - Chong Qing - Lhasa yang nyampe di Chong Qing udah malem jam 10-an lalu flight ke Lhasa besok pagi-nya jam 8an. Well ini murce sekitar IDR 2juta aja saat itu ketemu. Book lah.

Disini mulai kenal sama Xiamen Airlines karena muncul paling banyak jadwal-nya tapi semuanya mostly transit di Xiamen, dan karena tiket pertama-ku ini transit-nya Chong Qing jadi gak terlalu gubris si Xiamen. Well, sampailah tiket di cancel sekitar 2 minggu-an sebelum flight, panik dong, dapet email dari agoda & Xiamen Airlines itself. Dibilang bisa ganti tiket atau di cancel. 

Contact agoda tuh agak - agak ya, kek cuman bisa di telpon atau lewat email while di email pun slowres, kalo contact customer service-nya malah ke robot mulu. Malesin. 

Lalu coba balas email yang dari Xiamen Airlines, eh dibales cepet loh fast response even masih kekeh kenapa ada aggregator tiket lainnya yang masih ada flight-ku yang di cancel, tetep di bales, itu flight beneran udah cancel kalo masih liat berarti belum di take down aggregator aja. 

Lalu ditanya untuk refund dibales cepet juga kalau bisa refund 100% dan langsung diurus. Singkat cerita balik lah 100% refund. 

Nah padahal udah bete kan main cancel aja tapi pas cari flight lagi ke Chong Qing tetep ketemu-nya Xiamen Airlines yang murce, Jakarta - Xiamen (sampe jam 1 siang flight lagi jam 10 malem) - Chong Qing seharga +- IDR 3,2 juta. Disini mulai searching tentang Xiamen. 

Jadi ternyata, kalau beli tiket Xiamen Airlines dan transit di Xiamen : 

  1. Kalau waktu transit-nya lewat hari misalnya sampai di Xiamen tanggal 1 Feb 10 malam, flight lanjutannya 2 Feb 5 pagi —> lewat hari yang tanggal-nya beda gini akan dapat free hotel 1 malam kalau economy 1 kamar berdua atau bisa juga sendiri kamar single, gak bisa milih hotelnya akan di arrange di bandara Xiamen, tapi kalo aku baca keknya pergi-nya ada shuttle balik airport taxi sendiri ya
  2. Kalau waktu transit lebih dari 6 jam tapi di hari yang sama bisa pakai lounge-nya 

Mayan banget kan buat explore Xiamen, anyway Xiamen itu kecil dan terdiri dari 2 pulau kayak gambar di bawah ini. Terkenal dengan pantai, seafood, dan Xiamen University. Disini banyak mengeluarkan 华侨aka overseas chinese, ada yang 祖籍dari sini? hehe

Lanjut ke cerita flight aku, well, pas sampe di Xiamen belum turun pesawat udah di panggil pake toa untuk seat 32C langsung cari petugas ground. Oke ada apa nih? Dan ternyata flight aku ke Chong Qing malam itu di cancel astaganaga, tapi dia kasi solusi : 1 terbang sekarang juga jam 2.30 siang itu (nyampe nya udah jam 2) atau sore nanti jam 4. 

Lalu di info lagi eh yang jam 4 di cancel juga, sekarang dia bisa gantiin ke jam 2.30 tapi bagasi aku tuh udah yang transit jadinya dari Jakarta mestinya gak ambil bagasi langsung sampe Chong Qing, oke disuruh keluar dulu cari mbak yang ngurus bagasi dan dia cariin sampe tukeran WeChat karena dia urus itu bagasi dan aku disuruh ambil tiket baru di departure area, dan flight 2.30 delay jadi aku masuk kek udah 2.45 tapi masih keburu dan aku adalah seat terakhir haha. Thanks God keren ya penyertaan Tuhan. 

Cuman beberapa jam singkat di Xiamen yang lagi ujan juga ini, aku baru tau kalau di China flight di cancel pasti akan di gantikan oleh maskapai tersebut. 

Yang realize selama di Xiamen adalah mereka sebut 0 bukan 零 or 空 tapi 洞 haha. 


Walaupun pengalaman kali ini dengan Xiamen Airlines gak menyenangkan amet tapi hebat loh dengan crisis ini dia masih bisa bikin aku gak bete dan smooth di bantu-nya dan bisa bikin aku gak trauma malah rekomen untuk take Xiamen Airlines lagi. Gitu deh ceritaku di 廈門高崎機場。

No comments:

Post a Comment

Leave comment down below :)