Saturday, September 7, 2024

Ternyata Depok Negara Sendiri dan Punya Presiden

Ini dia cerita walking tour yang ke-9 bersama @jktgoodguide dengan route Depok Lama yang akhirnya finally syukurlah kesampean setelah drama 5x gak jadi. Keknya kek adaaaa aja tiap kali mau rute Depok. 

Baca Juga : Route ke-8 Walking Tour di Sunda Kelapa

Pertama gegara schedule gak cocok pas ada route Depok lagi gak bisa, yang ke-2 gak dapet slot, ke-3 karena ujan, ke-4 kemaren gegara drama AC nungguin abang di rumah jadilah ini yang ke-5. Wahahaha. Kemarin denger igstory orang yang dulu kerja sama konglomerat lalu di tanya apa arti kebahagian? Bahagia itu ketika kita inget proses-nya gak mudah tapi berarti dan bisa dapetin yang kita inginkan. Nah mungkin ini berlaku sama route Depok gue kali ini, kek berasa : akhirnya ke Depok juga ….

Dimulai dari KRL Stasiun Depok Lama total 8ribu steps haha kebayang-kan route ini adalah yang distance paling panjang selama aku ikut walking tour-nya JGG dan juga yang durasi paling panjang, oh, juga jarak dari rumah-ku paling jauh haha. Udah bangun dari 5.30 pagi karena ngumpul di Depok jam 8.30 pagi, pagi - pagi Manggarai aja udah kek semut padahal hari Sabtu. 

Nah yuk mulai cerita Depok, tau gak asal usul nama Depok dari mana? 

  1. Depok itu dari deprok, ngedeprok, artinya duduk. Dulu ada sekumpulan Belanda yang singgah dalam perjalanan tapi pas di Depok mereka malah menetap karena suka sama tempat ini jadi di sebutnya singgah, nge-deprok, dan sekarang Depok. 
  2. Depok kepanjangan dari De Eereste Protestanse Organisatie van Kristenen, artinya organisasi Kristen pertama 

Bagaimana asal muasal Depok? Jadi penemu Depok nama-nya Cornelis Chastelein dia adalah seorang saudagar Belanda yang empunya lahan Depok ini. Lalu dulu beliau membeli budak - budak pribumi yang dibeli Belanda, budak pribumi ini mostly dari Indonesia Timur dan daerah Bali. Makanya ada sebutan Belanda Depok berarti orang pribumi di Depok yang ngerti bahasa Belanda yaitu menuju pada budak - budak ini. 

Nah di Depok itu ada 12 marga Depok yang diberikan untuk budak - budak ini, tapi sampai terakhir yang tersisa hanya 11 karena gak ada keturunan laki - laki maka marga-nya udah gak ada lagi. Marga-nya diberikan oleh Cornelis Chastelein dari nama - nama alkitab. 

Bacas, Isakh, Jonathans, Jacob, Joseph, Loen, Laurens, Leander, Tholense, Soedira, Samuel, dan Zadokh. 

Yang udah gak ada karena gak ada keturunan yang Zadokh. Mostly penduduk di Depok ini adalah Belanda dan pribumi yang di datangkan itu dan orang Chinese dulu dilarang tinggal di Depok makanya ada Pondok Cina deket Depok itu dimana orang Chinese tinggal. 

Berhubung mostly adalah Kristen tapi gereja terdekat ada di Senen bagian Waltrevreden mereka harus menyusuri Sungai Ciliwung tiap kali ke gereja, makanya akhirnya di Depok dibangunlah gereja sehingga sekarang banyak banget gereja di Depok yang bisa sebelahan aja, depan - depanan, atau dalam 1 gang bisa banyak gereja berderet. Jadi katanya kalo dateng ke Depok hari Minggu macet karena gereja semua berdempetan haha. 

Gereja tertua di Depok, GPIB

Katanya dulu bangunan asli kena gempa jadi pas dipugar masing - masing pintu ada nama 12 marga yang udah jadi 11 marga itu jadi lebih berasa Depok-nya



Nah tau gak kalau Depok itu dulu negara sendiri? Jadi even after 1945 ketika Indonesia udah merdeka, Depok itu negara sendiri yang gak bersatu sama Indonesia dan punya presiden sendiri. Presiden pertama Depok adalah Gerrit Jonathans yang dipilih demokrasi oleh warga Depok. 

Nah karena setelah Indo merdeka si Depok masih kekeh negara sendiri akhirnya warga Indo marah karena gak mau ada bau - bau Belanda lagi di tanah Indo dan maunya Depok masuk jadi bagian Indo, disinilah mulai peristiwa Gedoran Depok yaitu menutup seluruh akses Depok mulai Oktober 1945 dan berakhir di 1952 dengan presiden Depok ke-5 yaitu JM Jonathans lalu Depok bergabung menjadi bagian Indonesia

Nah si bapak ini adalah cucu dari presiden ke-5 Depok dan ini rumahnya masih bangunan asli cuman pas tahun 70-an rombak atap-nya aja tapi sisanya masih asli semua





Ini adalah ruangan buat yang bertamu bisa ninep karena dulu dari Batavia ke Depok bisa 6 jam dengan kuda jadi kalau kemaleman karena takut begal di jalan mereka ninep disini

Ini adalah bekas rumahnya Cornelis, nah di tengah yg monumen putih itu adalah monumen mengingat 200 tahun meninggalnya si Cornelis tapi ini replika karena yang asli udah hancur pas Peristiwa Gedoran Depok karena semua yang ada hubungannya sama Belanda di lenyap kan —- gedung ini sempat di sewa jadi RS Harapan tapi sekarang udah ngga dah masih bangunan asli ya

Ketika Cornelis Chastelin beli Depok seharga 2,6 juta rupiah sebenernya Depok itu gak ada hubungannya sama pemerintah Belanda, purely milik si Cornelis tapi karena dia orang Belanda jadi di anggap ada hubungan. 

Sebenernya Cornelis lumayan berjasa terutama untuk para budak yang dia hire, jadi di wasiat-nya dia ada tulis agar tanah yang dia punya dan ternak di bagikan ke para budak biar mereka bisa hidup layak. Baik banget kan. 

Yang masih bekas sejarah tersisa disini ada Kantor Pos Depok pertama yang dulu itu namanya PTT, Post Telepon Telegraf yang sangat penting karena dulu gak ada hape or email ges. Nah kantor pos ini masi otentik bahkan bisa liat bekas mailbox-nya yang masih ada tapi gedung otentiknya sekarang udah ga berfungsi dan ada bangunan Kantor Pos baru di sebelahnya. 

Ini bangunan baru yang sekarang beroperasi

Ini yang genteng itu bangunan aslinya yang jadul yang udah gak berfungsi

Ini mailbox nya jadi harus sewa box disini tar surat-nya bukan dianter ke rumah tapi kesini

Disini juga ada peninggalan tiang telepon yang konon katanya sekarang sisa 3 dan salah 1-nya di Depok ini. 

Dan di Depok masi lazim ada becak juga sepanjang muterin udah nemu beberapa di tempat berbeda keknya emang masih common deh becak di Depok. 


Disini juga ada taman makam pahlawan tapi keknya udah gak cuman buat pahlawan deh soalnya kalo diliat ada yang makam Belanda ada juga yang pribumi bukan pahlawan juga. 

Nah yang seru lagi disini kita lewatin rumah duka & conventional hall yang ternyata asset dari orang tua Reynhard Sinaga yang kasus kejahatan seksual terbesar di Inggris itu. 


Di Depok Lama juga sering denger YLCC - Yayasan Lembaga Cornelis Chastelein jadi ini adalah lembaga yang menaungi para penghuni Depok termasuk bangun sekolah untuk anak - anak Belanda juga. Untuk kantor seketariat-nya kita gak bisa visit tapi sekarang sebagian udah jadi gedung SMPN dan bisa liat juga bekas gedung sekolah untuk Belanda sekarang juga gak dialih fungsikan. 

Ini sekolah dan masih berfungsi juga di bawah naungan YLCC


Ini yang gedung bekas sekolah untuk belanda, sekarang gak dialih fungsikan

Ini gedung seketariat YLCC

Seberangnyang langsung Bajawa, nah kalo Bajawa sendiri adalah bioskop tanpa alkohol jadi ada live music yang panggung-nya di atas seru banget dan rame banget katanya. Dulu ini gedung bioskop Elsandra yang terkenal dengan bioskop misbar (gerimis bubar) nah dulu konon bioskop itu udah ada genre sendiri kalo bioskop film Eropa ya film yang di puter Eropa aja dan cuman 1 film aja gak banyak - banyak theatre kek sekarang, yang banyak theatre itu mulai dari cineplex dan baru tau ini adalah singkatan dari cinema triplex karena di batasin pake triplex haha. 

Nah di Depok ini juga suka ada hidden gems contohnya Tante Thea ini, jadi ini kayak cafe di rumahan milik si Tante Thea yang adalah orang Belanda dan jualan makanan Belanda. Tempatnya adem dan bersih juga luas, terus Tante-nya ramah dan harga dagangan-nya juga affordable. Jadi katanya Tante Thea ini tau sejarah Depok karena doi juga berada di Depok dari jaman dahulu. 



Yak jadi inilah cerita Depok yang merupakan route dengan steps terbanyak dan lokasi terjauh sofar haha ini sampe rumah lagi udah jam 2 siang jadi total 8 jam dari berangkat dan sampai rumah lagi. Tapi seru sih kayak out of the box aja gak pernah tau tentang Depok dan ini pertama kali ke Depok juga gak pernah berasa seru di Depok tapi ternyata seru. 

Sampai jumpa di trip selanjutnya! 


No comments:

Post a Comment

Leave comment down below :)