Thursday, November 26, 2020

Cara Online Merubah Status BPJS Kesehatan Menjadi Pribadi

Aku pengen banget sharing pengalaman ini seperti aku sharing pengalaman waktu perpanjang paspor dengan background yang sama yaitu ketika aku mau cari informasi ini gak ada tulisan yang mewakili yang bisa kasih aku jawaban yang aku butuhkan, hehehehe. 

Baca Juga : Cara perpanjang paspor online via Whatsapp

Jadi ceritanya tadinya BPJS Kesehatan aku itu statusnya Penerima Upah - yaitu yang diurusin kantor kan, tapi pas pindah kantor, kantor baru aku pakai asuransi kesehatan swasta, tapi aku tetep pengen lanjutin BPJS Kesehatan jadi aku cari tau deh gimana caranya. 

Nah status BPJS Kesehatan itu ada Penerima Upah & Pribadi. 

Penerima Upah - yang dipotong dari gaji, diurusin sama kantor tempat kita bekerja

Pribadi - kita sebagai pekerja mandiri, jadi bayar iuran sendiri gak diurus sama kantor tempat kita bekerja 

Nah kalo kasus aku mengubah status dari Penerima Upah jadi Pribadi dan begini pengalaman aku HAHAHAHAHA

Cara ke-1 : 

Jadi informasi dari kantor lama aku kalau untuk proses merubah status ini hanya bisa dilakukan by phone ke BPJS Kesehatan gak bisa cara lain. Lalu aku ikuti, aku telepon dan konfirmasi dari petugasnya pun sama, cuman bisa by phone sebagai pengajuan dan nanti akan di telepon kembali oleh petugas untuk konfirmasi. 

1 bulan 2 bulan aku gak dapet telepon feedback konfirmasi. 

Cara ke-2 : 

Lalu aku coba search online dan ternyata ada aplikasi JKN (Jaminan Kesehatan Nasional) yaitu aplikasi untuk BPJS Kesehatan. Begitu download bisa sign in dengan email gak sulit sih, nanti langsung keluar deh kepesertaan BPJS kita. 


Tapi sebelnya dia gak 100% works untuk iOS karena kalau aku telepon ke customer service eh malah suruh aku coba di HP android aja. 

Lalu karena di HP android juga gak bisa alhasil aku pakai cara lain. 

Cara ke-3 :

Via Whatsapp ke BPJS Pandawa - jadi ini adalah account WA dari kantor cabang BPJS Kesehatan nah untuk nomornya bisa langsung telepon ke 1500 400 (Call Center BPJS) karena BPJS Pandawa nomornya beda - beda untuk masing - masing domisili. 

Karena aku domisili di Jakarta Barat jadi aku pakai nomor berikut.

Chat hanya di jam operasional : Senin - Jumat  08:00 - 14:00 dan istirahat di jam 12:00 - 13:00. Kalau di luar jam tersebut gak ada respon, jadi lebih baik di pagi hari langsung kamu kirim chatnya. Format chat-nya beda - beda kalau untuk case aku ini formatnya : Nama-nama di BPJS-nomor BPJS-nomor HP-D 

Contoh : Abcd-abcd-1234567890-08123456789-D 

Nah setelah kamu send chat tersebut nanti akan ada balasan seperti berikut lalu akan di chat oleh petugas yang handle kita ini.


Basically kalau sudah di handle oleh petugas kamu udah kayak chatting WA aja bisa tanyain dan nanti akan di pandu untuk isi data lewat google form, lalu siapin berkas - berkas dan drop berkas - berkas tersebut ke kantor cabang sesuai domisili

Kalau kamu juga domisili Jakarta Barat, kantor-nya sekarang udah pindah jadi alamat berikut : 

BPJS Kesehatan Cabang Jakarta Barat (Gedung Baru) 

Jl. Raya Klp. Dua No.9, RT.1/RW.5, Klp. Dua, Kec. Kb. Jeruk, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11550

Info yang penting adalah gedung baru ini adanya di dalam jalanan yang lumayan sempit dan gak ada tempat parkirnya jadi kudu parkir sendiri dimana - mana dan gak gampang juga carinya. Malesin banget untuk hal ini, padahal di dalam lumayan luas. 

Lalu begitu sampai sesuai protokol kesehatan cuci tangan dulu, dan dokumen kita di UV dulu lalu antri dan tinggal kasih tau nomor tiket yang di WA sama petugas itu. 

Isi data dan gak sampai 10 menit sudah selesai deh, selanjutnya tinggal bayar lewat virtual account aja dan aktif kembali BPJS-nya setelah bayar. 

Dan sekarang BPJS Kesehatan udah gak perlu print kartunya, pakai e-card yang bisa dibuka dari app jadi kayak semacam maksa harus download app gitu sih ya. Entah kalau yang orang tua gak bisa pakai app gitu gimana hemmm 

Secara keseluruhan sih prosesnya gak rumit cuman karena perlu datang on the spot untuk drop document dan jam operasionalnya itu jam kerja jadi agak kendala buat team ngantor. 

No comments:

Post a Comment

Leave comment down below :)