Saturday, October 17, 2020

Tempat Makan Unik di Semarang | Koenokoeni Cafe Gallery & Toko Oen

Sebelum pandemic, aku pernah berencana mau ke Semarang, tepatnya sih mau ke Lasem tapi lewat Semarang dan sekalian explore apa aja yang ada di Semarang. Kalau yang terkenal itu kan seperti Lawang Sewu, Sam Po Kong, eh ternyata kali ini aku berkesempatan untuk ke Semarang walaupun hanya mampir aja tapi bisa cobain yang sebelumnya belum pernah aku explore. 

Ada 2 tempat yang membuat aku terkesan, yaitu Koenokoeni Cafe Gallery & Toko Oen

Koenokoeni Cafe Gallery 

Konon dalam bahasa Jawa, Koenokoeni berarti sangat kuno, cucok deh sama design concept resto ini. Nah kalo dari namanya aja aku udah penasaran sama tempatnya. Dan ternyata ini ada restaurant punya Sido Muncul jadi di menu-nya itu bakalan berbau Tolak Angin dan antek - anteknya. Unik banget sih. 

Concept restaurant-nya ini lebih ke China-Jawa rasa vintage super. Segala detailnya bener - bener bisa bikin kamu pengen ngeliatin satu per satu pajangan yang ada. 

Sekali masuk ada 玄關 kayak gini, antik banget kan

Ngintip ke bagian dalam aja udah bikin senyum - senyum sendiri

Di paling depan ada cashier dan gallery kecil, jualan produk - produk Sido Muncul & kain batik

Berbagai jenis produk Sido Muncul

Tapi kenapa beli Tolak Angin disini mahal ya

Cantik - cantik banget gak sih ini batiknya


Ini motif bagus banget deh, suka banget apalagi ditambah sinar matahari gini

Dari tempat indoor tadi ada pintu belakang ini yang bisa menuju area outdoor

Pemandangan dari area outdoor

Gemes banget gak sama wastafel macam gini 

Barracuda Sambal Matah - pedes banget

Kalo menurutku restaurant ini nyaman buat adain meeting or kongkow. Suasananya enak dan gak bosen bisa indoor outdoor. Kemarin ini karena lagi pandemic juga kali ya jadi pengunjung gak banyak dan jadi serasa lebih nyaman lagi. 

Untuk menu makanan variatif banget sih, tapi untuk main course rata - rata tingkat kepedasan dia itu pedas banget jadi lebih baik pilih yang gak pedas aja. Terus banyak menu minuman yang pakai produk Sido Muncul. Jadi unik banget. 

Untuk harga medium high menurutku karena mereka jual suasana. Worth to try sih unik dan cakep untuk refreshing. Kemarin aku kesini karena meeting, tapi gitupun juga udah cukup kagum apalagi kalau kesini dengan konteks refreshing pasti makin seneng :) 

Jalan Tabanan No. 4 Tegalsari Candisari - Kota Semarang 
024 - 8415454 

Toko Oen 

Ternyata ini terkenal juga ya di Semarang dan aku baru tahu. Kalau Toko Oen ini modelan dari luarnya mirip dengan bangunan jadul Chinatown di Penang. Conceptnya lebih ke peranakan jaman Belanda

Lokasinya ada di pinggir jalan besar jadi kalau untuk parkir agak sempit sih ya. 

Kondisi bangunan-nya masih model Belanda tempo dulu

Bagian depannya ada jualan kue kering jadul gini

Yang terkenal disini katanya Poffertjes Plain. Tapi aku kok kurang cocok ya. 

Nasi Goreng Special Ham

Kalau untuk Toko Oen kayaknya lebih cocok buat kumpul keluarga. Karena suasananya kayak serasa ada di film Habibi-Ainun gitu. Dan gak ber-AC juga ya keliatannya tapi gak panas banget sih di dalam, suhu ruang deh. 

Untuk menu, aku kurang cocok di lidah. Menunya gak banyak, tapi ber-variatif dari steak kisaran IDR 300k sampai nasi goreng, mie goreng, cemilan. Aku pesan Nasi Goreng Special Ham, ini ham-nya pork ya. Tapi rasa nasi gorengnya kurang cocok juga di lidah. 

But worth to try karena masih bener - bener jadul banget ini toko, kalau suka yang tempo dulu pasti suka conceptnya. 

Jalan Pemuda No. 52 Bangunharjo Kec. Semarang Tengah - Semarang Kota 
024 - 3541683


Dari Semarang, next stop adalah Solo, dan secara gak sengaja aku nemuin restoran yang langsung aku jadikan restoran favorite aku di Solo. Stay tune for next post about Solo ya :) 

4 comments:

  1. Wah, dulu pernah makan di Toko Oen yang di Malang, dan kalau baca dari deskripsinya sih sepertinya satu grup. Vintage-nya bener-bener terasa, jadi balik lagi ke tahun 90an😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah kayaknya satu group ya, soalnya pas aku makan di Semarang ini ada temen yg blg pernah yg di Malang juga :)

      Delete
  2. Wah menarik banget ya tempat-tempat yang berbau jaman-jaman tempo dulu.
    Waktu aku kesemarang cuman mampir ke tempat es puter sama makan tahu bakso aja haha
    Kapan-kapan kalau ke Semarang lagi bakalan mampir deh. Terima kasih infonya mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hiii, akupun juga baru tau ternyata Semarang banyak yg tempo dulu gini, nice to try sih :)

      Delete

Leave comment down below :)