Thursday, June 25, 2020

Asal Usul Dragon Boat Festival - Hari Makan Bacang

端午節快樂!

Yeay hari ini 端午節 kalo kamu suka makan bacang, FYI hari ini peringatan makan bacang itu alias Dragon Boat Festival, jatuhnya di kalender China 農曆 五月初五 pas bulan 5 tanggal 5. Nah kalo ngerayain 端午節 pake acara makan bacang, dragon boat, atau bediriin telur di bawah matahari, jadi pengen tau gak sih asal usul ceritanya gimana sampe ada hari bacang ini.

Karena aku anaknya penasaran 好奇寶寶 dan aku yakin banyak yang penasaran juga jadi ini deh aku mau share kali ini tentang asal usul hari bacang dan apa aja mitos yang aku tau.


Kenapa disebut 端午節 duān wǔ jié ? Gini 端 = 初 artinya awal, 午 = 五 artinya siang atau 5 karena tanggalnya pas di bulan 5 tanggal 5 五月初五.

Awalnya 端午節 diperingati oleh tribe 部落 setempat untuk hari 圖騰習俗 Ritual Totem, tapi belakangan lebih terkenal dengan cerita 屈原. 屈原 adalah tokoh legendaris yang terkenal karena dia suka bikin syair & puisi tentang kecintaannya pada negara, nah suatu kali karena dia diminta untuk menikah sama gadis dari negeri sebrang dengan itikat busuk dari negara seberang bisa masuk jahatin raja di negara 屈原 dan dia menolak dan sedih banget kenapa negara dia digituin akhirnya selesai tulis syair dia yang terakhir, dia terjun ke 汨羅江 Miluo River pada tanggal 5 bulan 5.

Karena 屈原 sangat disukai netizen eh penduduk setempat, seketika mereka tau 屈原 terjun ke sungai, nelayang langsung mendayung perahu cari - cari jasadnya, sekalian lemparin nasi biar ikan makan nasi dan gak makanin jasad 屈原.

Nah nasi - nasi yang dilempar dan mendayung di sungai itu lah yang sekarang jadi bacang & dragon boat festival.

Bacang itu evolution dari nasi yang dilempar ke laut dan dragon boat untuk memperingati hari itu ketika nelayan mendayung di sungai buat cariin jasad 屈原.

Karena 屈原 terjun ke sungai di 五月初五 jadi sejak saat itu untuk memperingati 屈原 jadilah 端午節 dengan bacang & dragon boat-nya bukan cerita Ritual Totem lagi yang terkenal.

Selain itu, setiap 端午節 ada juga yang jadi tradisi yaitu 午時水. Konon pada hari ini energy positive matahari tuh strong banget jadi kalo sesuai adat turun temurun, dari jam 11-13 siang hari jemur air di bawah terik matahari selama 30 menit lalu bisa dipakai cuci muka or mandi.

Nah ini maksudnya biar 下半年轉好運旺財 good wealth & lucky for the next half year. Buat menghilangkan yang buruk, sakit penyakit, dan membawa kebaikan.

Kalo secara ilmiah, karena pada saat ini matahari menyinari bumi secara "lurus" direct tanpa halangan nah mungkin karena itu jadi orang jaman dulu berasa segala energy positive matahari adanya di jam ini.

Tau kan tentang egg balancing 立蛋? Kalo taruh telur aja susah bisa gelinding - gelinding nah di hari ini jam 12 pas coba deh taruh telur di lantai yang kena matahari bisa berdiri. Kalo emang berhasil berdiri konon katanya 旺運 lucky sepanjang tahun. Tapi ini gak bertahan lama kalo udah lewat waktunya telurnya akan jatuh sendiri.

Secara ilmiah dibuktikan karena pada saat matahari menyoroti bumi, daya gravitasi 地心引力 juga berpengaruh makanya bisa terjadi egg balancing.

I did it <3
#OhGitu kali ini 過節說故事 sekian dulu ceritanya, kalo cerita bacang kayak apa gak usah kali ya, kan kalian udah sering makan, kalo hari ini aku makan bacang buatan emak dengan barang - barang seadanya aja karena kan lagi PSBB jadi susah cari bahan yang biasanya. 

No comments:

Post a Comment

Leave comment down below :)