Saturday, October 12, 2019

Kuliner Wajib di Pontianak

Pontianak, ibukota Kalimantan Barat yang terkenal dengan kuliner khas-nya jadi trip menimbun kalori aku di bulan lalu. Pontianak itu kota yang dilalui garis khatulistiwa, makanya ada Tugu Khatulistiwa dan disebut Kota Khatulistiwa, jadi panas banget cuaca disini, kalau kesini pakai baju yang light or menyerap keringat gitu ya biar nyaman.

Nah kalau dari Jakarta ke Pontianak ada 2 opsi, yang familiar dan the only yang aku pernah adalah pesawat, emang fare-nya mahal sekarang malah low cost airline & full service airline harganya beda berapa puluh ribu aja, mending sekalian naik GA ya kan. Kemarin aku naik GA sekitar 1juta, ada in flight entertain dan snack plus bagasi 20 kg. Dan selama penerbagan kurang dari 2 jam ini aku nonton Me Before You dong, sampai gak mau turun pesawat, bagus banget gengs coba deh nonton. :')

Exciting view :)
Karena kali ini aku ke Ponti ada urusan jadi aku ga sempet buat strolling around yang kayak tempat sejarah atau jalan - jalannya. Mungking next ya pas kesini bener - bener buat strolling soalnya menurut aku Ponti lumayan strategis dan banyak daerah yang bisa di explore kayak Singkawang, Sambas, Entikong, dan lanjut lagi bisa nyebrang ke Kuching, Malaysia.

Click here buat baca cerita aku nyebrang ke Kuching ya :)

Okeh, balik lagi di Ponti itu all about makanan karena emang beragam banget makanannya dan mostly ber-babi ya. Karena penduduknya dominan chinese juga jadi kamu bisa komunikasi pake teo chew or bahasa khe juga.

Piring penuh dibawah ini adalah Nasi Kari ala Ponti. Nasi putih pakai berbagai jenis masakan babi, sayur - sayuran, dan kuah kari. Seporsi sekitar IDR 40 dan bisa didapatkan dimana - mana. Kalau foto dibawah ini Nasi Kari Achai di Gg. Siam.

Favorite aku timun nya :) 
Kedua mangkok penuh dibawah ini namanya Kwe Kia Theng 粿仔湯, sebenarnya yang favorite aku yang di Gg. Siam yang tokonya ada di sebelah toko bingkai tapi kemarin dia gak buka. Basically bisa ditemukan di mana - mana juga sih karena ini makanan sehari - hari juga. Semangkok harganya kurleb IDR 30k. Ini bawahnya sejenis kwetiaw potong gitu, kuahnya kayak kuah herbal 滷湯, isinya berbagai jeroan babi juga ada daging babi dan telor. Favorite aku yang usus babi, hati, daging, dan telur. 



Pasti familiar banget kalau soal mie Ponti yang terkenal sama mie kepiting Oukie. Nah kali ini aku gak makan mie kepiting dan katanya di Ponti Oukie udah ga booming lagi karena rasanya udah agak beda gatau juga ya. Kali ini aku cobain mie Ju Hui di deket Gajah Mada kalo ga salah. Tipe mie Ponti itu yang kecil kecil halus terus asem karena pake cuka dan toppingnya berbagai macam babi melimpah ruah gini. Lupa harganya berapa kayaknya sekitar IDR 30-40 deh.


Choipan atau chaikue 菜糕 ini pasti udah familiar lah ya karena di Jakarta juga banyak yang jual tapi kalau di Ponti yang favorite aku tuh coipan goreng isi kucai mantapssss. Ada banyak yang jual juga disana karena snack sehari - hari, ada yang jual malam ada yang jual siang.


Favorite aku buat choipan itu yang jualannya malam di belakang perkumpulan marga Lim itu. Dia ada banyak menu lain juga sih tapi yang aku pasti pesen yang kucai goreng dan bisa buat beli bawa pulang Jakarta juga, nanti dia susun dan bungkus koran, sampai rumah baru goreng deh. Tapi aku saranin jangan beli kebanyakan juga soalnya udah 2 hari gitu rasanya udah ga seenak pas dia fresh menurutku. 

Ini yah penampakan kedai choipan favoritequuuu
Beralih ke makanan manis, ini adalah Ce Hun Tiaw 粉條 atau sagu gunting yah kalau di Jakarta ngomongnya. Semangkoknya IDR 9k dia bisa campur - campur sama kacang merah, ketan item, bongko, dan lain - lain. Jualannya di pinggir jalan gitu gerobak - gerobak. Nah yang punya aku ini pake bongko, bongko itu nama tanaman dan dibuat jadi kayak cincau tapi lebih legit gitu syukaaa. 


Es krim Angi ini es krim Ponti yang legendaris yang ada di depan sekolah Kristoforus. Nah kamu bisa pilih mau es krim di cup kayak aku atau yang pake batok kelapa. Rasanya banyak macam dan ada topping pilihan juga. Punya aku es krim ketan item topping kacang merah. Legit! 


Kembang tahu Ponti juga wajib kamu coba, khas-nya pake jahe jadi ada pedes jahe dikit dan wangi terus kuahnya tuh pake susu kacang bukan air jahe. Nah susu kacang kalau di Ponti sebutnya air tahu 豆腐水 :)


Kalau kamu pecinta martabak, cobain deh martabak mini jadul ini atau biasa mereka sebut kue apam. Favorite aku yang keju terus tar tengahnya dia kasih blue band jadi asin asin gitu mantapsss. 

Jangan salkus sama tumpukan plastik nya ya hehehehe
Yang rame dan legendaris itu di Pasar Flamboyan terus banyak pilihan rasanya, harganya sekitar IDR 9k aja. 

Ini gerobak yang jualan kue apam di Pasar Flamboyan
Selain dari yang aku sempat foto diatas masih banyak lagi makanan di Ponti deh. Hekeng Ponti misalnya kayak sejenis daging diolah di kukus dalam kulit tahu dan digoreng, roti kaya yaitu roti yang diisi srikaya, roti ebi yang isinya ebi cincang, dodol labu, dodol durian, banyak lagi. Kalau mau buat oleh - oleh kalian bisa ke pusat oleh - oleh nama tokonya Alfa Lim, sebelahnya Jutoli, kedua ini toko oleh - oleh. 

Yang rekomen biasa itu hekeng, ikan asin, kerupuk ikan tengiri, dodol. 

Anyway yang paling aku cari tiap ke Ponti itu liang teh merah-nya, enak banget ga boong, kalau kamu suka yang agak rasa herbal gitu pasti suka dan segar, cuman lupa foto gengs. Bisa juga beli daunnya di pasar terus bawa pulang dan di rebus sendiri. :) 

Nah kalau buat jalan - jalan sebenarnya banyak nih di kota Ponti salah satunya kapal wisata sungai Kapuas tapi kemarin aku malam naiknya jadi gak bisa foto apa - apa, next pengen pas sunset gitu kayaknya seru. Kalau kalian mau coba ke alun - alun nanti ada kapal wisata harganya IDR 15k per orang bayar di kapal kalau yang kayak sampit itu IDR 10k per orang seru juga walau agak takut karena ga bisa berenang hahahhaa. 


Sekian, see you Ponti. 

No comments:

Post a Comment

Leave comment down below :)