Sunday, April 7, 2019

Jalan - jalan ke Purwakarta | Bukit Panenjoan & Waduk Jatiluhur

Ada yang tau dimana Purwakarta? Purwakarta apa Purwokerto hayooo.... Jadi kedua kota ini beda ya ternyata karena akupun baru tau. Nah kalo yang letaknya ada di antara Jakarta - Bandung namanya Purwakarta.

Tau nya karena ketika perjalanan ke Bandung aku lewatin tol pas nengok ke kanan ada tulisan PURWAKARTA gedeeeee terus aku searching - searching ternyata banyak tempat wisata alam juga. Jadilah kemarin pas banget tanggal merah kita plan untuk explore Purwakarta. Yeay! Explore tempat baru lagi yang aku belum pernah kunjungin. 

Jarak Jakarta - Purwakarta sekitar 90 km, gak terlalu jauh sebenarnya. Kemarin kita berangkat dari Jakarta jam 6 kurang sampai di kota Purwakarta jam 8 lebih, macetnya ya biasa di area Bekasi sampai Karawang sana. 

Tadinya mau cari breakfast di rest area Purwakarta, tapi berhubung gak ada yang menggugah selera jadi kita langsung lanjut aja ke kota Purwakarta. 

Destinasi pertama kita mau ke Bukit Panenjoan, Purwakarta. Untuk kesini bisa google map search Panenjoan Hill, Jalan Wanayasa. Nah pas tapi menurutku karena Purwakarta masih belum tersentuh sama wisatawan luar jadi kayaknya google map disini gak terlalu aktif terutama yang daerah pedalamannya. 

Pemandangan di jendela mobil sepanjang perjalanan, asri dan menyenangkan
Jadi dalam perjalanan butuh buat tanya ke warga local beberapa kali sampai kita sampai di tempat ini.  Akses ke Bukit Panenjoan ini kondisi jalan kayak naik roller coaster gitu naik turun-nya agak drastis terus lebar jalan juga pas - pas-an tapi udah jalan aspal kok gengs. 

Sepanjang perjalanan waktu lewat perkampungan bakal banyak pemandangan ini, jadi mereka jemur padi di jalanan so harus hati - hati pas lewatin ya 
Nah begitu sampai nanti langsung bayar parkiran IDR 15k per mobil nanti dikasih  karcis yang ada plat mobil gitu. Ada toilet juga disini GRATIS, dan banyak kandang binatang gitu. Ada kandang rusa bisa masuk bayar IDR 15k, ada juga ayam macem - macem terus ada kayak bangunan gitu yang atasnya banyak kelelawar. 

Katanya ini namanya ayam mutiara
Nah kalo kita kemarin masuk lurus lagi karena mau ke Bukit Panenjoan-nya tujuan utama kita. Untuk masuk kesini beli tiket-nya IDR 5k per orang. Murah banget ga? Nanti ada karcis-nya jadi bukan pungli seharusnya ya. 

Nah setelah bayar karcis kita udah bisa mulai explore deh. 


Ada juga warung - warung lokal di dalam area tapi kemarin gak cobain sih. Kondisi jalanan seperti foto aku diatas, dari pintu masuk setelah beli karcis sekitar 20 menit jalan kaki sampai deh ke jembatan bambu. Disarankan pakai alas kaki yang enak karena jalanan-nya gak mulus. 

Nah nanti kalian akan disambut sama pemandangan asri begini




Kalo diliat dari tulisan ini, tempat ini namanya Wisata Karti
Sebelum kesini aku juga sempet baca artikel jadi sebenarnya pada awalnya orang berdatangan kesini untuk ziarah, dan akhirnya dibuat tempat wisata ini karena biar abis pada ziarah bisa jalan - jalan juga. Dan disini pemandangannya masih asri banget belum banyak tersentuh. 







Bagus banget ya, ga nyangka di Purwakarta ada tempat kayak gini yang pemandangannya masih belum banyak tersentuh. 

Setelah itu kita lanjut ke Jatiluhur. Tau kan Waduk Jatiluhur yang waduk terbesar di Indonesia itu. Aku sendiri gak pernah kesana dan baru tau kalau dia adanya di Purwakarta. Tapi sayangnya pas kesana hujan. 

Waduk Jatiluhur lokasinya gak jauh dari pintu tol. Jadi kemarin itu kita pergi ke Bukit Panenjoan dulu yang lebih jauh lalu turun ke kota buat makan siang dan lanjut ke Waduk Jatiluhur

 


Tiket masuk ke Jatiluhur per orang IDR 15k, mobil juga IDR 15k, nanti di dalam ada banyak area gitu ada yang water world, saung restaurant gitu, juga d'Jatiluhur ini. Nah kalau mau ke d'Jatiluhur masuk ke bagian Istora Restaurant, nanti tiket masuk bayar lagi IDR 15k

Kalau menurut aku agak mahal sih ya entrance fee di Jatiluhur secara tiap area akan beda lagi tiket masuknya. 

Cuman kalau cuaca bagus pasti lebih menyenangkan lagi pemandangannya. 

Jadi pengen ke Purwakarta lagi deh, banyak yang belum pernah, pengen ke Saung Manglid kemarin belum sempet. Semoga next ada kesempatan explore Purwakarta lagi ya. 


No comments:

Post a Comment

Leave comment down below :)