Friday, April 19, 2019

Cuckoo, Burung Perumpamaan Manusia Berdosa

Selamat hari Jumat Agung dan selamat Paskah gengs buat yang merayakan. Hari ini abis Jumat Agung pada berburu kemana hayooo apa kebanyakan skip kebaktian karena mumpung libur panjang lagi pada pengen liburan? Duh, aku juga sering begitu.

Tapi suatu kala ada yang bilang gini : Kalau emang itu harinya Tuhan ya ke gereja dulu didahulukan baru liburan, karena yang kasih ijin kita liburan juga Tuhan. 

Seketika itu aku jleb karena kalo Sabtu kerja pulang malem capeeeee Minggu ku bisa bolong - bolong gerejanya tapi kan gak semestinya aku begitu ya kan. Maafkan ya Tuhan. Emang manusia tuh terlahir udah berdosa ya, aku jadi inget ada sekali pas hari Minggu kebaktian tema-nya tentang manusia yang berdosa.

Waktu itu speakernya pakai perumpamaan Cuckoo Bird atau Burung Kukuk. Dan aku interest banget sama cerita yang dia share sampai pulang ke rumah masih googling tentang Cuckoo.

Kalian pernah dengar nama Cuckoo gak? Kalau aku sendiri jujur belum pernah, ini pertama kalinya aku dengar.

Kenapa namanya Cuckoo? Tau kan jam yang suka ngeluarin suara burung kuk ko kuk ko kuk ko kuk ko itu? Nah itu suara burung Cuckoo.

Image result for cuckoo bird
Nah ini penampakan Cuckoo. Sourge : google

Cuckoo seumur hidupnya gak pernah bikin sarang buat persiapan dia bertelur. Jadi Cuckoo Mom akan bertelur di sarang burung lain, istilahnya tanpa ijin numpang bertelur disana. Kenapa bisa gitu? Setelah aku googling jadi Cuckoo itu kebalikan dari Merpati, dia gak setia sama pasangannya, so ketika Cuckoo Mom hamil, dia sendirian dan gak ada pertanggung jawaban or pasangannya yang nemenin. 

Jadi ketika dia bertelur dia gak mau ambil pusing juga sama anaknya. 

Setelah telurnya di titipin di sarang burung lain, Cuckoo Mom gak datang berkunjung ke sarang itu lagi. Jadi nanti yang akan mengerami telur Cuckoo adalah ibu asuhnya bersama telur lain yang which is telur si ibu asuh. 

Related image
Nih telur si Cuckoo beda sendiri
Setelah dierami oleh ibu asuh sampai dia menetas apa yang akan dilakukan tuh mirip banget sama manusia yang udah terlahir berdosa.

Jadi ketika si Baby Cuckoo menetas dan lahir dia akan menggunakan segala cara menyingkirkan telur kandung si ibu asuh. Sehingga nanti sisa dia aja yang ada di sarang itu yang akan dikasih makan sama  ibu asuh, dia udah gak usah rebutan lagi makanan sama saudara tiri. 

Image result for cuckoo eggs
Ini Baby Cuckoo yang lagi berusaha menyingkirkan telur lain
Gils gak? Belum buka mata masih selaputan aja dia udah bisa begitu. Gak ada yang ngajarin juga dia udah tau harus nyingkirin saudara tiri biar dia aja yang di dapet makanan dari ibu asuh. 

Kalau kalian interest bisa liat di youtube videonya aku juga nonton itu dan berasa amaze baru tau ada pengetahuan kayak gini. Coba buka link ini deh kalau yang kemarin aku nonton, click here

Gitu aja, cuman pengen share tentang si Cuckoo yang sebagai perumpamaan manusia berdosa kayak kita ini. Sekarang ku penasaran gimana burung bikin sarang ya? Jadi pengen searching lagi. Apa selanjutnya kita bahas ke-kepo-an gimana burung bikin sarang? HAHAHAHA

Sampai jumpa di Oh-Gitu selanjutnya :) 

No comments:

Post a Comment

Leave comment down below :)