Sunday, February 10, 2019

Few Hour in UNESCO World Heritage Site | Penang, Malaysia

Trip yang agak spontan dan diluar rencana ini dimulai dari penemuan tiket murah CGK - PEN dari Citilink, bayangin waktu aku beli harganya cuman IDR 3xx per one trip include hot meal dan bagage 10 kg. Emeshhh banget gak sih, secara aku juga belum pernah ke explore Penang, jadi ku-realisasikan aja lah ya. Mumpung murah.

Anyway, sekedar tips, harga tiket Citilink lebih murah di website resmi-nya langsung dan daftar member, ada discount up to 15% kalo gak salah, pokoknya lebih murah dibanding website pencari tiket lainnya. Terus, tiket fare-nya berubah - rubahnya cepat banget kayak mood para wanita lagi mens, abis aku book, harga tiketnya jadi IDR 3.xxx, naik 1 digit OMG. Makanya harus rajin cek kalo mau dapet harga menawan. 

Kalo dikalangan aku, Penang tuh terkenal buat tempat berobat dan kuliner aja. Tapi karena aku belum pernah ngerasain langsung explore kota penuh sejarah ini, jadi aku tetep mantepin langkah untuk berkeliling Penang selama 1 hari. 

Untuk akomodasi penginapan gak usah khawatir, karena banyak pilihannya, dari yang air bnb apartemen dengan sea view, hotel berbintang, budget hotel, sampai kost - kost-an juga ada, tinggal disesuaikan dengan budget dan lokasi aja. 

Kalo aku sendiri kali ini pilih di George Town, sejenis Chinatown-nya Penang gitu karena setelah searching disini pusat turis dan di tengah kota juga jadi dekat ke tempat yang mau aku datengin juga. Aku tinggal di Link Hotel, next aku tulis post terpisah ya, reviewnya, ditunggu :) 

Kalo masalah transport aku naik Grab atau jalan kaki aja, karena point yang mau dikunjungin tuh deket - deket, dan kalau agak jauh misal dari bandara udah convenience banget pake Grab disana jadi gak usah khawatir. 

Sebenarnya ada public bus juga disana, tapi aku gak tau naiknya gimana dan dimana, yang pasti kalo pergi ramean lebih nyaman naik Grab aja kan, bisa disesuaikan waktu dan lokasinya. Yuk kita mulai explore.

George Town 喬治市
Masuk dalam UNESCO World Cultural Heritage Site di 2008, yang pasti udah bisa dibayangkan kalo disini bangunan-nya heritage abis, masih yang jaman - jaman vintage Chinese gitu. Yang bikin beda dibanding Chinatown biasanya, disini banyak mural dan masih terjaga bentuk aslinya, terus luas juga area-nya pokoknya muter - muter bakal pengen foto terus deh.


Disini juga pusat street food gitu, kalo kalian sanggup makan banyak, tinggal mondar mandir pasti banyak yang bisa dicicipin dan juga gak mahal, masih ramah di kantong walaupun ini tempat tourist.

Ini sarapan pagi yang ada di hawker centre gitu, harganya sekitar RM 5 per bowl, gak mahal dan banyak pilihan
L : Hokkien Mie 福建麵 isinya ada mie kuning pake kuah rebusan udang gitu enak segar plus sambel-nya
R : Kwetiaw Kuah 湯粿條 lebih tawar rasanya
Hainan Chicken Rice - RM 6
Bakcang - RM 3

Herbal tea yang basically agak pahit buat yang gak suka, but I love it
苦茶 around RM1.2
Yang harus hati - hati gak tau kenapa disini banyak "orang gila" di jalanan, jadi pas aku lagi jalan kaki eh tiba - tiba pemuda di depan di tabrak sengaja gitu sama orgil-nya terus orgil-nya pegi gitu aja. *hmmmm








Kemarin itu aku juga tinggalnya di area George Town, tepatnya di Link Hotel, check link untuk review hotelnya ya. 




Siapa yang waktu kecil pake minyak ini juga? Ku-tumbuh besar dan si minyak juga hmmm


Clan Jetties
Tempat yang wajib dikunjungin di Penang juga ada Clan Jetties, jadi ini macam rumah di pesisir laut buat immigran dari China di jamannya. Jetty disini dikasih nama sesuai marga penduduknya, yang paling terkenal itu Chew Jetty 姓周橋. Sekarang rumah penduduk yang dari kayu ini jadi tempat wisata ada yang jualan makanan, oleh - oleh, souvenir gitu. Tapi ada juga beberapa rumah yang gak boleh di foto, privacy dari pemilik ya, jadi dihormatin aja. 

Lokasinya juga dekat sama George Town, bisa sambil jalan kaki keliling juga. 

Walaupun panas banget pas kesini, tapi ini tempatnya bagus banget deh buat foto.





Jadi basically kalau ke Penang menurut aku one day trip udah cukup setelah itu kalian bisa lanjut explore tempat lain. Kalau aku lanjut mau ke Kuala Lumpur & Melaka.

Gimana cara dari Penang ke Kuala Lumpur ?
Bisa naik bus antar kota atau kereta api alias train selama 4 jam, nah aku tulis di post selanjutnya ya gimana cara dari booking tiket kereta sampai nyebrang Penang Island pake ferry. Click here!