Sunday, January 20, 2019

Seperti Apa Janji Tuhan?

Sesuai dengan judul postingan ini, kali ini aku pengen sharing tentang pekerjaan di hidup kita para manusia. Sebenarnya pengen nulis ini udah dari awal tahun, tapi berasa masih nyangkut - nyangkut dan belum terarah, eh tiba - tiba hari ini dikasih ilham dan jadi pengen langsung sharing disini.

Dimulai dari akhir tahun, seperti biasa aku selalu menyediakan waktu untuk diam tenang dan flashback apa aja yang udah aku lewatin setahun ini. Disitu aku selalu diingatkan buat terus bersyukur, karena di 2018 banyak hal yang terjadi diluar ekspetasi aku bahkan yang gak pernah kepikiran sekalipun, God speed.

Dan sepaket juga, aku mulai setting target dan plan untuk 2019 ini. Biasa aku selalu kasih nama tahun ini tahun apa biar gak lupa sama target di awal tahun. Eh pas 2019 blank banget gak tau nih kok kayaknya belum ada plan secara significant maunya apa di tahun ini. Tiba - tiba muncul aja Year of Implementation. Eh buset, keseringan bikin project timeline kali ya, jadi kebawa - bawa tuh skema, socialize sampai implemented. LOL.

Tapi setelah aku pikir - pikir tepat juga, di 2019 banyak yang mau di implementasi-kan, dari yang 2018 baru planing, baru piloting, sekarang mau direalisasikan.

Setting punya setting sambil dibawa doa karena masih blur - blur gitu, semalam waktu doa sebelum tidur gitu aku jadi berasa lagi ngobrol sama Tuhan dan insecure, penuh pertanyaan yang meragukan kalau 2019 itu semua bisa di realisasikan. Aku mulai membayang - bayang dan nanya sama Tuhan : Tuhan kok kayaknya 2019 tuh akan cepat berakhir, emang keburu ya kalau realisasi-nya di 2019? Kecepatan gak sih apa emang udah seharusnya?

Kayaknya aku sedang menghujani Tuhan dengan segala keraguan yang timbul dalam hati.

Hari itu paginya aku bangun siang banget, biasa jam 6 udah melek, ini entah kenapa baru bangun jam 9 lewat, dan aku gak berasa kalau tidur selama itu. Dan karena itu malamnya aku jadi segar sampai jam 12 malam, padahal biasa jam 10 udah tidur, dan aku cuman setting alarm jam 6 pagi biar gak telat gereja sambil berdoa semoga besok bangun gak ngantuk dan segar.

Long story short, akhirnya aku bangun pagi dan kepagian sampai di gereja, hehehe, macam pelayanan aja, kepagian 30 menit.

Entah kenapa khotbah kali ini ngena banget, setiap kalimatnya tuh kayak ibarat secercah sinar yang datang dari jendela ke kamar yang lagi suam suam. *ciehhhh

Membahas tentang "jangan sombong" sebenarnya sebagai manusia kadang kita berasa yang sombong itu cuman mereka yang mamer, kan kita nggak mamer jadi gak sombong dong. Tapi ternyata gak gitu, sombong itu berarti kita menganggap diri  kita udah bisa semuanya, diri kita paling benar, dan gak ada yang lebih benar lagi. Jlebb. Secara sadar atau gak aku sendiri berasa kita sering seperti itu, saya selalu benar, dia selalu yang salah. Bukankah?

Padahal setiap kali kita berhasil and good on some things, itu campur tangan Tuhan, bukan karena kekuatan kita sendiri. Apakah Tuhan pasti akan menolong kita? Kalau doa-nya belum dijawab gimana? Apa berarti Tuhan gak jawab doa kita? Tuhan kapan jawabnya? Tuhan gimana kasih jalannya? 
I don't know when, I don't know how, but I know He will. 
Denger gini jadi makin tersinggung gak sih, secara gue semalam kayaknya meragukan gitu, berasa Tuhan gimana nih emang bisa apa tahun ini di-implementasi, caranya gimana, ini udah hari ke-20 aja belum mulai langkah apa - apa?

Bukan hak kita nanya kapan dan bagaimana caranya, karena yang tau kapan dan gimana caranya tuh cuman Tuhan. Dan sebelum kita minta pun, ku yakin Tuhan udah siapin semuanya jauh dari kita masih di tenun di kandungan. Sekeren itu ya.

Jadi berasa malu semalam nanya begitu.

Padahal selama ini Tuhan gak pernah ingkar janji dan selalu nepatin.

Aku inget banget waktu masih bocah kanak - kanak, aku selalu doa bilang mau sekolah di luar negeri, setiap malam, padahal waktu itu buat seorang anak kecil dia gak tau seberapa rumitnya study abroad, dan sekarang aku udah menyelesaikan studi aku dengan pimpinan Tuhan, malah banyak surprise gak terduga, jauh melampaui batas bayangan aku dan semuanya itu tepat pada waktunya.

Aku pusing banget pas mau forgud ke Indo, belum bisa nyetir, belum ini belum itu, tapi nyatanya sekarang Tuhan selalu kasih aku jalan dan udah bisa nyetir.

Dulu selalu bilang pengen pas balik Indo bisa jalan - jalan ke pelosok explore ini itu, tapi waktu itu berasa kayaknya susah deh, belum ada sarana dan travel mate yang setujuan, eh ternyata 2018 lalu aku explore banyak tempat di Indo, benar - benar diluar bayangan.

Dan masih banyak lagi surprise dari Tuhan yang gak abis - abisnya.

Point penting yang suka kita lupa juga, sebagai anak Tuhan, doa itu kuasa banget, layaknya bapa yang suka dengerin anaknya celoteh, apalagi Bapa di surga dengerin kita cerita. Jadi jangan anggap remeh kuasa doa ya.

Gak ketinggalan, jangan lupa bersyukur.

Happy Sunday, semangat ya Senin besok, yeay!

No comments:

Post a Comment

Leave comment down below :)