Sunday, January 13, 2019

Kalo traveling fotonya pake apa sih?

Selamat tahun baru 2019! Ini post pertama aku di tahun yang baru dan penuh surprise ini *cieeee

Di tulisan kali ini aku mau membahas tentang travelling photography ala ala, karena belakangan banyak yang nanya pake kamera apa fotonya sih? siapa yang motoin? dan seterusnya... Walaupun aku bukan photographer handal yang menghasilkan foto sejuta like, tapi aku tetep pengen sharing ini untuk menjawab pertanyaan kalian wahai traveller ala ala macam aku yang suka searching juga orang pake apa sih moto-nya bisa bagus hehehehe, sama - sama bertukar pikiran ya :)

Sebelumnya aku sharing dulu background aku tentang photography ketika travelling. Buat aku foto tentang travelling itu lebih ke berbagi pengalaman dan kenang - kenangan biar di tahun kedepan aku bisa flash back lagi dulu pernah kesini pernah ngapain aja. Background kamu tentang foto itu penting karena itu yang akan jadi ide kamu ketika motret.

Pertanyaan yang datang umumnya nanya pakai kamera atau handphone motonya?
Jujur, aku lebih suka pakai kamera karena jadi fokus bisa foto apa aja yang kelihatan dengan mata dengan berbagai angle dan berkali - kali jepretan. Mungkin juga karena kalo jalan - jalan aku tuh jarang megangin hape, pertama takut lupa dia tertinggal di somewhere out there, kedua karena kalo dipake terus nanti battery-nya habis jadi ketika mau digunakan buat yang beneran fungsi si hape kayak liat map, chatting, atau nelpon udah gak ada battery.

Kenapa aku suka pake kamera?
Karena aku suka moto banyak gitu kan, namanya juga background aku moto biar ada kenang - kenangan juga buat nulis blog jadi setiap detail pengen aku foto, nah kalo di kamera kapasitas memory card khusus buat foto jadi gak perlu takut memory full, juga batternya kuat seharian, dan juga buat mengasah skill aku setting - setting mode di kamera.

Kamera apa yang dipake?
Sekarang aku pake mirrorless Nikon 1 J5 dengan lensa bawaan aja.

Ini fotonya pake iPhone 6S

Kenapa pilih mirrorless?
Nah ini ceritanya agak panjang, hehehe. Jadi kamera pertama aku tuh pocket camera Canon Ixus 200is, udah 10 tahun yang lalu deh kira - kira ketika kamera lagi booming, tapi seiring pertumbuhan kamera di handphone makin bagus, aku udah ninggalin dia dan hanya make handphone aja, waktu itu iPhone 4S. Terus karena kesukaan aku sama dunia foto - foto, aku coba pake DSLR gitu tapi karena berat dan tebal, jadi kalo lagi jalan - jalan dan hanya keluar sekitaran hotel buat explore aku malas bawanya, terus aku ganti ke digital camera built in Wi-Fi Samsung EX2F. Nah waktu pake Samsung ini aku lumayan sering bawa - bawa dia karena compact terus bisa langsung share foto ke hape. Tapi kelemahannya dia gak bisa ganti lensa, setelah 3 tahunan aku ganti ke kamera aku sekarang, Nikon 1 J5. Karena aku pikir kalo mirrorless itu bisa ada ruang buat aku kalau mau belajar foto lebih dalam  nantinya karena bisa ganti lensa dan compact, mudah untuk dibawa - bawa.

Kok pilih Nikon 1 J5? 
Jadi aku kan pengen beli mirrorless, terus aku cari - cari deh ada tipe apa aja dari berbagai merk. Nah mirrorless itu range nya luas dari yang murah sampai yang mahal, juga banyak paketan sama lensa gitu. Waktu itu pertimbangan aku gak mau yang mahal karena gak tau aku akan pake dia berapa lama seringkah apa jadi jarang, kan sayang kalo ditaro aja, secara harga kamera pasti turun gak naik. Terus aku pilih yang merk umum aja biar gampang kalo dijual lagi, pilihan aku waktu itu Canon EOS M3 dan Nikon 1 J5, aku cari - cari review. Kalo secara harga mahalan Canon, tapi compact-an Nikon dan lebih banyak settingan mode, jadilah aku pilih Nikon 1 J5, selain itu karena aku suka body-nya sih vintage gitu hehehehe, kemakan look.

Belajar dari pengalaman aku beli Samsung EX2F waktu di Taiwan, aku beli online, dan lewat beberapa hari kamera hang, aku pun shock, untung akhirnya ditukar karena dianggap kesalahan produksi, tapi itu melalui proses mendebarkan secara beli lewat online. Nah kali ini aku beli di Mangga Dua Mall, dunia-nya elektronik gitu. Jadi aku uda searching online terus ketemu deh toko yang harga-nya affordable dan rating-nya tinggi, ternyata dia di Mangga Dua Mall, pas banget.

Aku sempat bandingin harga di beberapa toko di Mangga Dua Mall, tapi yang paling meyakinkan toko ini jadi aku balik ke dia. Kalo beli kamera nanti ada 2 harga, garansi resmi atau distributor. Kalo resmi harga lebih mahal tapi kalo ada apa - apa garansi-nya bisa kemana aja brand itu ada, kalau distributor hanya bisa ke toko dimana kita beli nanti dikasih tau distributor-nya dimana, gak bisa ke tempat lain.

Beda harganya gak tentu ada yang jauh ada yang beti, aku pilih distributor karena toko ini adanya yang garansi distributor aja. Dan Mangga Dua Mall gak jauh dari rumah, jadi kalo mau servis juga gampang.

Terus pas kemaren ke padang pasir, kejadian, kamera aku lensanya nyangkut gitu entah karena pasir halusnya masuk apa gimana, jadi ngadet lensanya gak bisa keluar, pas aku bawa lagi tokonya welcome dan bertanggung jawab gitu, agak lama sih sekitar 1 bulanan karena mungkin abis pada libur lebaran banyak yang sevis. Aku puas karena dia bisa di contact dan bantu sampai kamera aku kembali normal.

Pake lensa apa?
Aku pake lensa bawaan aja yang udah sepaket, lensa 10-30mm. Sekarang pengen sih nambah lensa 50mm yang bokeh gitu karena kemarenan nyobain punya orang suka sama feelnya. Tapi masih bimbang gak tau aku akan beneran pakai atau hanya lapar mata. Hmmm.

Hasil fotonya bagus gak sih?
Kalo menurut aku bagus atau gak tuh relatif. Kan selera orang beda - beda ya. Dan itu juga pengaruh dari lensa yang digunakan, tempat yang dikunjungin, cara edit, cara setting kamera, banyak.

Karena kamera mahal pun belum tentu akan hasilin foto yang bagus kalau kita gak bisa settingnya.

Ini fotonya pake Nikon 1 J5, tapi mau foto pake apapun emang tempatnya udah cakep huhuhu

Gimana biar enjoy motret ketika traveling?
Ini pertanyaan yang susah aku jawab sebenarnya karena enjoy itu kan relatif ya. Kalo aku pribadi karena aku motret-nya untuk merekam pengalaman jalan - jalan jadi aku fotonya sambil jalan gitu bukan tipe yang diam di 1 tempat dan bisa berlama - lama untuk berpose, sambil jalan sambil liat sesuatu sambil di jepret. Nah  biar gak menyita waktu, aku selalu kalungin kamera jadi kalau mau dipake tinggal jepret biar ga kelamaan ngubek - ngubek keluarin kamera dari tas.

Baca juga : Tips Jalan Jalan Anti Bete

Kalau untuk sharing kondisi actual gitu aku suka pakai hape aja, jadi langsung di instastory video biar bisa diliat lagi selanjutnya dan ngebayangin kondisi actual kan ya, ngangenin gitu. Basically aku belum pernah pake kamera aku buat record video jadi belum bisa sharing.

Tips bawa kamera ketika traveling :

  • Pastikan dia gak telanjang diri gitu aja, aku suka pakai pouch agak tebal buat naruh kamera di tas karena aku gak suka bawa tas kamera gitu
  • Charge battery semalam sebelum dipakai karena males banget kalo mau pakai tapi batternya gak ada
  • Bershikan memory card : Males kan kalau mau motret ga ada space jadi tiap kali pulang dari 1 trip aku akan pindahin fotonya ke computer dan delete di memory card
  • Kalungin kamera, pertama biar gak hilang dan lupa dimana, kedua biar kamu jadi rajin motret karena dia ada terus di jangkauan tangan




1 comment:

  1. Setelah kamera gue rusak dua tahun yang lalu, gue cuma foto-foto pakai handphone. Lagi mikir-mikir lagi sih, beli kamera atau enggak. Belum taruh budget disitu ...

    ReplyDelete

Leave comment down below :)