Saturday, December 29, 2018

Ternyata Mimpi Bisa Dikontrol

Di akhir tahun 2018 ini aku tiba - tiba tercetus ide pengen bikin topik post yang tentang pengetahuan sehari - hari gitu. Kan aku orangnya curious sama apa aja, terutama sama fact & sejarah asal usul gitu, 好奇寶寶 banget yah, HAHAHA. Oke jadilah label di Random Topics aku nambah satu label baru berjudul Oh Gitu, semoga bisa consistent buat ngisi content yang menarik dan menjawab ke-curious-an aku dan orang - orang yang punya pertanyaan sama ya.


Okay ini post pertama aku di Oh Gitu, tentang Mimpi.


Aku tuh tipe orang yang kalo tidur selalu mimpi, dan malah kadang aku berasa aku kayak hidup di mimpi itu bisa mikir & milih mau ngapain di mimpi itu. Eh ternyata benar adanya kalo kita bisa merasa sadar dan aktif di mimpi kita, fenomena ini disebut Lucid Dream.

Kemarin itu aku baca dari postingan @infiafact dan ternyata setelah aku telusuri lagi, Lucid Dream itu fenomena yang memungkinkan pemimpi berada dalam satu petualangan, bisa berinteraksi sama hal yang dia temukan di sepanjang perjalanan mimpi-nya. Nah, katanya kalo kamu mengalami Lucid Dream, mungkin tidurnya kurang nyenyak, karena dalam kondisi setengah tidur setengah sadar, tapi bisa kebalik juga, kayak aku karena aku selalu tidur terlelap dan bangunnya segar walaupun Lucid Dream.


Terus juga ternyata Lucid Dream bisa dilatih, cenderung yang di mimpi-in itu hal yang kamu pikirkan terus sebelum tidur. Hmmm, ternyata gitu ya, pantesan dulu berasa kok bangun - bangun berasa tadi di mimpi kayak nyata banget kayak lagi exploring sesuatu.

Selain itu, aku juga nemu beberapa fact menarik tentang mimpi yang aku juga baru tau :
  • Kita gak bisa membaca di dalam mimpi, karena membaca itu fungsi otak kanan, sedangkan mimpi itu dari otak kiri 
  • Kita lupa almost 90% dari mimpi kita
  • Pikiran kita gak pernah me-record wajah baru yang kita temuin di mimpi, jadi setiap orang yang muncul akan muncul jadi stranger
  • Kita gak bisa mimpi dan ngorok di waktu yang bersamaan
  • Orang yang buta sejak lahir gak bisa melihat gambaran di mimpinya, tapi mimpinya itu muncul dalam bentuk sentuhan, suara, bau, dan emotions, that's amazing ya :)
  • Average kita menghabiskan 6 tahun dari hidup kita untuk bermimpi
  • Pria lebih sering memimpikan tentang pria lain, sedangkan wanita secara kasaran memimpikan tentang pria dan wanita 
  • Secara kasaran seorang bisa bermimpi 4 - 6 mimpi setiap malamnya 
  • 1 dari 8 orang bermimpi dalam bentuk hitam putih 
  • Anak di bawah usia 3 - 4 tahun gak bisa melihat diri dia sendiri di mimpinya
Lengkapnya aku baca dari link ini kalau kalian penasaran versi lengkapnya.

Oh Gitu, jadi ternyata mimpi itu banyak fact yang sebelumnya aku gak pernah tau, seru banget ya.

Anyway aku juga ada mitos kalo mimpi buruk, besokannya pas tidur dibalik bantalnya, jadi dipakai yang sisi satu-nya biar mimpinya gak keulang. Tapi bener gak ya? Kalo kalian ada tau mitos apa tentang mimpi? 

No comments:

Post a Comment

Leave comment down below :)