Sunday, December 2, 2018

4 Hours in Bandung, Indonesia

Percaya banget pasti most of kalian udah pernah ke Bandung dan mungkin udah bosan sama tempat ini. Yang aku inget, sering kesini karena acara sekolah, acara gereja, weekend trip, dan apalah itu. Mungkin di jaman-nya dia hits banget dan tempat weekend sejati buat para penduduk Jakarta.

Setelah sekian lama gak kesini, mungkin karena bosan juga dulu kesini mulu, kali ini aku ke Bandung lagi. Dan tebak destinasi-nya yang gak asing banget di warga anak sekolah, Kawah Putih & Situ Patenggang. HAHAHAHA. Gilaksss! Aku kembali lagi setelah melepas status pelajar, inget banget dulu pas kesini between SD or SMP gitu.

Kalo bilang ke Bandung pasti pada mikirnya males nyetir karena akan macet di Bekasi dan selanjutnya, sama, jadi kali ini gimana ceritanya aku bisa ke Kawah Putih adalah karena aku menemukan open trip di sosmed yang keliatannya menarik dan kebetulan temen aku juga ada yang pernah join, jadi cus lah cobain. Oh, iya juga meeting point-nya deket banget dari rumahku, 10 menit sampe, yeay!!!

Jam 6 pagi kita berangkat sesuai sama itinerary yang dikasih. On time banget kan, kusuka banget deh, karena pengalaman sebelumnya ikut open trip yang gak oke dan crew-nya kurang aktif.

Macet - macet di Bekasi dan akhirnya setelah 5 jam sampai juga di Kawah Putih. Horeee!!!!

Pastikan kamu bawa jaket karena disini agak sejuk udara-nya, juga pakai alas kaki yang nyaman secara jalanan-nya bebatuan.

Mobil akan parkir dibawah, diatas bisa juga sih tapi bayar IDR 200k per mobil dan harus naik jalanan lika liku yang menurutku melelahkan dan ngerusakin mobil, jadi saran aku, parkir aja di bawah terus naik ontang anting.

Ini dia si ontang anting yang serasa roller coaster

Tiket masuknya kayak diatas, waktu mau masuk beli di loket sekalian tiket ontang anting. Tiket masuk IDR 20k/orang, ontang anting IDR 15k/orang sudah termasuk pulang pergi

Ini perjalanan yang akan dilewati buat sampai ke Kawah Putih

Ketika sampai di Kawah Putih, banyak yang jualan masker & sewa payung. Kalo aku sendiri kemarin bawa sendiri dari rumah, tapi sebenernya gak bau sih belerangnya entah, malah bau-an asap rokok, padahal seinget aku dulu tuh bau,  LOL.

Dan pemandangan biru hijau gini akan kalian lihat langsung begitu menuruni anak tangga, jadi pastikan sepatu yang kalian gunakan enak jalan ya.

Terus akan ada asap - asap macam gini, yang bikin pemandangannya makin keren. Kalau mau sampai ke ujung jembatan kayak foto dibawah harus beli tiket lagi.

Namanya Dermaga Ponton, nanti kamu bisa jalan sampai ujung jembatan dan foto di ujung sana. Disini juga ada fotografer keliling, harganya IDR 20K/lembar dan langsung di print.

Selesai keliling, lapar melanda. Pas jam makan siang dan turun lagi pake ontang anting ke parkiran bawah. Di parkiran bawah banyak warung makan, tapi sudah dipastikan harganya mehong. Udah seharga makan di food court.

Seperti biasa kalau ke tempat macam gini tanya dulu harga makanan-nya, tapi kemarin pas aku tanya dia bilang makan dulu aja. Firasat udah berfikir pasti mahal. Bener aja.

2 porsi nasi + 4 gorengan + 1 teh manis + 1 bajigur total IDR 60K

Terus disini juga banyak yang jual strawberry & blackberry, juga pake sistem tawar menawar, inget aja kotak kecil tuh IDR 5k, kotak besar IDR 10k, lebih dari itu jangan mau, kecuali mau donasi :)

Selanjutnya aku ke Situ Patenggang, jarak dari Kawah Putih gak sampai 30 menit.

Disini banyak yang jualan terong belanda & alpukat. Harga alpukatnya 3kg IDR 25K. Terus di dalamnya ya situ, danau dan bisa naik perahu nyebrang ke kapal pinisi yang lagi hits itu dan juga Batu Cinta. Harga perahu IDR 25K/orang pulang pergi, jadi bisa gabung sama orang lain dan kalau udah full dia akan jalan.

Ini pintu masuknya

Sepanjang jalan menuju pintu masuk banyak toko local gitu
Seinget aku dulu jaman sekolah kesini cuman ke Batu Cinta aja karena belum ada si pinisi.

Oh iya, perahu-nya gak ada tiket official gitu, punya warga mestinya, tapi sama siapa aja sama, karena ujung - ujungnya akan digabung di 1 perahu.

Ini perahu yang kemarin aku naikin

Perahu ini akan berhenti di Batu Cinta selama 15 menit, jadi kalo kamu pengen explore lama di Kapal Pinisi catat dulu nomor HP di kapal-nya nanti tinggal minta jemput, karena pulang-nya harus dengan kapal yang sama.

Belom siap jangan cekrek, ehhh

Cantik ya perpaduan warna-nya, ini aku ambil fotonya dari atas Kapal Pinisi. Tapi kemarin sempat hujan jadi buru - buru deh. Dan gak sempet foto banyak dalam Kapal Pinisi, dalamnya sih restoran gitu dan spot foto - foto.

Sampai di Jakarta sekitar jam 8 malam dan akupun senang karena gak terlalu malam pulangnya jadi masih bisa istirahat sebelum Senin. Walaupun tadi pagi bablas bangun kesiangan. Sekian, Bandung, nantikan petualang seru lainnya ya! Yeay!