Sunday, September 30, 2018

Operasi Wisdom Teeth aka Gigi Graham Bungsu

Ini operasi pertama yang pernah aku alamin seumur hidup, operasi gigi graham bungsu. Omaigat. Sebenernya ini udah cerita beberapa tahun yang lalu sih, kayaknya udah 2 tahunan tapi karena belakangan banyak yang lagi berbincang dan nanya tentang pengalaman ini jadi mari kita sharing - sharing ya.

Karena waktu mau operasi pun gue googling terus tuh blog orang pengalaman operasi mereka, maklum tatuttt booooo.

Apa itu gigi graham bungsu or wisdom teeth or 智齒?
Jadi ada 4 gigi graham di ujung rahang kiri kanan atas bawah yang akan tumbuh waktu udah adult. Tapi setiap orang beda - beda kapan numbuhnya, kalo gue waktu itu pas kuliah semester 1.

Taunya gimana dia numbuh?
Waktu itu sih kalo punya gue rahangnya sakit banget ga bisa buka mulut gede - gede, semua gigi rasanya kayak mau rontok di dorong - dorong.

Harus di operasi?
Nah jadi ini harus dipahamin dulu ya. Gak semua orang akan operasi wisdom teeth-nya. Kalau emang rahangnya muat buat tempat dia tumbuh dan tumbuh normal, buat apa di operasi. Tapi katanya karena jaman sekarang tuh makanan-nya lembek - lembek gak alot kayak jaman batu jadi ukuran rahang manusia pun menciut sampai - sampai gak ada tempat buat si wisdom teeth.

Nah karena gak ada tempat itu dia numbuhnya juga beda - beda. Biasanya si dentist-nya akan rontgen dulu nanti keliatan deh bentuk gigi-nya. Contoh hasil rontgen kayak dibawah ini, punya eke udah gak tau dimana hehehe jadi cari sample dari google ya biar ada gambaran.

Contoh hasil rontgen gigi
Biasanya yang tumbuh-nya aneh - aneh itu 2 gigi bawah, kiri dan kanan. Contoh tumbuh gigi yang gak normal tuh kayak di bawah, jelas banget gak gambarnya. Nemu di google dan berasa ini ilustrasi-nya jempol.

Punya gue kemarin yang kiri bawah itu kayak gambar 1 dan kanan kayak gambar 3.


Karena gue takut kan ya di operasi terus udah ampe doa - doa ya ampun mungkin gak ya besok bangun ilang dia berubah jadi normal dan gak usah operasi. Eh ternyata masih aja dia ada :( Terus gue ampe ke beberapa dentist uda mo operasi dan gak jadi karena takut, sampe diomelin dentist. Katanya gue buang waktu dia aja, padahal kan tatut yaaa :( Galak ya dentist Taiwan.

Terus sampe akhirnya kan karena gue anemia jadi takut darah yang keluar banyak dan keleyeng - keleyeng, gue operasi-nya di rumah sakit, waktu itu di 萬芳醫院 Wanfang Hospital di Taiwan ke spesialis apa ya, macam tentang operasi rahang - rahang gitu deh. Bilang aja mau operasi wisdom teeth tar diarahin.

Nah pertama itu gue operasi yang kanan dulu. 1 gigi ajah udah takut.

Proses operasi : Jadi karena kondisi-nya kan giginya miring ya numbuhnya, nanti dia akan di belek dulu gusi-nya terus giginya itu di ancurin di dalam baru di jepit keluar, karena gak mungkin satu whole gigi gitu dikeluarin kan miring dan gak muat belek-an nya buat ngeluarin dia.

Eitss jangan kaget, di bius kok sebelum belek, ngomong - ngomong bius ada yang bius 1 badan ada yang cuman gusi aja. Nah gue kemarin itu gusi aja, katanya sih karena bahaya kalo bius 1 badan ada kemungkinan gak bangun lagi.

Yang diperhatikan kalo nyari dentist-nya yang berpengalaman itu penting biar dia cabutnya besih sampe saraf-nya, bahaya kalo gak bersih.

Terus kalo si gigi lagi tumbuh tuh kan sakit ya ibarat kayak memar di gusi gitu sakit deh, nah jangan operasi pas sakit karena makin sakit, operasi waktu dia gak sakit aja. Jadi dia tuh sakit beberapa hari tar dia sembuh sendiri terus dia sakit lagi waktu numbuh lagi dorong - dorong gitu, ambil kesempatan waktu dia gak sakit ya.

Proses operasi sih gak sakit, yang sakit itu waktu nusukin jarum bius aja. Abis dikeluarin bersih tuh gigi di jahit, kalo gue dijahitnya pake benang biasa terus 1 minggu balik buka benang. Kenapa bukan pake 肉線 benang yang gak usah di lepas itu? Karena bekas belekan gue gede kalo pake benang itu gak kuat takutnya.

Operasi pertama ini mulus aja sih, gak bengkak juga cuman pas mau nutup bekas belekan abis 1 minggu gitu ngilu banget sampe ke gigi sebelah udah gitu aja.

Lanjut deh operasi kedua. Jaraknya ada beberapa bulan, gue agak lupa. Di tempat yang sama tapi assistent dentist-nya malah, terus yang kedua ini gue cabut 2 gigi. Yang kiri bawah dan kiri atas.

Kiri bawah itu giginya dalam banget tumbuhnya ada saraf gitu jadi meskipun di bius banyak tetep sakit karena itu saraf. Dan gue bete banget sama asst dentistnya yang nyebelin, sampe akhirnya si dentist pertama itu datang karena dia gak bisa keluarin gigi gue si assistent yang galak itu.

Yang ini gue bengkak banget udah kayak makan bapao di mulut. Karena lukanya kan dalam sampe ke saraf. Tapi yang ini bekas luka-nya lebih cepet sembuhnya dan pas mau buka benang eh ternyata benangnya udah copot gitu.

Kiri atas sebenernya gak miring, dicabut karena dia panjang gitu numbuhnya kalau tutup mulut bakal kena gusi bekas operasi dan bahaya lama - lama tar gusi bawah bisa infeksi.

Jadi total gue cabut 3 gigi. Nah yang kanan atas gak gue cabut kenapa? Karena dia gak panjang jadi gak ganggu ke gusi bawah, terus sampe sekarang dia juga gak kenapa - kenapa sih.

Apa yang dilakukan abis operasi gigi graham?

  • Makan makanan yang gak usah digigit biar langsung telen. Misalnya kayak bubur gitu yang udah ancur atau kuah - kuah. 
  • Jangan pakai sedotan. Jadi waktu itu gue baca di artikel katanya kalo pake sedotan tar darah beku di bekas operasi itu bakal itu kesedot masuk. Kan darah ibarat lem buat nempelin bekas belekan nanti malah lama sembuhnya. 
  • Jangan sikat gigi kena bagian abis operasi. Biasanya si dentist kasih obat kumur gitu jadi pake itu bersihin dan pastikan gak ada sisa makanan di bekas luka. 
  • Dikompres pake es batu di pipi bagian operasi 10-15 menit, 2-3 kali sehari. 
  • Jangan buang ludah terus, telen aja, semakin sering buang ludah si darah akan ngalir makin banyak. 
Kemarin itu abis operasi kedua dan buka benang otot rahang gue kayak kaku gitu mungkin karena abis operasi gak di gerak - gerakin kan nah gue dikasih obat minum sih abis itu back to normal. 

Berapa lama sembuh pasca operasi?
Hari kedua dan ketiga udah gak sakit kalo gue. 

Efek gak operasi wisdom teeth yang gak normal?
Katanya kalo gak dicabut tar suka pusing - pusing karena saraf-nya ada yang nyambung gitu ke kepala. Terus gigi jadi miring karena saling ada dorongan dari kiri kanan kan. 

Kalo soal fee gak bisa kasih saran karena waktu itu di Taiwan kan pake health insurance gitu jadi ke-cover, nah kalo di Indo setau gue jutaan, jadi mumpung yang lagi diluar coba aja cari info. 

Karena cepat atau lambat juga akan dioperasi gitu, kan males sakit - sakit mulu rahangnya terus kepikiran terus kayak punya hutang. 

Sebelum ditanya kenapa operasi kedua malah ke assistant, jadi kalo di Taiwan misalnya gue ke bagian dentist dan di dalam bagian itu ada bagian - bagian nah di dalam bagian itu biasanya ada dokter specialist dan assistent-nya kalo dia berasa assistant-nya bisa kerjain dikasih ke dia tapi si dentist nya ada juga di tempat yang sama kerjain pasien lain. 

Anw sebelom operasi makan dulu yang loe suka dan sikat gigi yang bersih kan abis itu agak susah ya hehehhe. 

Semangat  dan jangan lupa berdoa sebelum operasi ya :) 

No comments:

Post a Comment

Leave comment down below :)