Tuesday, September 11, 2018

Wisata Kota Tua | Jakarta, Indonesia

Hayooo kalian warga Jakarta, siapa yang belum pernah ke kota tua? Pasti banyak deh, karena ini juga pertama kalinya aku kesini. Padahal sering banget lewatin tempat ini, akhirnya kali ini aku pengen kesini dan liat langsung kayak apa sih old town versi Jakarta.

Gimana cara kesini? 
Transport akses-nya cukup mudah, bisa dengan kereta turun di Stasiun Kota, transjakarta di halte Harmoni, taxi & ojek online juga banyak, yang pasti kalau bisa jangan bawa kendaraan kesini karena ribet parkirnya hehehehe.

Ada apa aja sih? 
Basically namanya juga wisata kota tua, jadi yang dilihat ya bangunan dari jaman baheula yang masih ada sampai sekarang dan dijadikan museum, disini banyak museum, ada Museum Sejarah, Museum Wayang, Museum Keramik, Museum Bank Mandiri. Nah ini kan di satu area ya jadi dengan jalan kaki kamu bisa dari museum ke museum lain dan juga ada cafe - cafe gitu. 

Kalau kamu mau masuk ke museum tinggal beli tiket-nya aja, IDR 5k untuk 1 museum sekali masuk. Nah yang disayangkan itu kemarin pas aku ke Museum Sejarah dan Museum Keramik tapi aku sedih liat di dalamnya gak terawat, expectation aku di museum itu bisa liat banyak cerita lama, benda bersejarah, tapi kurang terorganisasi isinya, coba dibuat lebih rapih dan dirawat lagi pasti makin banyak peminatnya. Karena kalo secara exterior udah oke banget. 

Museum Sejarah Jakarta 


Bagian samping Museum Sejarah
Penjara bawah tanah di Museum Sejarah




Ini seram banget ya keliatannya OMGGG


Terus suasana di dalam itu terlalu sesak karena alur pengunjung keluar dan masuk ga di arahkan jadi berasa kayak di pasar. :(

Museum Keramik

Ini ngingetin aku akan National Museum of Singapore, okay entah kenapa feel-nya mirip cuman ini versi kecilnya. Mungkin karena putih - putih gitu terus pilar banyak ya. Cakep banget sih itu pilar dan cerah. Buat masuk ke dalamnya kamu perlu bayar tiket IDR 5k.









Toko Merah juga ada di bagian belakang tapi kemarin itu kok tutup ya, apa emang gak dibuka untuk umum?


Kalau kamu  jalan di bagian jalanan terbukanya kamu bakal nemuin hal - hal kayak gini.

Ini jalanan yang banyak cafe dan tempat nongki-nya
Tembok yang instagramable

Sewa sepeda ontail IDR 20k per 30 menit

Kasih makan burung

Foto sama seniman jalanan yang super kreatif kayak mereka, jangan lupa kasih uang ya kasihan panas - panas :)
Atau naik delman keliling

Terus juga banyak cafe yang lucu dan heritage kayak gini lain kali pengen ah nongki kesini. 


Tapi kalo kamu mau kesini lebih baik pakai pakaian yang nyaman karena panas booo terus ga ada tempat berteduhnya juga orangnya banyak dan banyak yang duduk di jalanan tempat lalu lalang jadi agak kurang nyaman sih desak - desakan, mungkin kalo hari biasa terus jam 7 pagi masih sepi kali ya. 

Kemarin itu juga banyak yang berburu foto disini, kayaknya enak sih kalo mau belajar foto disini karena banyak spot foto-nya. 

No comments:

Post a Comment

Leave comment down below :)