Tuesday, October 9, 2018

Curug Sawer, Suspension Bridge Situ Gunung, Suatu Hari Creative Space | Sukabumi, Indonesia

Tujuan one day trip kali ini adalah Sukabumi. Yeay! Makin jauh aja neh, yaudah lah ya namanya juga mau explore jadi kita coba aja ada apa disana. Kalo di google tujuan wisata Sukabumi yang terkenal tuh Palabuhanratu, tapi kayaknya itu gak bisa kalo one day trip terlalu jauh jaraknya, yahhh syedih padahal pengen :( Cari - cari yang gak terlalu jauh dari Sukabumi kota dan nemu Situ Gunung.

Kayaknya bagus nih terus lokasinya lumayan strategis dari kota. Okeh, deal!

Sekitar jam 5.45 pagi kita berangkat dari Jakarta dan menempuh waktu 4 jam untuk sampai di lokasi, udah termasuk macet karena ngelewatin 3 pasar. Dari kota sekitar 1 jam lebih kita lewatin jalanan gunung, seperti biasa lewatin jalanan kampung yang sempit yang kiri kanan-nya rumah penduduk dan pemandangan alam yang asri. Jangan lupa buat buka jendela dan menghirup udara segar.

Route kesini cukup akurat pakai google map, silahkan dicoba langsung aja ya.

Situ Gunung itu nama area wisata jadi di dalamnya ada Curug Sawer, Suspension Bridge, dan danau.

Begitu sampai nanti beli tiket masuk langsung pas di gerbang, IDR 18,5K per orang. Berlaku untuk Curug Sawer dan danau.

Kendaraannya bisa parkir di pinggir - pinggir jalan gitu, gak ada tempat parkir khusus-nya. Dan gak berbayar juga parkirnya.

Ada toilet deket parkiran sebelum masuk area, lumayan buat yang udah nahan toilet 4 jam. Anw lihatlah si bocah penjaga toiletnya gaya bangett dekkkkk wahaahhaha
Spot pertama itu si Suspension Bridge yang lagi booming itu dan harus beli tiket buat lewatin jembatan ini. Tujuan jembatan dibangun adalah untuk mempermudah wisatawan ke Curug Sawer biar gak muter tinggal motong jalan pakai jembatan gantung ini. Kalo kalian gak mau lewat jembatan bisa pakai jalan manual sewa ojek setempat.

Entrance fee-nya IDR 27,5K per orang. Nanti akan dapat kartu macam kartu MRT buat masuk dan pulangnya, terus juga ada kertas panduan yang isinya aktifitas yang termasuk dalam tiket itu. Dan kita juga bisa tukar dengan snack dan teh atau kopi panas di dalam area, semacam welcome drink gitu.

Beli tiket duluuuuu
Ini kartu access Suspension Bridge dan gak boleh hilang, kalo hilang bayar IDR 20K
Ini check list waktu beli tiket Suspension Bridge jadi tiap ke 1 point petugasnya akan coret so setiap point hanya berlaku 1x

Trekkingnya lumayan, gak recommend buat yang punya masalah sama lutut. Karena jalanan-nya bebatuan dan tangga - tangga gitu. Di dalamnya ada yang jual minuman & snack juga. Jadi dari pintu masuk trekking dulu sampai ke jembatan terus abis jembatan trekking lagi sampai ke Curug Sawer. Ya, kira - kira trek 1 jam deh plus berhenti untuk foto - foto. Karena setiap spot-nya tuh bagusssss.




Abis trekking dan liat pemandangan asri kayak di atas ketemu deh tempat buat nuker snack-nya sebelum lanjut trekking lagi. 

Ini welcome drink-nya, ada singkong, pisang, kopi, dan teh. Lucu ya. 
Cangkirnya pengen bawa pulangggg



Selesai snack lanjut trekking lagi buat sampai ke jembatan. Ketemu sama pemusik local yang lagi asik mainin alat musiknya seru ya.


Akhirnya sampai juga di jembatan dan siap buat melintasi jembatan setinggi 146 meter dari permukaan tanah. Anyway katanya ini jembatan gantung terpanjang loh di Indonesia, panjangnya 240 meter membentang dari gunung ke gunung. Jembatan ini masih terbilang baru karena baru beroperasi lebaran 2018 kemarin.


Nah untuk jembatan sendiri sih berasa aman karena petugasnya banyak dan dibatasi. Terus gak bisa berhenti lama - lama karena disuruh jalan terus biar yang lain juga bisa jalan, maklum dibatasin kuota 40 orang di jembatan.




Nah abis ngelewatin jembatan kita trekking lagi sekitar 30 menit, cukup ikutin suara gemuruh air aja untuk sampai ke Curug Sawer. Kalo udah keliatan pedagang lokal gini udah deket banget. 




Dan akhirnya sampe dehhh di Curug Sawer setinggi 30 meter ini. Tapi ada larangan buat berenang di kolam curug karena kedalamannya mencapai 10 meter, cuman kalian bisa berenang di tepi-nya yang masih cetek, ramah buat anak - anak juga. Aman dan nyaman. 








Nah buat main air di pinggiran curug harus hati - hati banget karena batu-nya tajam - tajam dan licin banyak lumut gitu. Kemarin sih kita lepas sandal pas masuk terus airnya dingin banget boooo, ini kali ya sumber si air mineral. 




Bagus banget gak sih ini pemandangannya
Duduk diam diatas batu aja ngeliatin matahari yang masuk dari pepohonan dan suara burung tuh refreshing banget. Bisa berasa langsung hidup kembali dan gak pengen balik ke perkotaan. 

Dan ini salah satu wisata alam yang aku suka dan recommend karena fasilitasnya yang terjaga dan banyak petugas-nya. Jadi gak khawatir. Liat deh kayak toilet buat ganti-nya aja yang ada di daerah curug ini bersih dan rapih banget. 

Ini toilet ganti-nya


Petugas yang ada dimana - mana
Nah kalo udah laper gak usah takut juga karena disini banyak pedangang makanan. 



Indomie dan bakso selalu pas, IDR 10K

Ini enak banget ketan bakar-nya OMGGGG, IDR 5K
Nah karena waktunya udah agak sore kita gak ke danau tapi kita puas sama tempat ini. Wisata alam yang terawat dan rapih fasilitasnya. Terus kita ke kota deh buat ngopi sejenak di Suatu Hari Creative Space. 

Awalnya karena liat di instagram @di.suatu.hari terus kebetulan kan mau pulang dan ke arah kota yuk deh mampir coba liat - liat. Konsep-nya menurut aku mirip sama Warung Nako tapi ini lebih ke studio untuk photoshoot dan menu-nya terbilang dikit. Terus gak boleh foto pake kamera hanya handphone aja, penjelasan dari admin-nya sih karena yang sewa studio berbayar jadi biar adil yang cuman nongkrong aja hanya pake handphone aja gitu. 

Post tentang Warung Nako bisa dibaca disini 

Mochi nutella, cuankie, kopi kola, grape sode
Saat tak tahu pilihan mana yang paling tepat, pilihlah yang paling menyenangkan.
Iya, gak salah baca. Itu kopi kola, perpaduan antara kopi dan coca cola. Unik sih rasanya cuman agak aneh kalo kamu gak suka kopi. 


Lucu banget kan pintu masuknya. 

Nah abis dari sini lanjut ke yang paling seru dalam day trip hari ini. Perjalanan pulang selama 7 jam. OMG. 5 jam dijalan gunung dan gak naik - naik tol gimana coba. Kalo ditanya bete atau nggak, aku sih berasa seru - seru aja karena mungkin anaknya terlalu bisa menikmati road trip. 

Makan sambil rem kopling, nahan kencing, lepas softlense pake spion dan obrolan yang gak abis - abis itu yang bikin seru. Apalagi kalo kamu yang nyetir, untungnya bukan aku, hahahaha. 

Next aku mau tulis tentang gimana biar enjoy liburan terus. Tungguin ya.

Cerita tentang 1 hari di Sukabumi-nya sampai sini dulu. See ya. 


No comments:

Post a Comment

Leave comment down below :)