Thursday, November 13, 2014

Mount Ali | Taiwan

Mount Ali atau yang terkenal dengan sebutan Alishan (阿里山)adalah salah satu tempat wisata yang wajib dikunjungi ketika datang ke Taiwan. Namun sayangnya karena lokasinya di atas gunung dan sering ada typhoon jadi harus sering - sering cek cuaca sebelum berangkat kalau tidak bisa - bisa stuck di jalan.

Saya berangkat dari Sun Moon Lake (click here) dengan bis kecil tujuan Alisan. Bis ini hanya ada 2 kali setiap hari nya, yaitu jam 8 dan 9 pagi berangkat dari Sun Moon Lake, tempat menunggu busnya adalah di Shui She (水社). Harga tiketnya TWD 328 /route, dan tiket ini langsung dibeli di counter tiket Shui She, disarankan untuk membeli tiket 1 hari sebelumnya karena tempat terbatas dan loket belum buka di pagi hari. Untuk website bus bisa di cek di sini. Bis nomor 6739.

Pas jam 1 siang kami pun tiba di Alishan, selama perjalanan supir akan berhenti 2 sampai 3 kali di tempat peristirahatan dan anda harus mulai menyiapkan jaket karena semakin naik keatas semakin dingin suhunya, juga botol air untuk mengisi ulang di setiap tempat peristirahatan. Selain itu jika anda mabuk mobil karena perjalanan-nya adalah jalan gunung, anda boleh menyiapkan antimo dan kantung plastik.

Kali ini saya berencana untuk menginap semalam di Alishan, saya memilih Hotel Alishan Gou. Ini adalah hotel tua dengan harga terjangkau dan servis antar jemput dari tempat parkir Alishan National Scenic Area (阿里山森林遊樂區) dimana setiap bus akan sampai disana termasuk bus 6739. Jadi begitu anda sampai di tempat parkir Alishan National Scenic Area akan ada papan bertuliskan nomor telepon Alishan Gou dan anda cukup memberi tahu keberadaan anda di tempat parkir bus besar atau mobil biasa.

Tempat yang wajib dikunjungi di scenic area ini adalah pohon raksasa atau biasa disebut ShenMu 神木 dan pohon tiga generasi atau yang biasa disebut 三代木. Usia pohon - pohon tersebut sudah sangat tua sekali, dapat dlihat dari lingkar batang pohon - pohon tersebut.

Selain itu dari sana anda bisa menaiki tangga yang akan menuju ke sekolah Alishan, wah semangat belajar mereka disini sangat harus diacungi jempol.

Selanjutnya tempat yang paling saya suka adalah Sister Pond. Dengan berjalan kaki sekitar 15 menit dari hotel, saya langsung dikagetkan dengan warna airnya yang begitu indah.

Di hari terakhir saya pun langsung menuju tempat parkir untuk membeli tiket bus pulang, namun sayangnya sudah penuh, jadi harus menunggu keberangkatan selanjutnya. Cara yang saya pilih adalah naik bus dari tempat parkir Alishan menuju Jiayi Station dan dari sana baru saya ganti bus. Sekian perjalanan saya kali ini di Alisan dan sampai jumpa di next destination!