Sunday, July 28, 2024

Jalan Pagi di Cendana, Kunstkring dan Nieuw Gondangdia

Taraaa ini adalah walking tour aku yang ke-7 bersama @jktgoodguide dan berarti walking tour yang ke-11 kalau di total sama walking tour provider lainnya, uwaw aku bangga dengan diriku sendiri haha. Nagih banget keknya walking tour itu. Kalo ditanya kenapa aku masih semangat walking tour emang gak cape ya? Cape sih apalagi aku introvert tapi aku gak suka kalau hariku gak produktif sedangkan pengen ngecharge diri as introvert jadi aku suka walking tour karena jalan pagi itu sehat, belajar cerita itu menambah ilmu, bisa sambil foto karena ku hobi fotografi, dan gak perlu banyak ngomong lebih banyak mendengar aja. Jadi double double cuan kan hehe. 

Biasanya aku cocokin schedule waktu yang aku bisa dan liat route yang aku tertarik daftar deh. 

Well, mari kita mulai kali ini rute Nieuw Gondangdia yang menemani jalan pagi-ku. Nah awalnya aku gak terlalu tertarik sama route ini tapi karena pas ada schedule dan ceki - ceki review orang di IG keknya seru juga, highlightnya tentang Jalan Cendana dan beberapa peninggalan sejarah jadul - jadul gitu oke cus. 

Kalau di liat dari nama route-nya dipikir pasti oh ini rute baru Gondangdia, tapi sebenarnya Nieuw Gondangdia itu emang nama kawasan Gondangdia itself dari jaman baheula, jadi dulu disini kayak perumahan elit gitu yang membentuk kayak boulevard. Makanya di bunderan Gondangdia lampu merah riwet udah bukan pertigaan lagi soalnya dulu emang itu bunderan. 

Yang tinggal disini mostly petinggi jaman belanda nah abis itu tetep petinggi Indonesia sampai sekarang. 

Dimulai dari spot pertama ada Sentra Mandiri aka Bank Mandiri Menteng, yang special adalah gedung vintage yang udah ada dari 1950-an ini yang masih berdiri kokoh dan cantik, dulu-nya merupakan Bank Industri Negara di 1955 berubah jadi Bank Pembangunan Indonesia (Bapindo). Arsitek gedung dengan perpaduan putih dan emas ini adalah karya arsitek Belanda, A.W Gemelig Meyling. Kalau kalian liat kenapa Bank Mandiri suka ada di gedung - gedung bersejarah, itu karena dulu gedung - gedung tersebut adalah milik bank - bank negara dan akhirnya semua bank tersebut di gabung oleh pemerintah jadi Bank Mandiri jadi ada banyak juga gedung yang belum di-ahli-fungsi-kan tapi merupakan asset Bank Mandiri. 



Selanjutnya kita bisa liat Patung Persahabatan yang ada di tengah - tengah jalan ini yang mungkin bingung gambar apa. Nah ini sebenernya gambar para pemuda yang mengartikan walaupun menghadap ke arah yang  berbeda- beda tapi tujuan tetap satu. Karya dosen dari IKJ, Hanung Mahadi. 

Lalu kita melewati kantor pajak KPP Menteng Satu nah konon ini rumah tinggal si arsitek Belanda yang bangun Masjid Cut Mutia tapi dulu cuman bangunan depan aja gak sebesar ini. 

Nah disini ada Hotel Sofyan, sebenernya aku tuh gak tau hotel ini aka gak pernah denger namanya sebelumnya tapi bangunannya unyu banget vintage style terus rapih gitu suka banget deh dan ternyata yang empunya adalah kakek-nya Marshanda dari ibu, terus ini adalah hotel pertama yang pelopor hotel syariah. 

Lanjut ke Masjid Cut Meutia, sebelumnya bangunan ini adalah kantor arsitek N.V.De Bauploeg di tahun 1912 lalu sempat beralih fungsi jadi kantor walikota, kantor pos, dan banyak lagi sebelum akhirnya diresmikan sebagai masjid karena minimnya masjid di daerah ini. Nah katanya sih disini ada bau kayu khusus di karpet-nya sampai sekarang. 



Jalan ke arah Stasiun Gondangdia kita ngelewatin Rumah Makan Bu Ida yang katanya rame beut dan khas-nya adalah rumput yang jadi lalapan padahal itu rumput buat makan kambing tapi enak katanya, lalu disini ada gudeg yang rame, dan dulu namanya Pasar Boplo yang terkenal dengan gado - gado-nya. 


Di depan Stasiun Gondangdia juga ada toko roti dan dulu ada pabriknya Tan Ek Tjoan, roti sepeda jadul keliling itu, tapi sekarang pabriknya udah gak beroperasi karena udah gak boleh jadi dia pindah tempat. Pas kesini tutup toko roti-nya tapi liat banyak abang yang sepedaan jualan roti Tan Ek Tjoan. 

Tan Ek Tjoan di ruko oren di kanan pasar ini tapi ketutupan pohon kalo di foto ini hehe

Masih di deretan yang sama gak jauh ada Toko Kopi Kenari, konon dulu Mantan Presiden Soeharto suka ngopi disini dan dibuatin sama yang empunya tapi kalo toko ini sendiri cuman jualan kopi aja gak dibuatin ya dan sekarang udah ganti nama jadi Toko Kopi Luwak. 



Lanjut ke Tugu Kunstkring Paleis yang juga aku baru tau keberadaaannya karena route ini dan ternyata aku yang gak suka fine dining dan sejenis-nya langsung suka sama interior resto ini. Jadi ini gedung dari tahun 1913 emang untuk art gitu lalu beralih fungsi jadi kantor imigrasi pada jamannya lalu sempat kosong dan di budidayakan oleh Tugu Group jadi resto kek sekarang ini dan juga art gallery. Beneran pengen coba sih makan disini karena vibes-nya kayak old money banget. Tugu Group emang udah gak diragukan deh kalo kelola cagar budaya gini, dulu aku sempet ke Dapur Babah Elite juga (disini bacanya kalo belum baca hehe) nah ini versi fine dining-nya beneran vibes liat langsung beda sama difoto, liat langsung berasa meevvahh









Lanjut kita ke Jalan Cendana yang pasti udah gak asing dong ya dengan keluarga Cendana dan gak nyangka ternyata bisa jalan kesini dan liat langsung. Luas banget rumah Cendana gesss, kalau sekarang udah gak ada yang nempatin menurut info tapi ada yang jaga disana. Dan jalanan ini sepi banget ya keknya yang tinggal disini bukan orang biasa juga karena pas lewat ada yang pake polisi nguing nguing (apa deh tuh namanya) dan plat-nya juga dari pemerintahan juga. 







Lalu melewati salah satu rumah Chairul Tanjung pemilik CT group yang alumni UI dan ternyata doi lulusan kedokteran ges lalu mulai usaha karena dulu dari orang biasa yang ingin menambah biaya sekolah gitu keren ya. 

Terakhir kita mampir ke toko kue langganan Bu Mega tapi aku lupa namanya apa karena di dalam rumahan gitu gak ada merk juga cuman aku ada sempet foto haha. 

Overall route ini menurutku menyenangkan karena banyak spot dan jalanan-nya gak susah di lalui juga sepanjang route. Yeay! Nantikan walking tour ke-12 aku! 




1 comment:

Leave comment down below :)