Thursday, May 23, 2024

9 Jam dari Jakarta, Pulau Peucang | Ujung Kulon, Banten

Taraaa another part of Indonesia yang unlocked! Kali ini Pulau Peucang, Ujung Kulon di ujung Banten yeay! Ini salah satu bucket list aku yang udah bertahun - tahun tapi gak jadi - jadi sampai kali ini akhirnya kesampean juga.

Kalau denger kata Peucang masih banyak orang awam yang gak tau dimana sih, apa sih itu, etc. Tapi sebenernya kalau googling banyak banget paket trip ke Peucang, cuman emang kayak belum boom banget yang orang awam semua kesana pastinya banyak alasan dibalik itu semua sama kayak aku yang maju mundur ke Peucang dan kemarinan karena aku belum nemu tempat yang review end-to-end tentang Peucang experience yaudah sini kita aja yang menuliskannya haha.

Dimana itu Peucang? Adanya di ujung barat pulau Jawa, di ujung Banten. Dari Jakarta harus naik mobil dulu ke Desa Sumur sekitar 6 jam lalu dilanjut kapal dari Dermaga Sumur ke Pulau Peucang sekitar 3 jam. Jadi total dari Jakarta butuh waktu 9 jam untuk sampai di Peucang.

Gimana cara menuju Peucang? Kalau pergi sendiri aku rasa agak susah ya karena mesti nyetir dulu sampai di Dermaga Sumur lalu nyebrang dan gak ada kapal yang transport umum gitu, dan disini masih area konservasi belum commercial juga jadi gak se-gampang itu untuk explore sendiri. Cara paling bener adalah ikut open trip dari Jakarta udah sepaket sampai aktivitas-nya.

Ikut open trip apa? Kemarin aku ikut open trip langganan aku @explorer.id — tapi kayaknya ini gak ngaruh kalo menurutku karena armada-nya bukan dari White Horse seperti open trip @explorer.id sebelumnya dan juga di gabung sama banyak peserta open trip dari agent lain. Semuanya harganya sama aja paketnya 700k untuk 3 hari 2 malam (berangkat Jumat malam pulang Minggu malam).

Bisa cek Ujung Kulon Adventure juga dan banyak agent  lainnya ya kalian liat aja yang cocok dari review masing - masing agent tersebut karena untuk harga sama semua.

Open trip termasuk apa aja?

1. Transport darat sampai ke Sumur : ini ada beberapa meeting point bisa kamu pilih sendiri yang terdekat
  2. Kapal selama 2 hari : Dari pertama nyampe Dermaga Sumur nyebrang ke Peucang sampai nanti hari Minggu balik lagi ke Dermaga Sumur
  3. Aktivitas selama 2 hari : Snorkeling (alatnya sewa 50k per orang), Canoe-ing (50k per orang per 20 menit, kalau mau di drone jadi 150k), liat sunset, trekking
  4. Konsumsi sesuai itinerary : Pagi pas nyebrang sarapan nasi uduk di kapal, lalu siang & malam ada nasi dan lauk pauk sederhana khas pulau, malam hari ada jagung bakar & pisang goreng, yang gak include cuman makan malam di hari Minggu karena udah perjalanan pulang
  5. Penginapan : Nah kalau ini agak tricky ya wajib baca. Udah include penginapan di barak sesuai gender, 1 barak bisa isi 12-15 orang.
Tapi ada opsi untuk upgrade kek di bawah ini :

Nah dari comparison penginapan di atas yang aku suggest Fauna karena jatohnya seorang cuman nambah 100an dan cuman untuk bobo semalam kayak sayang kalau Villa Nikki tapi kalau untuk luxury Villa Nikki udah oke banget atau yang bawa anak kecil dan ortu dan mau private karena di Nikki juga ada sarapan ala hotel gitu diluar paket sarapan open trip. Semua tempat penginapan itu ada di 1 lokasi kok cuman beda sisi aja jadi masih 1 area no worries.

FYI foto kamar di atas aku ambil pas minta itin sama open trip-nya ya, kondisi asli menurutku gak beda jauh sih sama aja cuman ya gelap kalo asli gak bisa foto karena belum ada listrik haha.

Aku gak suggest di barak karena untuk barak dan fauna itu dari taman nasional kan ya, jadi kasurnya terbatas gak 1 orang 1 dan barak itu kek cuman ada 6 kasur lalu kemarin aku liat 12 orang di dalamnya kebayang gak tuh dan WC-nya juga agak gak proper. Tapi kalau mau Fauna biasa di duluin yang rombongan banyak kayak kemarin aku cuman ber-3 gak dapat Fauna tapi pas sampai sana ada yang cancel dan aku dapet Fauna ber-3 digabung sama 2 peserta lain jadi sekamar ber-5. Masih better ketimbang di barak. Seneng banget pas dapet Fauna hehe.

Listrik pun disini cuman ada dari jam 6 sore sampai 5 pagi sisanya mati lampu ges hehe tapi air kamar mandi masih ada kok pake genset pompa-nya wakakaka.

Oh iya disini yang ada sinyal cuman Telkomsel dan itu ngadet - ngadet sih kalo aku jadi beneran healing time dan waktunya berbaur sama ciptaan Tuhan aja haha.

Karena ini masih area konservasi dan belum commercial jadi prepare keperluan mandi dan sebagainya ya menurutku sih kamar mandi-nya lumayan bersih ya cuman rempong aja dan agak antri jadi harus hindari jam pada mandi biar gak nunggu lama.

Nah mulai di aktivitas pertama adalah sunrise di kapal dan sarapan nasi uduk sambil bobo - bobo-an karena belum cukup bobo di bus sempit euy. Entah kenapa enak banget bobo di kapal pagi itu mungkin karena ombaknya stabil jadi kayak sepoi - sepoi di ayunan ya.

Begitu sampai di pulau kita langsung bagi kamar dan naik kapal lagi ke spot snorkling.

Ada 2 spot snorkling yang ada nemo-nya kalau gak snorkling pun menyenangkan buat duduk dari kapal dan liat indahnya si Peucang.

Gak akan berasa kalau ini ternyata masih deket dari Jakarta (walau gak deket - deket amet hehe) karena pasirnya halus dan putih banget lalu airnya juga bening banget. Pokoknya indah deh.

Ini kapal rescue yang pada snorkling

Jangan lupa bawa botol air karena untuk ngurangin sampah disini air minumnya galon refill ya jadi bawa botol sendiri refill sendiri

Setelah snorkling 2 spot kita balik ke pulau buat maksi, untuk tempat makan adanya di ruangan tengah villa Fauna jadi kalau gak di kamar Fauna tiap jam makan harus ke Fauna juga makanya kubilang worth untuk pilih kamar Fauna hehe.

tempat makan kita di villa Fauna

Selesai maksi kita jalan - jalan di pinggir pantai dan main canoe. Bisa foto - foto cantik juga kenapa ya aku suka foto pemandangannya karena beneran bagus kayak hidden banget gitu.

Lalu kita sunset-an lewatin Karang Bolong dari kapal dan balik buat bersih - bersih dan makan malam terus liat bintang bersama jagung bakar karena gak kebagian pisang goreng haha. Seriusan deh langitnya bagus banget bisa sambil make a wish hahaha.

Yang ada bolongan di tengah itu namanya karang bolong ges

Hari terakhir kita sunrise dari dermaga tapi aku mager jadi aku pagi - pagi langsung sarapan aja bersama para fauna yang ada disini.

temen sarapanku wakakakak

Oh iya disini ada rusa, monyet, babi hutan gitu seru kan kayak beneran berasa ada di alam.

ini di depan barak di belakang Fauna alam banget gak tuh
Gak ada tanduknya kayaknya betina ya, pas di hutan trekking ketemu yang ada tanduknya

Hati - hati makanan bisa di ambil doi, jadi jangan sampai keliatan atau plastik transparan

Lalu spot terakhir adalah trekking ke Pohon Kiara & Karang Bolong. Jalan kaki ke Pohon Kiara sekitar 15 menit lalu lanjut lagi 1 jam untuk jalan kaki ke Karang Bolong. Medan-nya gak susah sih pakai pakaian nyaman dan siapin kamera karena bisa muncul rusa di tengah hutan indah itu dan banyak spot foto bagus. Untuk jalan-nya sendiri datar dan tanah ada 1 bagian dikit yang nanjak selainnya gampang aja gak tangga or mendaki.

Ini si pohon Kiara yang sebenernya udah mati inang pohonnya, terkenal karena pas tsunami dia yang masih kokoh bertahan

Dalam perjalanan buat liat Karang Bolong bakal ketemu yang hidden gems gini

Selesai trekking kita maksi di kapal dan balik dermaga lalu kembali ke Jakarta.

Overall aku puas sama keindahan alam si Peucang kayak beneran bukan di sekitaran Jakarta gitu kayak jauh dan hidden dan masih bagus alam banget. Pantainya ada sampah sih tapi gak banyak, hutan-nya yang kita trekking itu beneran bersih kayak sampah cuman liat 1-2 biji aja sepanjang 3 jam pulang pergi trekking. Langitnya bagus banget bintang-nya terang gitu.

Recap untuk trip kali ini versi aku :

• Agar lebih nyaman bagi para pengunjung  lebih baik di batasin pengunjung-nya karena jadinya kurang nyaman untuk penginapan yang mana gak 1 orang 1 kasur 1 bantal kecuali bayar mahal banget untuk di Villa Nikki. Mungkin ini juga karena faktor biaya ya karena makanan kita aja bahannya dibawa dari darat beneran dan di Pulau Peucang gak ada penduduk.
  • Transport darat-nya lebih di jaga lagi, kemarin ada pengamen yang naik dan keburu jalan bus-nya jadi pengamen-nya di dalam bus dan kurang nyaman ya agak maksa