Saturday, May 15, 2021

Gaya Hidup Minim Sampah Makanan

Pernah gak sih kalian mengalami transisi gaya hidup? Dari yang suka banget kalo lemari baju penuh sama berbagai model baju sampai yang pengennya isi lemari renggang - renggang aja cuman beberapa baju yang berguna. Kalo aku sendiri iya, aku mengalami transisi gaya hidup itu mungkin secara gak langsung ketika aku mulai tinggal di luar negeri dan mulai sering kesana kemari di beberapa negara dimana gaya hidup mereka itu aku suka banget - gaya hidup minimalis dan minim sampah. 

Kalau kalian pernah ke Singapore, Taiwan, atau Jepang pasti pernah ngalamin dimana buang sampah itu ada dibeda - bedain, ada tong yang buat recycle kaleng, recycle plastik, atau sampah yang gak bisa di recycle. Dan kalau pernah stay di Taiwan pasti tau untuk buang sampah aja harus beli plastik sampah khusus berbayar, tapi kalau sampah kamu recycle bisa buang tanpa harus bayar - that's why dalam hal ini Taiwan sukses mendidik warganya buat jadiin gaya hidup minim sampah sebagai makanan sehari - hari. 

Nah gimana dengan Indonesia? Aku sendiri berasa banget di Indo itu belum benar - benar menjalankan gaya hidup minim sampah ini, secara kita masuk dalam jajaran penyumbang sampah terbesar bahkan untuk sampah makanan aja kita masuk dalam peringkat kedua tertinggi di dunia, shock gak pas tau? Akupun sama :( 

Akupun sekarang juga lagi belajar menerapkan gaya hidup minim sampah, dari pakaian, barang - barang yang aku punya, sampai makanan pun. Kalau masalah makanan yang dulu lagi booming tentang sedotan dan alat makan yang bisa dipakai berulang kali, nah kalau ini emang udah kebiasaan buat aku, tapi ada 1 hal lagi yang gak bisa kalau kita cuman sendiri aja. Yaitu sampah makanan. Kenapa gak bisa dilakukan - gaya hidup minim sampah makanan - kalau cuman sendiri?

Kapan aku suka ngeliat banyak sampah makanan terbuang gitu aja? 

  1. Di acara besar yang menurut tradisi malu kalau makanan sisa jadi pesen lebihan, kalo udah lebih eh pas selesai acara sisanya tuh masih banyak banget 
  2. Di acara kumpul - kumpul atau acara bisnis biasa pasti pesen makanan tuh banyak namanya juga lagi ngomongin bisnis pasti pride antar kedua belah pihak diadu saling gak mau kalah pesen makanan salah satu nunjukin pride juga pesen deh sebanyak - banyaknya abis atau gak gatau deh ya 
  3. Makanan yang digunakan untuk keperluan estetik, misalnya photoshoot atau iklan (ini aku pernah nonton di youtube kalo gak salah ada diliput tentang banyak yang pesen makanan untuk iklan aja terus dimakan sesuap dan udah dibuang gitu aja) 

Paling sering aku temuin 3 kondisi di atas. 

Di acara besar. Kenapa aku bilang sering aku temuin karena aku suka jadi crew event dan tiap pulang itu bisa bungkus makanan karena sisanya banyak banget. Nah kalau kayak gini biasa yang aku lakukan adalah bagi - bagi ke pembantu di rumah, tukang jualan pinggir jalan, anak yang kekurangan. Tau gak sih yang dianggap sampah makanan ini kayak cuman kue tart, nasi goreng, ikan goreng, ayam goreng, even bihun goreng biasa sisa banyak dan kalau gak ada yang bawa pulang dari pihak resto pun pasti akan dibuang - nah biasa akan ditawarin ke crew dan aku bakal bawa sebisa aku. Tau gak aku pernah kasih kue tart gitu ke anak tukang warung nasi deket rumah dan anaknya bilang dia belum pernah punya kue tart di ulang tahun dia, aduhhh bayangin yang orang berasa itu cuman akan jadi sampah bring joy to those who needed lohhhh. Ini salah satu cara aku dalam mengolah sampah makanan. 

Di acara kumpul - kumpul. Ini aku sering temuin karena suka ada jamuan makan untuk keperluan bisnis. Kalau kita yang menjamu nih haduh pasti di wanti - wanti harus yang mengeluarkan pride perusahaan jangan sampai tamu sebrang berasa kurang pesennya dan gak enak, langsung deh hedon - hedon semua itu menu. Lalu apakah abis? Biasanya nggak dan gak bisa dibawa pulang juga soalnya kayak udah kemakan dikit dikit gitu loh terus lagi biztrip itu udah bawaannya pengen cepetan pulang dan tidur udah cape dan gak mungkin juga nenteng - nenteng gitu depan bos besar padahal sebenernya sayang banget gitu loh bisa buat orang yang lagi kelaparan kan

Makanan untuk keperluan estetik. Kalian pasti suka nonton mukbang gitu kan, acara review makanan yang jumlah makanannya tuh gak wajar kayak banyak banget nget nget nget gitu. Nah aku pernah nonton behind the scene-nya kalau video itu gak pure mereka habisin tapi makan dikit, kurangin isi mangkok, makan dikit kurangin isi mangkok, dan pas ngurangin isi mangkok itu tentunya gak di masukin buat penonton jadi kita berfikir hebat banget makan sebanyak itu. Terus aku juga pernah nonton liputan yang karyawan resto sendiri kasih testimoni kalau untuk iklan gitu orangnya bisa pesen banyak banget dan disentuh dikit buat keperluan shooting sisanya dibuang. Sedih banget kan. 

Kenapa di awal aku ada bilang gaya hidup minim sampah makanan itu gak bisa diwujudkan kalau kita cuman sendiri. Karena dari 3 contoh diatas aja udah keliatan, kalau kamu di pihak resto ya masa sih kita larang tamunya untuk pesan banyak makanan yang which is mendatangkan omset buat bisnis kita? Gak mungkin kan. Yang bisa kita lakukan adalah kurangin pride dan kukuh akan prinsip gaya hidup minim sampah makanan jadi ya emang pesan secukupnya aja. 

Tapi ada juga nih sela - sela dimana kita bisa memberikan sedikit kontribusi terhadap sampah makanan di tempat kita berada. 

Contohnya ketika kamu makan buffet all you can eat pasti lapar mata dan pengen cobain semua. Nah tips yang suka aku pakai adalah, ambil dikit - dikit semua tapi bisa cobain all menu. Nanti yang mana yang enak baru aku nambah itu. Aku udah kebiasa kayak gini karena for years aku sering banget kerja di luar nah paling sering ditemuin adalah breakfast hotel yang gak bisa dilewatin. Jadi aku tuh udah kebiasa even di-serve kayak susu ada petugasnya yang nuangin aku bilang, setengah gelas aja karena emang gak mau banyak. Atau aku pernah juga pengen cobain jamunya tapi takut gak suka aku bilang dikit aja cuman mau coba dulu. 

Nah ini pas aku di breakfast hotel sama colleague dan kita mau cobain semua menu jadilah kita ambil dikit - dikit kecuali yang emang kita mau makan banyak dan kita habisin 

Aku juga suka re-give makanan yang aku rasa gak akan kemakan sama aku tapi aku terima niat baik orang tersebut. Jadi kalo aku dikasih makanan dalam jumlah banyak aku terima dan aku akan bagikan lagi untuk beberapa orang yang membutuhkan. You are blessed to bless others. 

Oh iya kalau masak yang dalam jumlah banyak tapi gak bisa habis semua misalnya kayak aku yang lagi hobi bikin susu kacang, sekali bikin itu pasti sepanci gak mungkin segelas, nah biasa aku kasih juga ke tetangga atau kerabat gitu biar mereka bisa cicipin juga aku gak waste. 

Hasil susu kacang yang dibikin pagi hari dan aku bungkusin
kek jualan buat dibagiin ke tetangga hahaha

Nah kalau kalian gimana cara kalian untuk berkontribusi dalam mengurangi sampah makanan di lingkungan kamu tinggal? Share yuk! 

1 comment:

Leave comment down below :)