Thursday, April 11, 2024

Mala in Chengdu | China

Apa yang muncul di pikiran kamu ketika denger nama Chengdu? Panda? Mala? Yak semuanya benar sih gak ada salah satu soalnya emang semua itu yang jadi iconic Chengdu 成都, salah satu kota yang di develop paling awal di jaman-nya yang ada di provinsi Sichuan 四川, China ini. 






Yang terkenal di Chengdu emang panda & mala 麻辣 kalau kamu suka masakan mala, basically semua makanan disini mala, even daily meal mereka. 

First impression begitu keluar bandara : wow cakep yah vibesnya kayak luas, traditional culture, dan orangnya ramah, lalu logat四川nya lucu banget haha



My morning view haha

Beda sama Shenzhen, disini masih wajar aja kalau belanja - belanja pakai cash jadi hidup lebih aman. 

Transport juga disini ada MRT dan udah cukup mencakup ke banyak tempat. 

Kalau cuaca, duh ileh kata warlok sih disini cuman ada summer & winter ---- gak ada spring & autumn soalnya kalau panas, panas banget, kalo dingin dingin banget. Padahal pas ada beberapa hari cuaca dingin tapi matahari besar itu enak banget dan indah beneran deh kota Chengdu tuh. 

Apa aja yang bisa dikunjungi di Chengdu? Yang pasti harus makan 串串sejenis sate tapi dimasaknya di rebus, lalu 麻辣火鍋udah pasti wajib --- resto untuk hari hari makan. 

Semua pedas semua berminyak

Nah kalau tempat, bisa ke Chengdu Museum gratis entrance asal tunjukin paspor soalnya kalo warlok pakai wechat nah kalo foregin pakai paspor --- bagus deh ini aku suka banget karena besar, tertata, dan banyak cerita yang bisa diliat. 

Untuk belanja bisa ke 環球 -- mall yang gede banget yang dalamnya kalau summer ada waterboom indoor. 

Disini lumayan banyak shopping mall sih yang menjamur dimana - mana tapi basically aku jarang banget belanja kalo di China entah kek jarang nemu yang sreg gitu.

Tapi kalo short time banget disini aku rekomen 寬窄巷 ini kayak alley jadul yang ada jualan disc jadul, ada buat photoshoot ala2 china jadul, ada juga jajanan, tempat minum teh, banyak deh, so far aku suka tempat ini karena berasa Chengdu-nya dan vibes jalan di jalanan-nya itu enak banget juga banyak yang bisa di visit. 





Starbucks iconic ini juga ada di dalam 宽窄巷




Bukan pecinta kopi tapi ini vibes nya uwaw banget




Suka sekali vibes ini dan ini gampang dicapai pakai MRT tapi lupa stasiun-nya gugel aja pasti nemu

Oh iya kalo ke Chengdu cobain resto namanya 烤匠 ada menu ikan bakarnya enak beut aku suka pol dan ubi bakar kejunya uwaw uga. 


So far kusuka Chengdu sih dan keknya cukup menarik buat balik lagi karena dari sini pintu ke banyak kota lain di China kek Tibet yang udah di wishlist. Cuman makan-nya aja yang gak nahan agak mules ya itu kebas banget hehe. 


No comments:

Post a Comment

Leave comment down below :)