Saturday, August 7, 2021

Cara Perpanjang SIM di Mall Saat Weekend

Judul kali ini udah to the point banget gak hahaha. Intinya aku mau ada catatan gimana cara perpanjang SIM (driving license) yang ramah buat para budak korporat yang cuman available di weekend. Karena kemarin pas lagi butuh info tentang ini aku cari - cari belum ada yang pas jadi anggaplah aku meninggalkan catatan buat orang selanjutnya yang butuh. HAHAHA

Sebelum perpanjang SIM yang perlu diperhatikan : 

  1. Perpanjang SIM bisa dilakukan 15 hari sebelum expiry date. Ini berdasarkan aku search di google ya. Jadi kalo expired tanggal 16, tanggal 1 udah bisa cus perpanjang. 
  2. Pastikan domisili. Ini aku gak tau cuman aku pernah mau perpanjang STNK di mall area Tangerang ditolak karena aku domisili Jakarta Barat. Jadi coba aja di cek dulu biar gak bolak balik. 

Kalo kedua hal diatas udah pasti, tinggal cari lokasi terdekat yang ada gerai samsat, kalo aku di Lippo Mall Puri. Waktu operasinya ada hari Sabtu jam 8 pagi - 11 siang



Dokumen yang dibutuhkan :

  1. Fotokopi KTP 3 rangkap
  2. Fotokopi SIM 3 rangkap
  3. KTP asli
  4. SIM asli

Nah kalo di Lippo Mall Puri, adanya tuh di basement B2, eskalator dari Guardian udah keliatan. Tanya satpam aja gerai samsat pasti dia kasih tau. 

Jangan lupa bawa pen sendiri begitu datang di cek SIM asli sama petugas, kalau emang udah waktunya perpanjang akan dikasih formulir, isi formulir lalu kasih lagi ke petugas beserta dokumen yang disebut di atas. 

ini formulirnya

Abis itu gak lama dipanggil buat sidik jari, tanda tangan, dan foto. Langsung jadi deh SIM barunya. Biayanya 150rebu aja buat SIM A. 

Dari sampai di gerai, isi formulir, tunggu, dan dapetin SIM baru kayaknya 30 menit aja deh. Kebetulan orangnya gak banyak juga. 

Aku tetep lebih suka format SIM lama deh 


Kalau SIM udah mati gak bisa di perpanjang di gerai gini, harus ke SAMSAT, ribet kan. Jadi sebelum mati mending perpanjang aja dulu. Gampang dan gak ribet :) 

No comments:

Post a Comment

Leave comment down below :)