Friday, February 9, 2024

Candi Borobudur, Ketep Pass, Nepal Van Java | Magelang, Jawa Tengah

Yeay unlocked another place di Indonesia lagi! Kali ini ke daerah Magelang. Pertama kali dan excited akhirnya kesini juga karena ada beberapa point yang emang dari dulu pengen pegi tapi belum kesampaian seperti : Ketep Pass, Candi Borobudur, Nepal van Java — menarik banget kan langsung hantam di hari terakhir 2023 dan hari pertama 2024, yak benar new-year-an di pegunungan sungguh habitat-ku banget wakakakaka

Berangkat dari Jakarta sekitar 7 jam sampai di Ketep Pass. Kali ini aku juga ikut trip @explorer.idn abis baca tau deh kenapa kayak gini mending ikut trip daripada nyetir sendiri. Selain jalanan yang naik naik ke puncak gunung, nyetir-nya lama dan kalo gak biasa si agak cape ya, lalu pas ke Nepal van Java jalanan tajam banget jadi kalo bukan orang local agak sulit, abis baca cerita ini mungkin kalian akan mengurungkan niat buat nyetir sendiri haha, karena pas kemarin kesana banyak juga yang nyetir plat B dan bersyukur kalo aku cuman duduk udah nyampe dan gak nyasar karena yang bawa jalan warlok. 

Pemberhentian pertama Ketep Pass. Sebenernya udah mau kesini dari berapa tahun lalu, terkenal karena ini kayak view point ke pegunungan. Nah pas sampai kita jam 6 pagi langsung sarapan per orang IDR 25k ada nasi, ayam, sayur sop dan teh panas. Dingin bok. 


Ketep itu ternyata nama desa, jadi maksud-nya ini adalah pass si desa Ketep. Pokoknya kalo trip gunung gini harus bawa thermos sendiri berguna karena dingin jadi mostly dikasi teh panas nah buat di jalan mending isi ke thermos. 


Disini selain bisa ngeliat pemandangan bisa makan pisang goreng di pinggiran juga haha

Next ke Candi Borobudur. Gils ga si sebagai WNI ini pertama kali nya ke Borobudur haha. Kalo ikut guide buat sampai puncak bayar IDR 70k, tapi kalo di pelataran aja tiketnya udah include di trip. Nah aku ikut guide, nanti kalian akan dapat sendal dan harus ganti sendalnya pas masuk katanya karena pengikisan batu jadi gak boleh lagi pake sepatu sendiri takutnya ada keinjek unsur apa sebelumnya yang merusak si candi. Sendalnya itu buat kita kok bisa pilih ukuran dan bawa pulang. 


Panas banget disini jadi siap sedia payung dan sunglases sama sunblock. 






Nama Borobudur sendiri berarti Boro adalah nama desa dan Budur adalah gunung. Sekarang Borobudur adalah candi Buddha tapi dulunya pernah jadi candi Hindu nah untuk cerita Borobudur sendiri lebih baik kalian ikut yang ada guide nya karena akan diceritakan sejarah dan cerita rakyat-nya juga lebih seru sih menurutku. Designer Borobudur sendiri sama dengan designer Angkor Wat tapi kalo di compare luasnya ini gak sebesar dan se-uwaw Angkor Wat soalnya kayak dikit aja gitu cuman 1 yang difoto itu aja bagian candi-nya while kalo Angkor Wat kayak banyak banget candi dan luas super. 



Ini guide-ku saat itu

Sebenernya buat perawatan bentuk candi-nya diluar ekspektasi sih karena ini terhitung mulus dan complete gak kayak yang Angkor Wat udah banyak yang hancur.



Lanjut dari candi borobudur kita masuk ke bintang utama trip kali ini yaitu Nepal van Java. Nah buat ke Nepal kita tuker angkot dari rest area soalnya jalan naik-nya nanjak dan kecil jadi kalo bis besar gak mungkin bisa, pas naik ini ada banyak juga mobil pribadi plat B, tapi gak suggest sih nyetir sendiri since medan-nya agak terjal. 

Nah kita mampir dulu di Rest Area Sekar Panjang dimana bus besar akan parkir disini dan kita bisa makan juga ada prasmanan kayak warteg gitu dan gak mahal suka kalo yang jalan - jalan tempatnya udah agak beradab gak main ketok hehe. Terus disini bisa beli air minum buat persiapan naik ke dusun juga. 

Rest area pun view nya gunung cakep yaaa

Kurleb 20rebu beserta teh panas murce abis

Nah dari rest area ini kita naik angkot yang akan jadi transport kita selama naik naik ke puncak gunung dan besokannya turun balik kesini buat balik ke bis besar lagi. 

Nah kalo kalian kebagian duduk depan sebelah driver kayak aku gini gak akan bisa berhenti recharge karena emang bagus banget pemandangan ijo - ijo-nya

Kenapa ikut trip, soalnya kalo datang nyetir sendiri berarti kamu harus bawa mobil sampai naik - naik ke puncak yang jalanannya terjal karena ini bukan angkot umum gitu ini lebih ke sewa borongan

Pemberhentian pertama si angkot : Silancur Highland 

Disini kayak pemandangan aja sih, sebenernya gak gitu menarik selain makan indomie di cuaca dingin berkabut ini, tapi  yang paling menyenangkan adalah road trip naik angkot-nya seru bukan main apalagi kalo pencinta gunung dan road trip beneran pasti full of charge. 



Dari Silancur kita langsung ke Nepal van Java nah ini jalanannya udah yang beneran terjal dan di lereng gunung terus pas - pas-an ujan juga jadi makin seru eaaaa dan juga ini belum mandi kan ya dari kemarin jadi kayak udah gak sabar banget nyampe buat mandi biar seger. 

Makin naik gunung makin dingin dan beneran dingin kabut gitu jadi kudu bawa jaket tebel buat tidur juga berguna dan termos si soalnya pasti tersedia teh panas nah biar awet panasnya sambil di seruput paling bener bawa termos, ini belajar dari pas ke Dieng tahun lalu dan bawa botol air biasa kayaknya ga sanggup dinginnya lol. 





Kalau ke Nepal van Java pasti homestay, udah ada beberapa rumah yang emang terdaftar sebagai homestay. Bukannya semua rumah ya, jadi kalo yang terdaftar itu biasanya standard kebersihan-nya lebih mumpuni. Cuman karena kemarin rombongan  kita agak banyak dan gak kebagian di semua rumah homestay jadi atas kenalan warlok ada yang dapet-nya rumah warga biasa nah katanya sih agak kotor dan gak cukup selimutnya. 

Kali ini aku kebagian yang Omah Bening. Kamar ber-3 nya cukup besar sih ya kebersihan jangan terlalu rewel lah ya since ini homestay bukan hotel. Dan kamar mandi luar lalu WC juga dilantai bawah jadi pas disini kalo gak kebelet mending gak usah pupup wahahaha. 

Buat sampai di homestay, angkot-nya akan parkir di parkiran lalu kamu bisa jalan kaki atau naik ojek 10rebu buat sampai homestay kalo menurutku sih ojek aja seru loh naik motor terjal - terjal gini dan abangnya udah mahir hehe. 

Ini depan homestay-nya kabut lagi



Makan malam-nya juga disediain di homestay soalnya kalo udah malam, dingin, udah ribet juga mau keluar - keluar dan mostly jualannya indomie aja. Jadi emang kayaknya sengaja udah di paket homestay + dinner gitu deh. 




lumayan kan kamarnya besar dan bersih

Untuk sarapan suggest langsung pesen sarapan homestay soalnya pagi - pagi belum pada jualan tuh warung - warung jadi kemarin ku agak kelaperan lol. 

Nah dari Nepal van Java pagi - pagi kita ke Negeri Sayur Sukomakmur, again yang kusuka adalah road trip dan pemandangan sepanjang jalan, kabut-nya tebel banget tapi pagi ini. 




Tapi seperti yang terlihat jarak pandangnya udah macam di dunia lain, jadi pas sampai Sukomakmur ini cuman makan indomie nyantai numpang toilet dan menikmati road trip alias ga naik ke atasnya. Kalo naik ada jasa ojek 30rb PP kalo gak salah tapi ya again aku cukup menikmati road trip seru ini jadi sampai di bawah pun udah seneng hehe. 

Nah setelah selesai segala aktivitas di gunung ini kita mulai turun gunung balik ke Rest Area Sekar Panjang untuk kembali ke bis besar dan lanjut ke Dusun Semilir yang letaknya udah agak di kota udah no dingin dingin drama lagi. 

Dusun Semilir ini lebih cocok buat anak - anak gitu sih ya kayak wahana, tempat makan yang rame banget, belinji souvenir gitu jadi buat ku pribadi agak membosankan dan jomplang sama pegunungan sebelumnya since anak gunung hehe. Jadi kalau kalian gak ada waktu menurutku Dusun Semilir ini yang pertama boleh di skip dari seantero aktivitas di trip ini. 

Ada pentas kostum gitu

Nah walau ku tak suka si Dusun Semilir tapi dalam perjalanan-nya ada yang kusuka yaitu penjual durian lokal asli enak beut kita makan 3 biji durian ber-3 cuman 100rebu. 


Untuk arah balik kita mampir di Semarang sebelum lanjut balik Jakarta, kalo Semarang kali ini gak nemu yang spesial mungkin karena cape juga jadi numpang bobo sebelum perjalanan pulang aja. Yang menarik cuman menemukan resto babi uenakk dan murah sampe ter-ngiang-ngiang. Miss Piggy, beneran harus cobain. 

Baca juga : Semarang Hidden Gems 

Babi cabe garam + sate usus + kuah sayur asin + nasi putih gak sampai 80 rebu semuanya murce dan enak beut beneran kalo balik Semarang rekomen sih ini

Nah sebelum sampai Jakarta kita mampir dulu di Rest Area Brebes yang bekas pabrik gula itu. Panas banget sih tapi lumayan nyaman ke bagian tengahnya ada kayak penjual lokal dari oleh - oleh telur asin, terasi, lukisan, batik, sampai outlet juga ada, terus resto makanannya juga banyak walau menu-nya beti dan gak ngetok harga juga oke cip aku suka. 


Unik deh ini kayak F&N coffee gitu tapi mahal 40 rebu

Jadi overall gimana dengan route trip kali ini? Bisa kasih nilai 8.7 sih kenapa nanggung karena yang Dusun Semilir gak suka & Negeri Sukomakmur gak naik juga tapi sisanya semua keren banget cukup buat asupan energi pegununganku beberapa waktu kedepan. Beneran recharge. Kalo suka gunung & road trip pasti suka asikkk. 

Buat Nepal van Java sendiri mirip kah sama di Nepal beneran? Menurutku nggak terlalu sih tapi ini beneran tempat yang worth to visit. Katanya lahan di Nepal van Java itu almost semua adalah turun - temurun gak di jual belikan jadi ya berasa uniknya kan dan ini udah di puncak gunung gitu. 

Kemarin gak sempet foto view keseluruhan yang rumah - rumah Nepal van Java-nya soalnya laper dan kabut tapi coba deh kesana sekali pasti suka. 



No comments:

Post a Comment

Leave comment down below :)