Saturday, November 23, 2019

A Sudden Trip to Cambodia Eps. 2

Udah gak sabar banget pengen lanjut sharing tentang sudden trip aku setelah dari Angkor Wat ngapain aja. Kalau belum baca yang Eps. 1 biar lebih nyambung boleh baca dulu di link bawah ini ya. Karena aku tulis ceritanya nyambung. Hehehehe.

Baca : A Sudden Trip to Cambodia Eps. 1

Day 2 -
Jadi seperti yang aku bilang, hari itu Independence Day Cambodia, juga Harvest Festival buat mereka, menandakan musim panen tiba. Nah di area lapangan Angkor Wat warga local lagi merayakan acara ini, caranya itu sederhana banget, meniru jaman dulu gimana padi diperlakukan setelah panen, ada yang ditepuk2 biar keluar berasnya, ada yang giling padi, tumbuk padi, pokoknya berbagai macam deh.

Lalu aku diajak juga untuk ikut merasakan kemeriahan festival ini. Kalau buat mereka mungkin berarti banget, dimana musim hujan berakhir, dan harvest day is coming. Semoga sama ya kita juga abis ini harvest hehehehe.

Malamnya aku pengen cobain Pub Street Siem Reap, eits jangan salah dulu, jadi ini tuh nyatu antara Pub Street & Night Market isinya banyak resto, banyak jajanan, banyak jualan oleh - oleh, banyak supermarket, dan yang pasti banyak manusia-nya. Hehehe.

Jalanannya luas dan nyaman terus macam - macam tokonya juga banyak. Basically aku suka strolling disini. Nah buat kesini aku dianter sama petugas dari Greenpark Village tempat aku tinggal dan pulangnya tinggal panggil grab aja beres.

Nah ini dia Pub Street
Ini kayak kulit lumpia di goreng isinya bisa pilih, aku punya banana honey, harganya USD 1

Malamnya setelah check out aku langsung ke bus station karena aku akan night bus lagi balik ke Phnom Penh.

Kalau lebih panjang lagi liburan mungkin aku masih pengen eksplore banyak di Siem Reap ini karena menyenangkan hawanya hawa liburan banget, dan aku terkesan banget sama Siem Reap. Thanks for giving such a great lesson.

Day 3 -
On time-nya gak ketulungan, jam 5.30 pagi Giant Ibis yang aku naikin udah sampai dan aku jalan kaki aja ke 88 Backpackers secara aku akan stay 1 malam disini dan balik besokannya. Begitu sampai aku tidur dulu 2 jam kali ya, entah, langsung pules gitu aja hehehe, lalu beberes dan mulai explore Phnom Penh!

Phnom Penh itu kayak kota jaman 80s gitu menurut aku, yang masih belum banyak sentuhan modern. Pokoknya kalau kamu suka vintage, akan suka deh sama tempat ini. Buat mobilitas di Phnom Penh, cukup kendalikan dengan Grab, semua aman, cuman ya itu, signal disini agak lemot.

Aku mulai dari yang paling dekat yaitu Wat Phnom. Ini adalah candi yang konon dulu Lady Penh bangun. Jadi cerita rakyatnya dulu ada seorang bangsawan yaitu Lady Penh, ketika lagi bencana banjir Mekong River di Phnom Penh, dia nemuin sebatang kayu batang pohon yang pas di belah dalamnya ada 4 Buddha lalu ia berfikir oh mungkin ini pertanda kalau harus memberikan rumah baru buat Buddha ini. Jadi dibangun lah kuil di atas bukit yang sekarang dikenal dengan nama Wat Phnom. Wat itu artinya kuil dan Phnom itu bukit.

Lady Penh Statue di depan Wat Phnom
Untuk masuk ke Wat Phnom kita harus beli tiket masuk di booth seharga USD 1, tapi untuk local bebas masuk sini gak usah bayar. Di dalam ada kuil dan bisa beribadah disana kalau kamu mau, kalo nggak juga bisa kayak aku foto - foto dan keliling liat2 pemandangan dan bangunan yang cakep2 gini.

Cakep banget kan lantai nya
Belakang aku itu jam raksasa beneran loh dan masih berfungsi
Karena Kamboja itu negara kerjaan, jadi orang tertingginya bukan presiden, melainkan raja. Nah kebetulan hari ini tuh Water Festival di Cambodia, yang menandakan berakhirnya musim hujan dan mulainya musim panen atau harvest. Umumnya orang pasti ke Royal Palace yang di dalamnya ada Silver Pagoda tapi aku gak kesana cuman lewatin aja soalnya rame banget.

Sepanjang jalan nanti kamu bisa liat bangunan office divisi pemerintahan yang di setian depannya pasti ada foto Raja mereka ini. Oh iya, ada juga Independence Monumen untuk memperingati merdekanya Kamboja. Inget kan yang aku cerita di Eps. 1, kalau Kamboja itu gak semudah itu mencapai kemerdekaannya jadi pasti ini berarti banget buat mereka semua.

Independence Monument dari jendela tuktuk
Selesai jalan - jalan dan belajar sejarah juga belajar culture yang baru pasti kepikiran pengen liat jajan jajan dimana ya. Well, ada 2 pasar yang harus kamu datengin : Central Market & Russian Market

Central Market ada di dekat Phom Penh Nigh Market, dekat riverside juga. Yah gak dekat - dekat amat sih cuman masih 1 daerah. Nah kalau ke Central Market, dia ini guede banget dan jualan berbagai jenis, dari sayur mentah, daging mentah, baju, sayur mateng, makanan, cemilan, oleh - oleh, perhiasan, sampai salon pun ada. Pokoknya bener - bener berbagai macam deh.

Central Market dari luar

Ini indoornya Central Market dan setiap sudut keluarnya ada cabang pintunya terus ada bagian outdoor lagi
Di depan salon ada yang jual daging mentah itu biasa. Hehehehe.

Beneran ini salon ga boong
Serius ini salon sungguh nyata di dalam pasar
Yang perlu diingat disini sama kayak ke Ben Thanh Market Vietnam, kalau gak mau beli jangan di pegang2 barangnya tar orangnya marah - marah. Ya ampun jadi takut padahal kan kalo mahal ya takut ya pembeli. Masa nanya aja gak boleh. Syedih akutuh.

Disini sistemnya tawar menawar, tawar aja dari 50% harga buka dia. Aku baca trik ini gak cuman 1 orang yang share tapi mostly orang yang kesana bilang begitu. Dan pas di sana aku beli barang beneran deal 50% dari harga. Waw!

Kalau di Russian Market konon katanya dulu yang kesini tuh mostly orang Rusia yang kaya kaya gitu makanya namanya Russian Market, aslinya Tuol Tompoung Market

Menurutku di Russian Market lebih rapih tatanan-nya mungkin karena gak besar tempatnya kalau di banding Central Market. Dan disini banyak barang sisa outlet gitu aku gak beli sih jadi gak tau berapa harganya cuman liat banyak kios kayak gitu. Ada juga yang jualan snack, toko obat gitu2. Terus hebatnya aku bisa nemuin toko obat di luar pasar, di gang gang gitu karena cari titipan obat orang dan tanya sama ibu - ibu toko obat di dalam pasar eh dia ga bisa inggris ga bisa mandarin pake bahasa tubuh aja arahin aku dan nemu, yeay!

Oh iya, yang terkenal di Russian Market ini adalah kopi si uncle ini. Jadi katanya ini the best ice coffee in Phnom Penh.

Harga nya USD 2 per gelas, wujudnya kayak gini kiosnya ada di area kuliner dalam Russian Market, rame banget banyak turis kesini, cobain deh!
Nah aku sih bukan pecinta kopi tapi kemakan pada bilang gitu jadi aku coba. Hemm, menurut aku biasa aja sih duh aku bukan pecinta kopi sekali lagi, jadi aku gatau itu bedanya apa, hehehe. Tapi enak kok. Segar. Bisa tambah es dan susu sendiri. Juga dikasih kopi lagi 1 shoot jadi bisa kamu tambahin lagi kalo udah abis.

Please be noted, kedua pasar ini tuh gak ada AC ya, jadi ya panas hiruk pikuk gitu deh. Tapi cukup nyaman karena aku pakai pakaian yang adem2 aja gitu.

Nah kalo mau ngadem bisa cus ke AEON Mall Phnom Penh. Tipikal AEON Mall pada umumnya sih yang bawahnya ada supermarket AEON gitu2. Boleh lah buat ngadem mah ya.

Terus malamnya aku ke Water Festival - Bon Om Touk, festival terbesar sepanjang tahun ini akan diadakan selama 3 hari. Ada dragon boat festival, terus ada bazaar, konser gitu2 gengs. Seru sih merasakan jadi local kayak apa walaupun gak ngerti bahasa yang dinyanyikan si artis hehhehe.

Anw, kalau kalian kesini pas lagi festival juga harus pinter - pinter atur route karena banyak jalan yang ditutup dan dialihkan. Kalau malam area riverside juga susah karena di tutup jalannya terus banyak bazaar jadi lebih baik turun di Phnom Penh Night Market terus jalan kaki deh.

Hasil ngomong dengan bahasa tubuh :) Ini semua USD 5 kalo gak salah, lupa.
Banyak kapal cantik gini yang lewat, aslinya lebih bagus dan ada kembang apinya

Ini semacam crepes gitu isinya kelapa parut harganya KHR 1000
Jadi kalau di-summary-in route aku kayak gini :
  • Day 1 - Jakarta - Phnom Penh - Siem Reap
  • Day 2 - Siem Reap - Angkor Wat - Phnom Penh
  • Day 3 - Phnom Penh
  • Day 4 - Phnom Penh - Jakarta
Kenapa day 1 & 2 aku pilih night bus, soalnya kalau aku baliknya pas day 3 naik bus siang nanti aku sampainya udah sore di Phnom Penh dan dikit waktu buat strolling around gak akan keburu, terus di hari terakhir pesawat aku jam 3 flightnya dan udah boleh tiba di bandara jam 12 lewat soalnya sebelum jam 1 udah buka counter check in dan di bandara-nya lumayan nyaman kok ada duty free yang lucu - lucu juga.

Overall aku recommend Kamboja sebagai destinasi must visit buat kalian traveler yang suka explore, suka sejarah, dan pengalaman. Aku sendiri puas sama visit aku kali ini, kasih aku banyak pelajaran seru dan pengalaman yang epic.

Anyway, aku punya recommend juga untuk kalian yang mau booking tiket atau transport buat di Cambodia, coba check Bookaway, click link ini deh, masih belum banyak yang tau tentang web ini tapi berguna :) Give it a try!

Target aku bisa explore semua ASEAN. Next Myanmar, Laos, Brunei, Philippine semoga bisa terwujud juga biar aku bisa cerita - cerita disini lagi. Yeay!