Sunday, August 26, 2018

Ada Apa di Cirebon | West Java, Indonesia

Belakangan lagi suka yang namanya one day trip, liburan sehari gitu. Alasannya karena banyak holiday di hari tengah - tengah office day, lagi gak pengen habisin cuti, tapi kalo di Jakarta aja paling ke mall dan mall lagi, males juga. Jadi cari - cari destinasi yang gak terlalu jauh dari Jakarta yang bisa dicapai buat pulang pergi dalam sehari.
Nah kali ini aku pilih Cirebon Kuningan, katanya sejak ada tol Cipali, Jakarta - Kuningan bisa di capai dalam 3 jam. Karena kebetulan aku juga belum pernah ke Cirebon dan pas nemu open trip, jalan deh! 

Kenapa aku pilih open trip? Karena kalau aku liat naik kereta Jakarta - Cirebon itu sekitar IDR 350k terus sampai sana-nya kalau ikut open trip sekitaran IDR 200k per orang, kalau naik transport online kayaknya lebih gak efisien soalnya jarak tempat wisata-nya jauh - jauhan. Nah open trip yang kemarin aku ikut cuman IDR 190k, transport dan tiket masuk wisata. Lumayan banget kan. 

Kalau yang masih bingung, open trip itu jadi si travel buka acara jalan - jalan, terus kita daftar bisa berapa orang aja, sendiri juga bisa gak ada minimum karena akan digabung semua peserta jadi rombongan. Terus nanti akan di infokan jam kumpul dan meeting point dan pulangnya juga ke meeting point lagi. Simple kan. 

Plus point-nya biasanya biaya-nya ekonomis karena harga rombongan, gak usah cape - cape nyari destinasi pake google map, nyetir di tempat yang gak tau medannya apalagi di tempat yang transport umumnya gak memadai. Minus-nya, untung - untungan trip partner-nya asik atau gak. Kayak trip aku kali ini peserta-nya lelet dan panitia pun gak aktif jadi mundur semua schedulenya. 

Jam 6 kita berangkat dari Jakarta, jam 11 sampai untuk makan siang di Pring Sewu Cirebon, ini route perjalanan termasuk macet di Bekasi karena kecelakaan dan berhenti 1x di rest - area. Kalau menurut aku disana susah cari makan, padahal rombongannya banyak dan pilihnya ke resto ini tapi pas sampai si resto malah gak biasa ngelayanin rombongan, menu gak ada, makanan lama keluarnya. Alhasil pada makan indomie rebus di warung sebrang. 

Terus lanjut ke Palutungan Curug Puteri sekitar 1 jam, jalanannya jalanan gunung gitu dan sempit lewatin rumah penduduk jadi harus hati - hati. 

Udaranya sejuk banget dan menyegarkan. Disini banyak warung tapi lagi - lagi yang dijual sejenis warung kopi yaitu indomie dan kawan - kawannya. 

Kalau udah pernah ke Gunung Pancar, Sentul, ini versi luasnya ditambah air terjun. Pas banget udah duduk pegel dari Jakarta eh kesini mataharinya anget dan udaranya segar. 









Serasa bentar lagi ada 7 bidadari turun dari khayangan LOL


Tujuan wisata disini juga ada Museum Linggarjati, tempat dimana Presiden Soekarno memperjuangkan kemerdekaan Indonesia dari Belanda, walaupun sempet di PHP tapi akhirnya Indonesia merdeka dan jadi negara kesatuan sekarang.

Di dalamnya akan ada guide local yang jelasin tentang sejarah tempat ini, juga bisa liat bekas kamar yang dipakai di jaman - jaman Belanda dulu, agak sedikit horor jadinya, loh





Pas kesini ada yang lagi foto prewed, nuansa-nya nuansa vintage gitu dan pas banget lagi 17 Agustus jadi benderanya wah banget buat foto. 



Nah abis dari Linggarjati ini sebenarnya aku juga dibawa ke Gua Sunyaragi tapi pas sampai sini udah gelap jadi gak liat apa - apa. Duh jadi sebel deh padahal ini bagus banget kalo di google. Disini kalau yang pakai celana pendek kayak aku nanti akan dikasih sarung gitu kayak di Bali. 


Next jadi pengen cobain lagi tempat wisata yang deket - deket Jakarta, hmmm apa ya, Subang? Dan lagi cari - cari open trip yang oke lagi biar jalan - jalannya lebih menyenangkan lagi. :) Any recommendation? Basically aku suka yg open trip jenis road trip gitu karena aku males nyetir dan gak tau jalan juga hehehehhe

No comments:

Post a Comment

Leave comment down below :)