Sunday, May 23, 2021

Cara Gampang Bikin Susu Kacang

Hobi baru aku selama pandemic adalah terererererenggggg BIKIN SUSU KACANGGGG. Jadi aku itu suka sama minuman yang berasa kayak milktea, teh, susu, segala minuman racikan deh tapi karena gak sehat kan jadi harus tahan - tahan biasa jatah aku 2 minggu 1 milk tea udah maksimal. Nah alhasil aku cari alternative lain yang lebih sehat yaitu susu kacang. 

Dari dulu aku emang suka minum susu kacang dan kalo di Taiwan yang aku suka itu susu kacang hitam Black Soya Bean. Di Indo kayaknya masih jarang. Jadilah aku belajar bikin susu kacang. 

Kalau bikin susu kacang yang umumnya itu bahan dasar kacang kedelai. Bisa beli kacang kedelai di pasar untuk percobaan bisa beli 1/4 kg dulu. 

Bahan yang diperlukan :

  1. Kacang kedelai kuning / hitam
  2. Air + baskom untuk rendam 
  3. Panci untuk masak susu kacang
  4. Kain untuk peras (bisa beli online "kain saringan susu kacang")
  5. Daun pandan
  6. Jahe (optional)

Cara bikinnya gini :

  • Kacangnya rendam selama >6 jam. Biasa aku rendam jam 10 malam sebelum tidur untuk bikin besok pagi. Rendam pakai air mentah aja ya karena ini nanti juga di cuci.

  • Nah setelah di rendam semalaman, pagi - pagi pasti berbusa ini wajar, tinggal kamu cuci bersih aja dan buang batu yang suka nyelip atau kacang busuknya
  • Cuci kacang sampai bersih bisa 2-3x ganti air gitu asal airnya udah gak keruh berarti udah bersih.
  • Selanjutnya kamu blender deh si kacang . Takarannya tuh kira - kira gitu, nanti lama - lama kamu akan punya sense sendiri hahaha, kalo aku in the end 1 centong kacang + air 3/4 si blender 
  • Setelah di blender tuang ke kain dan di peras sampai sisa ampasnya aja, ampasnya kumpulin di 1 wadah 
  • Nah hasil perasan ini yang dimasukin ke panci untuk dimasak sampai mendidih bersama daun pandan dan jahe. Biasa aku pake 3 helai daun pandan 1 panci, kalo jahe karena aku suka rasa susu kacang jahe ini optional kalo kamu mau coba. 
  • Kalau sudah mendidih biarin dia mendidih 10-15 detik biar nanti lebih awet gak gampang basi. 
  • Kalau sudah gak gitu panas, biasa di atasnya akan ada lapisan kulit tahu boleh dimakan boleh dibuang kalo gak suka. Kalo dikeringin bisa jadi kulit tahu yang masak kuah hahaha.
  • Tinggal di saring aja susu kacang yang udah matang. Aku biasa saring pakai saringan halus di double sama si kain perasan juga karena ampasnya halus gitu. 

Kalau udah gak panas boleh deh masukin ke kulkas. Nah biasa sih aku konsumsi max 3 hari aja. Kalau mau manis bisa tingga tambah gula tapi aku lebih suka yang tawar. 

Oh iya karena ini sucang murni dia gak awet kalo lama - lama di suhu ruang jadi kalau mau minum tuang aja secukupnya sisanya masukin ke kulkas lagi. 

Selamat mencoba :) 

No comments:

Post a Comment

Leave comment down below :)