Saturday, September 22, 2018

Enakan Kerja atau Sekolah?

Hai haiiii akhirnya datang juga yah Sabtu. Seneng banget deh, secara kemarin semingguan udah rempong abis di kantor, banyak kerjaan dan banyak yang harus diberesin. Rasanya weekend minggu ini tuh berharga banget buat nge-charge battery yang udah abis kemarinan bayangkan Jumat malem yang biasanya agak high gitu nonton browsing2, ngobrol2, main2, eh semalem langsung ke alam mimpi dan bangun - bangun udah jam 7 pagi OMGGG, padahal biasa jam 6 udah melek sendiri.

Kali ini aku nulis blog dari teras, ditemenin angin sepoi - sepoi dan matahari sore. Ternyata teras tuh enak dijadikan tempat nge-charge juga buat aku pribadi, hehehhe, bisa berkelanjutan nih.

Hari ini aku mau nulis tentang pertanyaan yang suka ditanyakan ke aku waktu awal - awal masuk dunia kerja Enakan Kerja atau Sekolah?

Pertanyaan ini biasanya muncul di benak yang baru graduate dan mau terjun ke dunia kerja. Ya kan, ya kan, ayo ngaku, hahahhaha

Menurut aku pertanyaan ini jawabannya relatif, tergantung kepribadian orang itu dan apa pekerjaannya. Coba kita pecah satu per satu ya, ini based on pengalaman aku pribadi. 

Yang aku suka di dunia sekolah itu bisa belajar terus menerus tentang hal yang aku gak tau sampai tau dan ngerti, dan kalo nanya tentang apa aja orang akan jelasin secara mereka gak ada expect apa - apa ke seorang murid. Kalau kata laoshi aku dulu : jadi murid enak nanya apa aja diajarin kalo gak bisa, tapi kalo udah kerja gak bisa kayak gitu. Karena orang diluar sana expect ke kita udah beda. 活到老學到老 stay foolish as long as you alive.

Tapi aku gak suka kalo dapet homework dan pulang masih ngerjain PR atau ujian haduhhh ngafalin segebrok - gebrok itu buku sampai kebawa mimpi. Kan namanya belajar tuh dimengerti ya bukan hafal mati kenapa harus ada ujian yang metode hafal mati gitu. Syedihhh. 

Nah setelah aku mulai kerja, aku seneng deh karena aku termasuk orang yang akan menyelesaikan urusan kantor di kantor aja, jangan dibawa - bawa ke rumah, kecuali urgenttttt emergency banget. Lebih baik aku lemburan selesaiin baru pulang jadi aku gak bawa - bawa kerjaan ke rumah, udah beda dong mood-nya. Dan di dunia kerja itu gak ada yang namanya hafal mati, learning by doing, terus belajarnya pakai dimengerti. 

Tapi kalo dunia kerja itu ada yang namanya politik, namanya pressure, namanya deadline, dan gak se-simple pertemanan di sekolah. Tapi ini tergantung kerjaan ya, kalau kerjanya admin, receptionist, sejenis yang flat - flat aja sih mestinya lebih nyantai kerjanya, dan lebih suka kerja. Kerja nyantai dapat gaji lagi daripada sekolah udah capek harus bayar. 

Nah tapi kalo yang kerjanya penuh pressure pasti beda. Karena lebih stress pasti dengan segala deadline, kalo sekolah telat ngumpul PR gak ada nilai atau ngerengek - rengek ke gurunya atau langsung nyontek temen. Tapi di kerjaan gak bisa begitu. 

Makanya jangan kebiasaan nyontek ya guys nanti udah kerja gak ada contekan loh, hehehehhe

Nah, ini statement - statement yang suka muncul buat para fresh-grad yang baru mulai kerja : 

Duhh, males ah mesti bangun pagi, ngantor. 
Yah, namanya kantor kalo buka-nya malem itu yang harus dipertanyakan. Kalo aku sendiri karena aku morning person aku lebih suka bangun pagi dan masuk kantor lebih pagi biar pulangnya gak malam - malam juga. 

Cape ah kerja sama orang, disuruh - suruh mulu. 
Namanya juga dia yang bayar gaji kamu, kalo kamu yang mau suruh - suruh kamu yang jadi bos pasti bisa nyuruh - nyuruh. 

Kerja mulu, capek, gak bisa jalan - jalan, gak bisa nongkrong, gak punya waktu main. 
Emangnya sampai tua mau main aja? Kalo emang keturunan konglomerat sih gak apa ya, gue juga pengen gak usah kerja tapi duit dateng terus. Kalo soal jalan - jalan, itu tentang managing waktu aja sih. Karena aku sendiri suka traveling. 

Waktu masih dapat duit jajan kaya raya, sekarang kerja sendiri jadi kere. 
Kalo menurut aku pribadi lebih enak punya pendapatan sendiri, bisa diatur sendiri mau buat apa. Kalo kamu berubah jadi kere, coba liat financial managing kamu. Next pengen nulis tentang cara mengatur pendapatan buat budget traveling, kira - kira tertarik gak?

Nah coba ya aku compare apa yang berbeda yang impact ke kehidupan dari sekolah ke kerja. 

Sebagai ambivert yang lebih ke introvert, (*udah anggap aja aku introvert, hehehe) aku butuh me-time buat nge-charge diri karena seharian udah ketemu banyak orang di kantor, presentasi, meeting, workshop, komunikasiin ini itu, visit ini itu. Itu nguras tenaga banget buat aku. Jadi kalo pulang kerja aku lebih pengen punya me time, malas buat ketemu orang lagi. Gak kayak dulu abis pulang kuliah masih bisa mau ini itu ini itu. 

Karena semakin banyak relasi dan temen - temen or kenalan kamu udah beda - beda, lebih individu jadi kalo weekend itu susah atur jadwal ketemu ini ketemu itu kalo dulu mungkin karena kelompoknya itu lagi itu lagi jadi ya pasti ketemu - ketemu aja dengan orang itu. 

Gitu deh kira - kira jawabannya, kalo kalian gimana? Lebih suka kerja apa sekolah?


No comments:

Post a Comment

Leave comment down below :)