Saturday, July 25, 2015

Kebun Raya Bogor

Ini pertama kali nya saya naik kereta api di Indonesia. Sekitar jam 8.30 pagi kami pergi antri di loket Stasiun Jakarta Kota, harga tiket Jakarta - Bogor adalah IDR 5.000,- sekali jalan dengan waktu tempuh selama 2 jam. Cukup lama bukan? Tadinya saya pikir Jakarta - Bogor palingan hanya 1 jam lebih kan kereta api tidak akan terjebak macet tapi ternyata lama juga. Selama perjalanan kereta melewati Manggarai, Depok, Universitas Indonesia dan terakhir berhenti di stasiun tujuan yaitu Bogor. Kereta api kelas ekonomi ini tak seburuk yang saya bayangkan, ada AC dan tempat duduk namun priority seat nampaknya tidak berpengaruh, siapa cepat dia dapat jadi begitu kereta datang anda harus cepat2 mencari bangku kosong. Berhubung masih dalam suasana lebaran, penumpang di stasiun Jakarta Kota tidak padat, jadi lumayan lancar.

Begitu tiba di Bogor, wow!!!, sangat padat bak lautan manusia, dorong sana sini dan jalan menuju pintu keluar pun muter - muter. Dari kereta sampai di stasiun sampai saya berhasil keluar dari stasiun untuk naik angkot saya menghabiskan waktu 30 menit.


 Suasana Stasiun Bogor


Tujuan saya kali ini adalah ke Kebun Raya Bogor. Begitu berhasil keluar dari stasiun kami langsung naik angkot yang menyerukan kebun raya kebun raya.

Ternyata jarak dari stasiun ke Kebun Raya dekat sekali tidak sampai 5 menit di angkot sudah sampai dan dikenakan ongkos IDR 4.000,- per orang jadi lebih baik cari peta dahulu dan berjalan kaki saja.

Entrance fee untuk Kebun Raya adalah IDR 15.000,-/orang. Jika anda tidak punya tatakan duduk, di pintu masuk banyak pedagang yang menawarkan terpal untuk duduk seharga IDR 10.000,-. Di dalam kebun tersedia pedagang makanan yang berjualan aneka makanan kecil sampai nasi kotak. Dan setelah berkeliling kebun yang besar ini saya hanya menemukan satu drinking fountain untuk isi ulang air. Jadi jangan buang botol aqua yang anda bawa karena bisa diisi ulang ketika anda menemukanya.




Looking for Jokowi :)

Kapok naik kereta ke bogor? Hmmm, tidak, mungkin saya akan mencoba naik kereta lagi di Indonesia dengan tujuan lain. Perjalanan saya kali ini adalah perjalanan paling irit selama ini :D 


No comments:

Post a Comment

Leave comment down below :)